Menu

Mode Gelap
Puncak Peringatan HPN 2024 Gubernur Sulut Olly Dondokambey Terima Penghargaan Pena Emas, Disaksikan Presiden Jokowi Tamuntuan Sukses Wujudkan Ekspor Ikan Perdana ke Filipina Walikota Caroll Senduk Inspektur Upacara Peringatan HUT Ke-21 Kota Tomohon Tamuntuan Bawa Bantuan Bencana Ke Kampung Laine HCB Tunaikan Janjinya, 28 Desember 2023, Kick-off UKW PWI Bantuan BUMN Dimulai di Aceh, NTT dan Sulut

Boltim · 17 Jan 2023 22:11 WIB ·

Pemkab Boltim Akan Melaksanakan Sarpras Tingkat TK, SD, SMP Dan SKB Di Tahun 2023


 Foto : Kadis Dikbud Boltim Yusri Damopolii Perbesar

Foto : Kadis Dikbud Boltim Yusri Damopolii

Boltim, Sulutnews.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) akan melaksanakan pembangunan Sarana dan Prasarana (Sarpras) tingkat Taman Kanak – kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) di tahun 2023.

Hal tersebut, disampaikan oleh Kepala Dinas (Kadis) Dikbud Boltim Yusri Damopolii Senin 16 Januari 2023. Ia mengatakan, berdasarkan usulan Sekolah melalui Data Pokok Pendidik (Dapodik) yang disampaikan kepada Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), sekitar Rp 7,3 miliar Dana Alokasi Khusus (DAK) telah diperoleh Pemkab Boltim untuk pembangunan ruang kelas baru maupun rehabilitasi ruang kelas.

“Tahun ini Pemkab Boltim telah memperoleh dana segar senilai Rp 7,3 miliar melalui DAK tahun 2023. Dana itu diberikan pihak Kemendikbud Ristek untuk pembangunan Sarpras diberbagai Sekolah di Kabupaten Boltim,”Jelas Yusri.

Lanjut dia, sebagaimana yang telah disampaikan kepada semua Sekolah, perolehan DAK dari Kementerian tentunya disesuaikan dengan penginputan Dapodik. Karena berbagai perencanaan Sekolah baik untuk bangun baru maupun rehabilitasi ruang kelas, akan ditentukan oleh pihak Kementerian lewat usulan Dapodik.

“Jadi untuk perolehan DAK akan diputuskan oleh Kementerian berdasarkan usulan Dapodik dari semua Sekolah. Pada prinsipnya, Kementerian akan mengakomodir sesuai dengan kebutuhan dari Sekolah mulai dari jumlah siswa, jumlah ruang kelas, maupun kelengkapan Sarpras lainnya,”Terangnya.

Ia juga menambahkan, terkait dengan awal pembangunan Sarpras telah direncanakan akan dimulai pada bulan April mendatang.

“Insya Allah proses pembangunan akan dilaksanakan mulai bulan April. Itu untuk semua Sekolah yang mendapatkan DAK di tahun 2023. Anggaran DAK akan ditransfer langsung pihak Kementerian ke kas Daerah,”Tutup Yusri.

Diketahui, untuk jumlah Sekolah yang mendapatkan DAK terdiri dari TK Negeri Lestasi Desa Liberia Timur, dan TK Kristen Bangunan Wuwuk, SKB Turunan, SKB Modayag, SDN 1 Buyat, SDN 1 Liberia, dan SMP Satap Tobongon. (*/Ayax)

Artikel ini telah dibaca 510 kali

Baca Lainnya

Bermasalah!! 4 TPS di Sulut Kembali Lakukan PSU

21 February 2024 - 08:20 WIB

Dituding Bermasalah, ini Penjelasan KPU Terkait Sirekap

20 February 2024 - 17:41 WIB

Gantikan Rasky, Fabian Kaloh Pimpin Komisi I DPRD Sulut

20 February 2024 - 17:08 WIB

Bank SulutGo Cabang Tutuyan Mempermudah KUR Buat UMKM Dengan Bunga 0,5 Persen

19 February 2024 - 18:44 WIB

Ronald Sampel : Terima Kasih Masyarakat Nusa Utara Yang Telah Mendukung Partai Demokrat di Pemilu 2024

19 February 2024 - 16:57 WIB

Dianggap Bertanggungjawab Atas Dugaan Kecurangan Pemilu,Koalisi Masyarakat Sulut Pro Demokrasi,Tuntut Presiden Jokowi Turun Tahkta,

19 February 2024 - 12:09 WIB

Trending di Manado