Menu

Mode Gelap
Breaking News Tamuntuan Pergi, Wounde Datang Kecamatan Tatoareng Kepulauan Sangihe Terancam Jatuh Miskin Penjabat Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu Bagikan Telur Susu Bicuit Di Desa Kolobolon Presiden Jokowi Didampingi Gubernur Sulut Olly Dondokambey Resmikan Bendungan Lolak di Kabupaten Bolmong Puncak Peringatan HPN 2024 Gubernur Sulut Olly Dondokambey Terima Penghargaan Pena Emas, Disaksikan Presiden Jokowi

News · 9 Jan 2023 10:19 WIB ·

Sanggar Masamper Aradamma Pulutan Eksis Perkenalkan Masamper


 Sanggar Masamper Aradamma Pulutan Eksis Perkenalkan Masamper Perbesar

Tahuna, Sulutnews.com – Sebagai bentuk pelestarian budaya Masamper, Sanggar Masamper Aradamma Desa Pulutan Kecamatan Pulutan, tetap konsisten memperkenalkan budaya Masamper di Kepulauan Talaud, berkolaborasi dengan Karang Taruna Kepulauan Talaud sebagai pilar sosial, meski Masamper merupakan budaya Suku Sangihe.

Pada 20/11/2022, Sanggar Masamper Aradamma Pulutan menggelar lomba Masamper, diikuti oleh 11 grup, terdiri dari dua kategori, umum dan tingkat KRT Jemaat. Lomba tersebut dimenangkan oleh Grup Masamper Rainis dari kategori umum, sedangkan kategori KRT dimenangkan oleh Grup Masamper Jemaat GERMITA Baitania KTR 12.

Kata Ketua Panitia  Jurlian Sinadia, bahwa lomba Masamper tersebut merupakan bentuk pelestarian budaya Masamper oleh Sanggar Aradamma Pulutan, bekerjasama dengan Organisasi Sosial Kepemudaan Karang Taruna Porodisa Kabupaten Talaud di Ketuai oleh Drisant Gumolung,  bersama Tokoh masyarakat, Tokoh adat juga BPMJ GERMITA Baitani Pulutan.

Lanjut Ketua Panitia, Jembris M Bulele adalah donatur pada kegiatan tersebut, juga ia adalah ketua Persatuan Tinju Nasional Amatir (PERTINA)  Talaud “Beliau Pak Jembris Bulele sebagai sponsor kegiatan kebudayaan ini” ungkap Sinadia.

Di tambahkan oleh Drisant Gumolung, Ketua Karang Taruna Kabupaten Talaud, Adapun lomba Masamper Prodisa di laksanakan dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 10 November 2022,  di dalamnya tersirat aksi sosial penggalangan dana untuk pembangunan gedung gereja kanisa GERMITA Baitani Pulutan.

“Kegiatan ini tidak semata hanya sebuah ivent melainkan kami juga menggalang dana untuk pembangunan gereja, sehingga ada dampak sosial di masyarakat” tandas Gumolung.

Kegiatan lomba Masamper ini, juga memperebutkan Tropi Bergilir dari Ketua DPRD Sulut Fransiscus Andi Silangen. (Andy Gansalangi)

Artikel ini telah dibaca 2,447 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Opo Manossoh Resmi Mendaftar di Gerindra dan Perindo

25 May 2024 - 23:03 WIB

KPU Sangihe Laksanakan Media Gathering

24 May 2024 - 11:13 WIB

HPN 2025, PWI PROVINSI RIAU TUAN RUMAH

23 May 2024 - 23:00 WIB

Breaking News Tamuntuan Pergi, Wounde Datang

23 May 2024 - 20:00 WIB

PWI Sulut Gandeng Institut Agama Kristen Negeri Manado

18 May 2024 - 02:00 WIB

Tamuntuan Kunker di Tabteng Bawa Bantuan

16 May 2024 - 20:14 WIB

Trending di Advetorial