Menu

Mode Gelap
Presiden Jokowi Didampingi Gubernur Sulut Olly Dondokambey Resmikan Bendungan Lolak di Kabupaten Bolmong Puncak Peringatan HPN 2024 Gubernur Sulut Olly Dondokambey Terima Penghargaan Pena Emas, Disaksikan Presiden Jokowi Tamuntuan Sukses Wujudkan Ekspor Ikan Perdana ke Filipina Walikota Caroll Senduk Inspektur Upacara Peringatan HUT Ke-21 Kota Tomohon Tamuntuan Bawa Bantuan Bencana Ke Kampung Laine

Bolmut · 9 Feb 2024 20:51 WIB ·

Logistik Pemilu 2024 Bolmong Utara Siap Didistribusikan


 Logistik Pemilu 2024 Bolmong Utara Siap Didistribusikan Perbesar

Bolmut, Sulutnews.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara siap mendistribusikan logistik Pemilu 2024 ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di 6 kecamatan. 

Ada dua macam logistik Pemilu 2024 yang siap didistribusikan. Pertama, logistik utama, seperti surat suara, sebagai sarana mengekspresikan hak pilih masyarakat, dan formulir penghitungan dan rekapitulasi, sebagai sarana mengadministrasikan proses pemilu. Kedua, logistik pendukung, seperti bilik, tinta, dan alat coblos.

Daftar Pemilih Tetap Kabupaten Bolmut berjumlah 63.161 orang. Jumlah ini terdiri dari 32.089 laki-laki dan 31.072 perempuan. Jumlah TPS 277.

Ketua KPU Kabupaten Bolmut, Zamaludin Djuka, mengatakan pendistribusian logistik Pemilu 2024 akan dilaksanakan pada hari Selasa, 13 Februari 2024, Jam 07.00 Wita. Diberangkatkan dari KPU Bolmut, Boroko.

“Hari ini kami masih melakukan koordinasi dengan Polres Bolmut terkait pengamanan dan pengawalan, koordinasi dengan Kodim 1303 BM, PLN Boroko, BMG Sulut, Telkom, Pemda Bolmut melalui Dinas Kesehatan untuk persiapan tenaga medis di setiap TPS,” ujarnya.

Dikatakannya, untuk pendistribusian logistik Pemilu 2024 menggunakan armada mobil box supaya aman dan terlindungi dari hujan.

Hal lainnya, ketika sedang menghitung perolehan suara, mendadak padamnya aliran listrik, perlu diantisipasi dengan genset listrik.

Sambutan Penjabat Bupati Bolmut Sirajudin Lasena, SE, M.Ec. Dev., kita barusan menggelar Apel SATLINMAS dan Petugas Pengamanan TPS Se – Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, dalam rangka persiapan menghadapi Pemilu Serentak Tahun 2024, bertempat di halaman Kantor Bupati Bolmut.

Atribut dan seragam Satlinmas memakai kemeja putih dan celana hitam serta mendapat kartu identitas di setiap TPS.

Distribusi logistik dan kendala di Desa Goyo Kecamatan Bolangitang Barat karena belum selesai jembatan, persiapkan sepeda motor. Tempat yang terjauh di Kecamatan Sangkub, Desa Pangkusa dan Desa Sidodi.

Kapolres Bolmut AKBP Juleigtin Siahaan,SIK,MIK, dalam pelaksanaan penyelenggaraan Pemilu Serentak 2024, dan pergeseran logistik di 106 Desa dan 1 Kelurahan telah 167 personil di TPS, 80 personil Brimob untuk pengamanan dan TNI/POLRI tidak diijinkan membawah senjata api dan sangkur. Pasukan Brimob akan dibagi setiap 6 kecamatan 25 personil.

Kajari Bolmut diwakili Jaksa Fungsional Vincentius Aji Wicaksono, S.H. menyampaikan peran kejaksaan dalam Pemilu Serentak 2024 dapat terselenggara kondusif dengan menjunjung tinggi asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil (luber jurdil). Kejaksaan Bolmut siap mengawal distribusi logistik Pemilu 2024.

Perwira Penghubung Kodim 1303/BM Mayor Inf. Burhan, S.Sos menyampaikan hal senada dengan Kapolres Bolmut, dalam persiapan Pemilu Serentak 2024, TNI membantu tugas pemerintahan di daerah; membantu Kepolisian Negara Republik Indonesia dalam rangka tugas keamanan dan ketertiban masyarakat yang diatur dalam undang-undang.

Pada akhir rapat koordinasi Forkompimda dengan KPU dan Bawaslu, Pj Bupati Bolmut berharap persipan distribusi logistik Pemilu Serentak 2024 berjalan sesuai rencana serta akan tumbuh kesadaran dan keterlibatan masyarakat dalam mengawal proses demokrasi dalam menjaga stabilitas keamanan tetap kondusif dan kedamaian pada pelaksanaan Pemilu 2024.

Turut hadir dalam rakor : Ketua Bawaslu Bolmut Abdul Muin Wengkeng, S.Hut, Wakapolres Bolmut Kompol Syaiful Tamu, Kasie Intel Polres Bolmut Iptu Indra Mamonto, Camat 6 Kecamatan, Kadis Kesehatan Dr. Ali Dumbela, SKM, M.Kes, Kabag Kesbangpol Pemda Bolmut Ramin Buhang, S.Sos, Kasie Wawasan Kebangsaan Kesbangpol Bolmut, Hamzah Lantapon, S.IP, Sekretaris Dinas Perhubungan Bolmut Islan Tabo.

(/Gandhi Goma).

Artikel ini telah dibaca 903 kali

Baca Lainnya

Milad Ke 6 MTs Negeri 2 Bolmut Melaksanakan Lomba Cerdas Cermat Fahmil Qur’an

20 February 2024 - 11:33 WIB

Pj Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, Memulai Kunjungan Kerja Hari Pertama Dengan Fokus pada Demokrasi dan Agama

19 February 2024 - 06:21 WIB

Pengawasan Dan Tindak Pidana Pidana Pemilu 2024

18 February 2024 - 23:58 WIB

Aditya Moha Apresiasi Hasil Capaian Partai Golkar Bolaang Mongondow pada Pemilu 2024

16 February 2024 - 17:44 WIB

Potensi Pelanggaran Dan Kecurangan Dalam Pemilu 2024

15 February 2024 - 23:16 WIB

Sang Petarung Sadam, Kans Duduki Ketua DPRD.

15 February 2024 - 16:24 WIB

Trending di Boltim