Menu

Mode Gelap
Penjabat Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu Bagikan Telur Susu Bicuit Di Desa Kolobolon Presiden Jokowi Didampingi Gubernur Sulut Olly Dondokambey Resmikan Bendungan Lolak di Kabupaten Bolmong Puncak Peringatan HPN 2024 Gubernur Sulut Olly Dondokambey Terima Penghargaan Pena Emas, Disaksikan Presiden Jokowi Tamuntuan Sukses Wujudkan Ekspor Ikan Perdana ke Filipina Walikota Caroll Senduk Inspektur Upacara Peringatan HUT Ke-21 Kota Tomohon

Boltim · 5 Feb 2023 16:42 WIB ·

Distan Boltim Dan BI Sulut Gelar Bimbingan Pada Petani Di Tahun 2023


 Foto:Tampak Kadis Distan dan tim BI saat melihat lokasi. Perbesar

Foto:Tampak Kadis Distan dan tim BI saat melihat lokasi.

Boltim, Sulutnews.com – Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), bekerjasama dengan tim Konsultan Bank Indonesia (BI) Sulawesi Utara (Sulut) melakukan bimbingan pada petani Wirausaha Bank Indonesia (WUBI) di tahun 2023.

Kepala Dinas (Kadis) Distan Boltim Mat Sunardi Minggu 05 Januari 2023 mengatakan, dalam kunjungan tersebut untuk melihat langsung pengembangan kopi robusta di Kabupaten Boltim.

“Dari hasil usulan dan kunjungan kelapangan dan melihat langsung pengembangan kopi yang mulai  tergerus dengan hortikultura, BI ingin mendorong agar kopi Robusta Boltim tetap bisa dipertahankan karena punya sejarah sendiri begitu pula upaya Dinas Pertanian melakukan pengembangan,”Jelas Sunardi.

Lanjut dia, tim dari pihak BI akan berkunjung di wilayah Kecamatan Modayag dan memberikan pengetahuan dan keterampilan pada petani.

“khusunya di wilayah Kecamatan Modayag karena petaninya animonya tinggi dan ulet dalam berusaha tani dan ternak pihak BI akan memperkuat pengetahuan, sikap dan keterampilannya agar lebih meningkat,”Terangnya.

Ditambahkannya lagi, tahun ini telah terpilih petani yang dibimbing oleh BI melalui program Persyaratan Umum Bahan Bangunan di Indonesia (PUBI).
WUBI yaitu petani poktan pembudidaya pengelola kopi bubuk asli di Kabupaten Boltim.

“Bimbingan ini akan diberikan selama satu tahun dengan dibantu pelatihan yang dilakukan di hotel minimal bintang tiga oleh BI, namun petani tidak diberikan uang saku maupun transportasi, ini pola baru yang diterapkan dalam WUBI dan PUBI dengan dasar konsep petani yang ingin maju tentunya mau berkorban untuk dirinya sendiri dan ke depan akan menjadi petani yang mandiri,”Kuncinya. (*)

Artikel ini telah dibaca 799 kali

Baca Lainnya

Bupati Sam Sachrul Sholat Ied Berjamaah Di Masjid Al-Hayatul Islam

10 April 2024 - 22:12 WIB

Pemdes Desa Paret Induk Menyerahkan BLT Kepada 36 Warga

9 April 2024 - 12:43 WIB

DMI Kabupaten Boltim Gandeng PT. ASA Gelar Bukber

6 April 2024 - 23:31 WIB

Kabag Ops Polres Boltim, Berikan Arahan Kepada Pejabat Dan Petugas Ketupat Samrat 2024

4 April 2024 - 22:19 WIB

PT. Bank SulutGo Cabang Tutuyan Lakukan Pelayanan Prima Jelang Lebaran Idul Fitrih 1445 Hijriah

1 April 2024 - 21:03 WIB

Bupati Sam Sachrul Paparkan Laporan Pertanggungjawaban LKPJ Tahun 2023

30 March 2024 - 22:48 WIB

Trending di Boltim