Menu

Mode Gelap
Presiden Jokowi Didampingi Gubernur Sulut Olly Dondokambey Resmikan Bendungan Lolak di Kabupaten Bolmong Puncak Peringatan HPN 2024 Gubernur Sulut Olly Dondokambey Terima Penghargaan Pena Emas, Disaksikan Presiden Jokowi Tamuntuan Sukses Wujudkan Ekspor Ikan Perdana ke Filipina Walikota Caroll Senduk Inspektur Upacara Peringatan HUT Ke-21 Kota Tomohon Tamuntuan Bawa Bantuan Bencana Ke Kampung Laine

Bolmut · 9 Feb 2023 13:48 WIB ·

Pemkab Bolmong Utara Support Rencana Pendirian Unisan Di Boroko


 Pemkab Bolmong Utara Support Rencana Pendirian Unisan Di Boroko Perbesar

Bolmut, Sulutnews.com – Rencana pendirian Universitas Ichsan (Unisan) di Kota Boroko mendapat support Pemerintah Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.

Bupati Bolmong Utara Drs Depri Pontoh menerima kunjungan langsung Rektor Universitas Ichsan Dr. Abdul Gaffar La Tjokke selaku pembina yayasan Ichsan Gorontalo, disertai dengan para Pembantu Rektor serta staf dosen strata satu dan dosen pasca sarjana. Berlangsung di ruang rapat Sekda Bolmong Utara. Kamis (09/02/2023).

Sekretaris Daerah Bolmong Utara dr. Jusnan C Mokoginta, MARS sebagai moderator tentu menerima rencana pendirian Universitas Ichsan di Bomong Utara tepatnya di Kota Boroko, serta menyampaikan apresiasi tersendiri bahwa Kabupaten Bolmong Utara akan ada universitas. Tentu saja, ini dampaknya penting bagi pengembangan sumber daya manusia juga dampak sosial ekonomi,” ujarnya.

Jusnan Mokoginta mengungkapkan di samping rencana pendirian Unisan Bolmong Utara, kunjungan Ketua Yayasan Ichsan juga membicarakan mengenai kerja sama yang akan membangun Gedung Kampus Unisan disekitar Kecamatan Kaidipang. Suatu daerah yang ada universitas akan membutuhkan adanya lompatan besar dalam merancang strategi pembangunan daerah, utamanya untuk memastikan terjadinya akselerasi pencapaian Indonesia maju dengan GDP ke-5 terbesar pada 2045.

Bupati Bolmong Utara memberikan alternatif dari draf naskah kerja sama diajukan pihak yayasan Unisan, karena Pemkab Bolmong Utara sedang memacu mempercepat penguatan fiskal. Artinya, setiap aset yang dimiliki daerah harus berdampak ekonomi bagi masyarakat.

“Makanya, terhadap usulan pemanfaatan lanjutannya, saya sengaja telah mengundang juga dari keuangan pada bidang pendapatan.

Dan permintaan dari Yayasan Ichsan ini akan dibahas lebih lanjut dengan dinas terkait, karena ini terkait aset,” terangnya.

“Di satu sisi kita mendukung adanya universitas, karena dampaknya besar bagi daerah. Tapi, di sisi lain juga aset kita harus dimanfaatkan secara maksimal untuk sebesar-besarnya bagi pendapatan daerah. Yang pasti, tetap sesuai ketentuan perundang-undang,” tandasnya.

Rektor Unisan berharap ada lahan yang akan kita bangun secara permanen, dan rencana program fakultas sesuai prioritas jurusan kesehatan, teknik arsitektur, akutansi dan manajemen serta disiplin ilmu hukum.

Menurut Dr. Fatmah Ngabito, dosen Unisan pakar di bidang kebijakan publik akan membuka Fakultas Hukum di Bolmong Utara, karena mahsiswa saya ada 6 orang wakil rakyat sedang menyelesaikan program S1 Ilmu Hukum.

Setelah foto bersama, Sekda Bolmong Utara dan Rektor Unisan serta rombongan mengajak meninjau langsung beberapa obyek rencana pembangunan kampus Ichsan Bolmong Utara. (**/Gandhi Goma).

Artikel ini telah dibaca 319 kali

Baca Lainnya

Pemda Bolmut Raih Pengelola JDIH Terbaik Tahun 2023

26 February 2024 - 18:10 WIB

Milad Ke 6 MTs Negeri 2 Bolmut Melaksanakan Lomba Cerdas Cermat Fahmil Qur’an

20 February 2024 - 11:33 WIB

Pengawasan Dan Tindak Pidana Pidana Pemilu 2024

18 February 2024 - 23:58 WIB

Potensi Pelanggaran Dan Kecurangan Dalam Pemilu 2024

15 February 2024 - 23:16 WIB

Polsek Bolangitang Mengawal Pergeseran Kotak Pemilu Ke TPS

13 February 2024 - 23:58 WIB

Mengapa Ternak Bukan Menjadi Barang Dugaan Pelanggaran Masa Tenang Pemilu 2024 ?

12 February 2024 - 21:40 WIB

Trending di Bolmut