Menu

Mode Gelap
Sidang Terbuka Senat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Samratulangi Acara Purnabakti Guru Besar Prof Bernhard Tewal Walikota Tomohon Caroll Senduk Didampingi Sekot Edwin Roring Hadiri Dialog Publik “Masyarakat Bertanya Walikota Menjawab” Pelestarian Laut Dukung Peningkatan Pariwisata, Suzuki Indonesia Adakan Bersih-Bersih Pantai Bunaken Dengan Ratusan Pelajar Wagub Steven Kandouw Lantik Wounde Sebagai Penjabat Bupati Sangihe Breaking News Tamuntuan Pergi, Wounde Datang

NTT · 7 Mar 2024 18:42 WIB ·

Pj Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu Mengikuti Rapat Terpadu Kementerian Kelautan dan Perikanan


 Pj Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu Mengikuti Rapat Terpadu Kementerian Kelautan dan Perikanan Perbesar

Jogyakarta,Sulutnews.com—Penjabat Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu mengikuti Rapat Kerja Terpadu digelar dalam rangka meningkatkan koordinasi, sinkronisasi dan pengendalian program prioritas bidang kelautan dan perikanan bersama Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah serta meningkatkan pemahaman stakeholder kelautan dan perikanan terhadap kebijakan Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Raker diikuti jajaran Kementerian KKP, Kepala Unit Teknis Lingkup Kementerian KKP, Pemerintah Daerah, Akademisi dan Praktisi Kelautan dan Perikanan, Mitra Kelautan dan Perikanan serta Lembaga Swadaya Masyarakat dan Pelaku Usaha bidang Kelautan dan Perikanan.

Salah satu agenda penting dalam Rapat Kerja Terpadu ini yakni Penandatanganan Komitmen Lokasi Modeling Budidaya Rumput Laut. Kabupaten Rote Ndao dan Maluku Tenggara ditetapkan sebagai Lokasi Modeling Budidaya Rumput Laut Tahun 2024. Selain itu ada pula Penandatanganan Memorandum of Understunding (MoU) Kerja Sama Bisnis Perikanan Tangkap Antar Stakeholder dan Komitmen Pengalihan Alat Tangkap (Tidak Ramah Lingkungan ke Ramah Lingkungan).

Penandatanganan Komitmen Lokasi Modeling Budidaya Rumput Laut di Kabupaten Rote Ndao dilakukan oleh Penjabat Bupati Oder Maks Sombu, SH,MA,MH disaksikan peserta Rapat Kerja Terpadu baik yang hadir secara daring dan luring.

 

“ Penandatangan Komitmen Lokasi Modeling Rumput Laut  di Kabupaten Rote Ndao dan Maluku Tenggara. Kami mengundang Penjabat Bupati Maluku Tenggara dan Penjabat Bupati Rote Ndao,” sebut Master of Ceremony Raker Terpau Kementerian KKP.

Caption :
Penjabat Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH (kemeja putih) menunjukan Naskah Komitmen Lokasi Modeling Budidaya Rumput Laut Tahun 2024 di Kabupaten Rote Ndao usai ditandatangani dalam Rapat Kerja Terpadu lingkup Kementerian Kelautan dan Perikanan Tahun 2024, rabu (06/03/2024) di hotel Tentrem, Yogyakarta.

Penjabat Bupati Oder Maks Sombu dengan mengenakan kemeja putih berjalan menuju podium dan melakukan penandatangan Komitmen Lokasi Modeling Budidaya Rumput Laut  di Kabupaten Rote Ndao. Pada tahun 2023 Kementerian KKP melaksanakan Modeling Budidaya Rumput Laut di Kabupaten Wakatobi. Dan pada 2024 ini Kementerian KKP akan melakukan Modeling Budidaya Rumput Laut di Kabupaten Rote Ndao dan Maluku Tenggara.

Berkaitan dengan ini, beberapa tahun belakangan Kementerian KKP terus menggenjot implementasi Kebijakan Ekonomi Biru. Melalui 5 program utama yakni memperluas Kawasan konservasi laut, penangkapan ikan secara terukur berbasis kuota, pengembangan perikanan budiaya di laut, pesisir dan darat yang berkelanjutan, pengawasan dan pengendalian wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil serta pembersihan sampah plastik dilaut melalu gerakan partisipasi nelayan.

“ Kedepan kita sudah punya 5 program yang akan dibuat Road Mapnya. Karena wilayah kita kepulauan maka cara berpikirnya lautan itu harus menjadi halaman depan kita. Tantangan kita adalah kita tinggal di kepulauan dengan luasan pantai 108 ribu kilometer, sangat luas dan panjang di dunia dan potensi laut kita juga sangat besar. Harus dijaga dengan baik supaya laut Indonesia tetap sehat, berproduksi dengan baik maka harus diatur dengan baik,” ucap Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono.

Melalui 5 program prioritas berbasis Ekonomi Biru yang dilaksanakan Kementerian KKP tersebut punya multiplayer efek terhadap kelestarian ekosistem laut, ketersediaan produksi yang berkelanjutan dan berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat.

Reporter : Dance Henukh

Artikel ini telah dibaca 1,091 kali

Baca Lainnya

Keneng Nurung Haji Gani Ketua Partai Gelora Kabupaten Rote Ndao : SK Partai Gelora Untuk Kabupaten Rote Ndao Belum Dikeluarkan Oleh DPP

19 July 2024 - 10:42 WIB

Di Rote Ndao Viral di Media Sosial : ASN Diduga Tekan Aparat Desa Untuk Pilih Paket Tertentu

18 July 2024 - 09:49 WIB

BPKP NTT Berkomitmen Ungkap Kasus Tipikor di Rote Ndao

4 July 2024 - 10:27 WIB

9 Tahun Berbakti Dan Melayani Masyarakat NTT Jane Natalia Suryanto NTT Adalah Tempat untuk Dirinya Melayani

2 July 2024 - 16:37 WIB

Bungkam BPKP Provinsi NTT Untuk Kerugian Negara Kasus COVID-19 di Rote Ndao

28 June 2024 - 19:08 WIB

Youth Rote Movement: Aksi Bersih Sumber Air Oemau dan Lelain sebagai Bentuk Cinta Rote Ndao

28 June 2024 - 16:33 WIB

Trending di NTT