Menu

Mode Gelap
Breaking News Tamuntuan Pergi, Wounde Datang Kecamatan Tatoareng Kepulauan Sangihe Terancam Jatuh Miskin Penjabat Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu Bagikan Telur Susu Bicuit Di Desa Kolobolon Presiden Jokowi Didampingi Gubernur Sulut Olly Dondokambey Resmikan Bendungan Lolak di Kabupaten Bolmong Puncak Peringatan HPN 2024 Gubernur Sulut Olly Dondokambey Terima Penghargaan Pena Emas, Disaksikan Presiden Jokowi

Boltim · 2 Feb 2023 14:07 WIB ·

Empat Eks Swapraja Totabuan Akan Memberikan Gelar Adat Kepada Bupati Boltim


 Empat Eks Swapraja Totabuan Akan Memberikan Gelar Adat Kepada Bupati Boltim Perbesar

Boltim, Sulutnews.com – Empat eks Swapraja yang ada di Totabuan, yakni Mongondow, Bolango, Kaidipang dan Bintauna, menggelar rembuk melalui Dewan Adat, Longki Mokoginta, S.E. Gobel, J. Buhang. S.Pd. MSi, Sadli Datunsolang, pada masing – masing eks Swapraja di rumah adat Komaling, Kopandakan. Rabu, 1 Februari 2023.

Rembuk tokoh adat ini dilaksankan dalam rangka untuk memberikan gelar adat kepada Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sam Sachrul Mamonto. S.Sos. MSi.

Diskusi panjang dilangsungkan dengan beragam argumentasi yang kuat dan lugas serta komprehensif demi mempertimbangkan nama gelar apa yang cocok untuk disematkan kepada Bupati Boltim.

“Gelar ini bukan hanya pegelaran biasa, tapi ini melainkan sesuatu yang benar – benar harus menempel pada sosok pemimpin, ketika kita memberikan gelar maka Pemimpin harus benar – benar sesuai dengan gelar yang Kita berikan atau melakukan sesuai dengan gelar yang diberikan,”Jelas Dewan Adat Bolaang Uki.

Dari diskusi panjang yang alot akhirnya terbentuklah konsensus dari seluruh Dewan Adat se-Bolaang Mongondow Raya (BMR) untuk gelar Adat yang nanti akan diberikan kepada Bupati Boltim.

“Saya rasa gelar ini cocok kepada Bupati Boltim karena beliau adalah sosok yang serba bisa disemua hal, apalagi dalam rekam jejak kepemimpinan yang telah berhasil beliau pimpin diantaranya pernah menjabat Ketua KPU se-Bolmong (Termasuk Boltim dan Bolsel), setelahnya pernah menjadi Ketua DPRD Boltim, kemudian menjadi Bupati,”Kata Dewan Adat Mongondow.

Selain prestasi dalam Pemerintahan dan Kepemimpinan serta karir pada beberapa lembaga dan institusi yang digeluti, pemberian Gelar Adat ini juga adalah bentuk penghargaan atas apa yang telah dilakukan oleh Bupati Boltim yang telah mengangkat kembali adat – budaya Mongondow melalui kesuksesan pegelaran Festival Kabela beberapa waktu lalu. Termasuk juga menggelar dan mempersatukan adat – budaya etnis – etnis yang ada di Boltim melalui festival etnis Jawa, Minahasa dan Sangihe yang akan dilakukan dalam waktu dekat.

Hadir dalam rembuk tokoh Adat tersebut, Asisten I, Rahman Hulalata. SPd. MM, Asisten III Drs. Rusmin Mokoagow, dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Yusril Damopolii. SP.d, bersama jajaran. (Rilis Kominfo)

Artikel ini telah dibaca 204 kali

Baca Lainnya

Tim Resmob Polres Boltim, Berhasil Mengamankan Tersangka Kasus Pembunuhan

28 May 2024 - 18:37 WIB

Satuan Reskrim Polres Boltim Berhasil Selesaikan Kasus Pengaiayaan Secara RJ

28 May 2024 - 18:07 WIB

Bupati SSM Sukses Mengawal Usulan Pembangunan Pelabuhan Kotabunan

22 May 2024 - 22:21 WIB

RASA Di Gadang – Gadang Bakal Mendampingi SSM Di Pilkada Boltim 2024

20 May 2024 - 21:02 WIB

Bupati Boltim Hadiri Undangan Khusus Program Teras Negeri Media Tempo

17 May 2024 - 19:02 WIB

Tim Gabungan Pemkab Boltim Temukan TKA Di Lokasi PETI Desa Buyat

15 May 2024 - 22:03 WIB

Trending di Boltim