Menu

Mode Gelap
Puncak Peringatan HPN 2024 Gubernur Sulut Olly Dondokambey Terima Penghargaan Pena Emas, Disaksikan Presiden Jokowi Tamuntuan Sukses Wujudkan Ekspor Ikan Perdana ke Filipina Walikota Caroll Senduk Inspektur Upacara Peringatan HUT Ke-21 Kota Tomohon Tamuntuan Bawa Bantuan Bencana Ke Kampung Laine HCB Tunaikan Janjinya, 28 Desember 2023, Kick-off UKW PWI Bantuan BUMN Dimulai di Aceh, NTT dan Sulut

Manado · 31 Jan 2023 06:23 WIB ·

Pasca Banjir dan Tanah Longsor di Kota Manado Penyakit ISPA Harus Diwaspadai


 Pasca Banjir dan Tanah Longsor di Kota Manado Penyakit ISPA Harus Diwaspadai Perbesar

Manado, Sulutnews.com. Pasca banjir dan tanah longsor yang terjadi Jumat (27/1) pekan lalu dibeberapa Kelurahan di Kota Manado, warga diminta waspada penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA). Karena penyakit ini sering terjadi pasca atau usai dilanda banjir karena udara kotor banyak debu dan sampah serta becek dan lingkungan kotor.

” Jadi warga yang terkena banjir dan tanah longsor harus mewaspadai penyakit ISPA” kata Kepala Bidang ( Kabid) Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Manado Bobby Kereh SH MH kepada Sulutnews.com Selasa (31/1) dikantornya.

Menurut Bobby Kereh dari data dilapangan hinga Selasa (31/1) umumnya warga ada yang terjangkit penyakit ISPA. Dan itu biasa terjadi pasca banjir. Penyakit ISPA yang menonjol saat ini. Dan penyakit lainnya ada tapi sedikit. Sejak banjir dan tanah longsor pihaknya turunkan tim kesehatan dibantu dari beberapa Kabupaten dan Kota.

” Jadi kita bersyukur tidak terlalu parah warga yang terjangkit penyakit karena tim Kesehatan langsung tagani secepatnya” kata Kereh.
Bahkan menurut Kereh pelayan kesehatan baik diposko bencana ada juga di Puskesmas yang terdekat seperti di Tuminting, Bailang dan beberapa Puskesmas seperti di Tikala dan Karombasan. Pelayanan sejak pagi hinga jam 24.00 wita ( jam 12 malam) dan tenaga Kesehatan saling berganti.

” Kami utamakan pelayanan kesehatan kepada warga terutama juga anak anak balita” kata Bobby Kereh.

Terkait obat obat cukup tersedia. Sehinga warga tidak perlu kuatir karena Dinas Kesehatan Kota Manado lewat Kadis Kesehatan dr Steven Dandel sangat siap dengan tenaga kesehatan yang full tim turun kelapanan.

Kalau ada warga yang belum terlayani bisa melapor kepada aparat pemerintah atau datang di Posko pelayanan bencana dan Puskesmas karena langsung tertangai. Hinga saat ini Selasa (31/1) belum ada keluan warga terutama masalah kesehatan. Karena kami langsung turun kelapangan.

” Saya banga karena bantuan tenaga kesehatan dari beberapa Kabupaten dan Kota sangat membantu sekali” kata Kereh.
Sebelumnya banjir dan tanah longsor terjadi Jumat (27/1) pekan lalu dan terjadi dibeberapa Kelurahan di Kota Manado dan saat ini sementara dalam pembersihan lumpur dan sampah oleh aparat TNI dan Polri serta aparat Pemkot Manado. Ada ratusan rumah terkena banjir dan tanah longsor.

Kepala Badan Penangulangan Bencana Pusat sudah turun memantau bersama Gubernur Olly Dondokambey SE dan Menteri Sosial Tri Haryani dan Walikota Manado Andre Angouw dan dari TNI dan Polri dan berikan bantuan.
Sementara Pemerintah Pusat lewat Badan Bencana Nasional serta Kementrian Sosial, Pemda Sulut dan Kota Manado serta beberapa Kabupaten dan Kota sudah membantu berupa uang dan bahan makanan, air bersih dan pakaian, selimut tenda dan keperluan lainnya. Bantuan juga dari berbagai lapisan masyarakat dan lembaga Ormas serta pihak swasta dan perorangan sudah membantu termasuk makanan siap saji. Bantuan itu berikan sejak bencana terjadi Jumat (27/1) pekan lalu hinga saat ini. (fanny)

Artikel ini telah dibaca 2,139 kali

Baca Lainnya

Realisasi Investasi di Sulut Tahun 2023 Mencapai Rp 10,17 Triliun Naik 64 Persen Dibandingkan Tahun 2022

21 February 2024 - 21:45 WIB

Presiden Joko Widodo Kunker Ke Sulut Pada 24 Pebruari 2024

21 February 2024 - 12:21 WIB

Bermasalah!! 4 TPS di Sulut Kembali Lakukan PSU

21 February 2024 - 08:20 WIB

Dianggap Bertanggungjawab Atas Dugaan Kecurangan Pemilu,Koalisi Masyarakat Sulut Pro Demokrasi,Tuntut Presiden Jokowi Turun Tahkta,

19 February 2024 - 12:09 WIB

Zulkifly Densi : Pelanggar Hasil Pemilihan Umum Diancam Pidana

18 February 2024 - 10:22 WIB

Prabowo Menang di TPS Andrei Angouw

14 February 2024 - 16:25 WIB

Trending di Manado