Menu

Mode Gelap
Presiden Jokowi Didampingi Gubernur Sulut Olly Dondokambey Resmikan Bendungan Lolak di Kabupaten Bolmong Puncak Peringatan HPN 2024 Gubernur Sulut Olly Dondokambey Terima Penghargaan Pena Emas, Disaksikan Presiden Jokowi Tamuntuan Sukses Wujudkan Ekspor Ikan Perdana ke Filipina Walikota Caroll Senduk Inspektur Upacara Peringatan HUT Ke-21 Kota Tomohon Tamuntuan Bawa Bantuan Bencana Ke Kampung Laine

Asahan · 21 Jan 2023 07:52 WIB ·

Wakil Bupati Asahan Buka Rapat Koordinasi Kepala Desa


 Wakil Bupati Asahan Buka Rapat Koordinasi Kepala Desa Perbesar

Kisaran,Sulutnews.com – Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin Siregar, S. Sos, M. Si buka Rapat Koordinasi Kepala Desa Se- Kabupaten Asahan Tahun 2023, Sabtu (21/01/2023). Turut hadir dalam kegiatan yang digelar di Danau Toba International Cottage tersebut, Asisten I Pemerintahan dan Kesra, Kepala Dinas PMD, serta Kepala Desa Se- Kabupaten Asahan.

Kepala Dinas PMD, Suherman Siregar dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan pelaksanaan Bimtek adalah untuk membahas beberapa permasalahan aktual terkait Pemerintahan Desa. “Bimtek dilaksanakan selama 3 hari sejak 20-22 Januari di Danau Toba International Cottage, dan diikuti oleh 168 Kepala Desa Se- Kabupaten Asahan”, jelas Suherman.

Sementara Wakil Bupati Asahan mengawali sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih atas keikutsertaan Kepala Desa Se- Kabupaten Asahan dalam pelaksanaan Bimtek kali ini. Selanjutnya Wabup mengutarakan bahwa kegiatan ini merupakan wadah dalam mensinkronkan dan mensinergikan program pemerintahan mulai dari tingkat Pusat ke tingkat Daerah dan diharapkan juga sampai ke tingkat Desa. “sesuai hasil rapat koordinasi dengan Presiden RI beberapa waktu silam, seluruh Pemda diminta untuk lakukan sinkronisasi pelaksanaan tugas pemerintahan hingga ke tingkat Desa khususnya dalam penanggulangan kemiskinan ekstrim dan penurunan angka stunting. Karenanya saya meminta agar seluruh Kepala Desa yang ada di Kabupaten Asahan untuk dapat mensinkronkan seluruh kegiatan yang akan dilaksanakan di Desa agar sesuai dengan 10 program prioritas Pemerintah Kabupaten Asahan dan sinkron pula dengan prioritas yang ditetapkan oleh Pemerintah Pusat”, ujar Wabup.

Lebih lanjut Wabup meminta seluruh Kepala Desa untuk memahami tugas dan fungsinya sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang ada. “Pahami dan pedomani Permendesa PDTT Nomor 8 tahun 2022 Tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2023 sebagai acuan bagi Kepala Desa dalam melaksanakan tugas dan menggunakan dana desa”, ujar Wabup.

Wabup juga berpesan kepada Kepala Desa agar dapat menyusun APBDes Tahun 2023 yang bersumber dari Dana Desa agar mengedepankan 3 Prioritas yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Pusat yakni, penanggulangan kemiskinan, sinergi dengan program nasional, mitigasi bencana alam dan non alam serta sinkron pula dengan 10 program prioritas Pemerintah Kabupaten Asahan. Terkait peningkatan perekonomian di Desa, Wabup juga meminta agar Kepala Desa mengoptimalkan BUMDes serta Desa Wisata (bagi desa yang memiliki potensi). “Tingkatkan kemampuan dan kapabilitas dalam menjalankan pemerintahan desa secara baik dan profesional dan jangan ada kegiatan yang fiktif. Saya juga minta kepada Dinas PMD, bina, bantu dan awasi agar kepala desa dapat menjalankan program pembangunan terarah, tepat sasaran dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sesuai ketentuan yang berlaku”, pungkas Wabup.(*/Daniel)

Artikel ini telah dibaca 11 kali

Baca Lainnya

Diduga Tidak Menghormati Hari Natal 2023, Diduga Sarang Judi Omset Miliaran Perhari Masih Buka di Sumut

27 December 2023 - 00:27 WIB

Bupati Asahan Pimpin Upacara Hari Bela Negara Ke-75

19 December 2023 - 19:44 WIB

Bupati Asahan Sidak Pasar Dan Pantau Harga Sembako 

19 December 2023 - 19:42 WIB

Bupati Asahan Buka Rakorpem Bulan Desember 2023

19 December 2023 - 19:39 WIB

Pemkab Asahan Terima Penghargaan Kabupaten Peduli HAM Provsu

19 December 2023 - 07:53 WIB

Bupati Asahan Lepas Gerak Jalan Santai Dalam Rangka Hari Guru Nasional Dan HUT ke-78 PGRI

19 December 2023 - 07:50 WIB

Trending di Asahan