Menu

Mode Gelap
Walikota Tomohon Caroll Senduk Didampingi Sekot Edwin Roring Hadiri Dialog Publik “Masyarakat Bertanya Walikota Menjawab” Pelestarian Laut Dukung Peningkatan Pariwisata, Suzuki Indonesia Adakan Bersih-Bersih Pantai Bunaken Dengan Ratusan Pelajar Wagub Steven Kandouw Lantik Wounde Sebagai Penjabat Bupati Sangihe Breaking News Tamuntuan Pergi, Wounde Datang Kecamatan Tatoareng Kepulauan Sangihe Terancam Jatuh Miskin

Manado · 20 Mar 2023 09:04 WIB ·

Gubernur Sulut Olly Dondokambey Bagikan Beras Gratis 10 Ton Kepada Ribuan Masyarakat


 Gubernur Sulut Olly Dondokambey Bagikan Beras Gratis 10 Ton Kepada Ribuan Masyarakat Perbesar

Manado, Sulutnews.com – Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE bagikan beras gratis 10 ton kepada ribuan masyarakat di Kelurahan Ketang Baru dan Ternate Baru Kecamatan Singkil Kota Manado Senin (20/3) dilapangan Ketang Baru dalam acara Gerakaran Pangan Murah (GPM) dalam menjelang bulan  Ramadhan 2023.  Setiap warga dapat 5 kg beras gratis sementara harga untuk kebutuhan lain dibeli dengan harga murah dibawah harga pasar.

Dalam acara tersebut juga dilakukan pasar murah untuk kebutuhan sembilan bahan pokok termasuk Barito (Bawang Rica dan Tomat). Usai dibuka oleh Gubernur Sulut ribuan warga langsung serbu pasar murah dan Gubernur yang didampingi Sekprov Steve Kepel ST MSi dan Asisisten II Yang Juga PLt Kadis Pangan Dr Praseno Hady SE Ak serta Asisten III Pemda Dr Frangky Manumpil dan MSc serta Dr Tono dari Badan Pangan Nasional serta Bulog Sulut   dan  Dinas terkait langsung bagikan beras gratis 10 ton meski dibawah terik matahari, Gubernur bagikan satu persatu kepada setiap warga yang sudah antre baik ibu anak hinga bapak.

Syarul Poli SE Ketua Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Sulut hadir juga sebagai pelaksana acara GPM bersama Dinas Pangan.

Menurut Gubernur kegiatan GPM dan pasar murah ini untuk membantu warga dalam menyediakan stok pangan dan menstabilkan harga pangan, karena sering naik harga pangan. Dengan pasar murah bisa stabil harga dan ini bisa menekan inflasi “Jadi sangat penting pasar murah karena untuk membantu warga menjelang bulan Ramadhan” katanya.

Pemerintah harus hadir dalam membantu warga. Pemberian beras gratis 10 ton karena kepedulian kami untuk membantu warga. Kegiatan GPM dilakukan di tiga titik di Kota Manado dan akan dilakukan juga di semua Kabupaten dan Kota. “Jadi semua serentak dilakukan GPM untuk membantu warga dan stabilkan harga pangan” kata Gubernur.

Gubernur menambahkan stok beras dan pangan di Sulut cukup tersedia sepanjang bulan Ramadhan dan Idul Fitri nanti. Masyarakat tidak perlu kuatir  dan harga pasti terjangkau. Pasar murah untuk saat ini cukup membantu karena harga murah baik barito dan telur ayam minyak goreng dan kebutuhan lainnya.

Asisten II Pemda Sulut yang Juga sebagai PLt Kadis Pangan Dr Praseno Hady SE AK selaku penangungjawab kepada Sulutnews.com mengatakan, program GPM ini memang tujuannya untuk bantu masyarakat dan menstabilkan harga terutama menjelang buoan Ramadhan Idul Fitri dan akan ada juga di 15 Kabupaten Kora. Ini memang instruksi Gubernur agar lakukan GPM.” Jadi ini kepedulian Pemda Sulut lewat Gubernur dan Wakil Gubernur” kata Praseno.

Badan Pangan Apresiasi

Perwakilan dari Badan Pangan Nasional Dr Tono dalam sambutannya menyatakan banga dengan kegiatan GPM. Karena ini untuk membantu warga dan juga juga stabilkan harga dan bisa atasi inflasi agar tidak melonjak” Kami dari Badan Pangan Nasional mengapresiasi kegiatan ini. Dan berharap terus dilakukan ” kata Tono. Dia optimis dengan GPM stok stabil begitu juga harga .

Ketua PHBI Sulut Syarul Poli SE kepada Sulutnews.com menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Sulut Olly Dondokambey yang telah melakukan acara GPM.” Kami salut dan berterimah kasih kepedulian Gubernur dalam membantu warga lewat beras gratis dan pasar murah menjelang bulan suci Ramadhan” kata Syarul Poli.

Sejumlah warga kepada Sulutnews.com menyatakan senang dan gembira dapat beras gratis 5 kg “Ini sangat membantu keluarga kamu menjelang bulan suci Ramadhan dapat beras gratis 5 kg dan ada pasar murah” kata Ny  Susan Husain dan Ny Iin warga Ternate Tanjung. Mereka mengatakan untuk rica kalau dipasar Rp 85 ribu per kg. Saat ini hanya Rp 70 ribu per kg. Begitu juga tomat yang harga pasar Rp 12 ribu per kg saat ini hanya Rp 8 ribu per kg.

Untuk telur ayam satu baki dengan 30 butir harga pasar Rp 51 ribu kalau saat ini hanya Rp 48 ribu.  Ini sangat membantu sekali” kata Ny Susan. Mereka berharap pasar murah terus dlilakukan karena sangat membantu. (Fanny)

Artikel ini telah dibaca 372 kali

Baca Lainnya

Awaludin Umbola : Peran Serta Aktif Masyarakat Tentukan Sukses Pelaksanaan Pilkada

23 June 2024 - 07:12 WIB

Hadapi Pilkada Serentak 2024, KPU Sulut Gelar Rakor dan Bimtek Kearsipan

22 June 2024 - 10:42 WIB

Masih Rendah Kesadaran Masyatakat Lakukan Mutasi Kendaraan Plat Nomor Luar Sulut

21 June 2024 - 20:47 WIB

SD Negeri 06 Manado Adakan Acara Penamatan 72 Lulusan Kelas 6

21 June 2024 - 18:48 WIB

Kapolda Sulut Tinjau Bakkes Operasi 28 Pasien Katarak Celah Bibir dan Lelangit, Sambut HUT Bhayangkara ke-78.

21 June 2024 - 18:48 WIB

Aldrin Christian : Sekertariat Bawaslu Siap Fasilitasi Tugas Pengawasan di Pilkada Serentak 2024

21 June 2024 - 16:23 WIB

Trending di Sulut