Menu

Mode Gelap
Walikota Tomohon Caroll Senduk Didampingi Sekot Edwin Roring Hadiri Dialog Publik “Masyarakat Bertanya Walikota Menjawab” Pelestarian Laut Dukung Peningkatan Pariwisata, Suzuki Indonesia Adakan Bersih-Bersih Pantai Bunaken Dengan Ratusan Pelajar Wagub Steven Kandouw Lantik Wounde Sebagai Penjabat Bupati Sangihe Breaking News Tamuntuan Pergi, Wounde Datang Kecamatan Tatoareng Kepulauan Sangihe Terancam Jatuh Miskin

Bolmut · 22 May 2024 21:11 WIB ·

Pemkab Bolmut Ziarah Ke Makam Tokoh Masyarakat Adat Bolangitang Abdul Latif Pahu


 Pemkab Bolmut Ziarah Ke  Makam Tokoh Masyarakat Adat Bolangitang Abdul Latif Pahu Perbesar

Bolmut, Sulutnews.com – Rangkaian kegiatan memperingati Hari Ulang Tahun Ke-17 Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmong Utara) tanggal 23 Mei Tahun 2024, diantaranya adalah ziarah ke makam para tokoh Presidium Pemekaran.

Ziarah ke makam tokoh masyarakat adat Kecamatan Bolangitang bersatu Abdul Latif Pahu dipimpin oleh Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Politik dan Hukum  Santoro, S.Pd., Makam ini berada di Desa Ollot Induk Kecamatan Bolangitang Barat. Rabu (22/05/2024).

Tokoh masyarakat adat presidium pemekaran almarhum Abdul Latif Pahu, adalah anak ke 7 dari 10 bersaudara, atau lebih dikenal dengan panggilan pengganti anak sulung perempuannya Papa Tini

Abdul Latif Pahu sebagai seorang mantan Sangadi Sonuo dari tahun 1979 – 1985, beristeri alamarhumah Pesma Goma, memiliki 4 anak perempuan.

Aktifitas sebelumnya adalah pengurus koperasi desa, serta berdagang lintas pulau dan dikenal sebagai petani yang ulet, telah membuka lahan perkebunan Ilohu di Desa Ollot Kecamatan Bolangitang Barat.

Sebagai pemangku adat, beliau dikenal sebagai pembicara adat menyambut para tamu penting dari luar daerah ketika, termasuk tim otda dari Kemendagri.

Dalam catatan ditinggalkan almarhum dari berbagai kunjungan lembaga serta pihak-pihak yang berkewenangan untuk memutuskan pemekaran daerah terjadi silih berganti.

Pertama, pada tanggal 16 Juli 2004, Komisi II DPR RI melakukan kunjungan kerja wilayah calon mekaran, Kabupaten Bolmong Utara. Kunjungan serupa juga dilakukan oleh Dewan Pertimbangan Otonomi Daerah (DPOD) pada tanggal 20 Oktober 2004.

Kunjungan-kunjungan ini jelas merupakan langkah dalam standar prosedur menuju pemekaran sebagaimana diatur PP 129/2000. Setelah dua kunjungan itu, satu tahun sesudahnya, pemekaran belum juga terwujud.

Presidium akhirnya memutuskan melakukan serangkaian lobi dan tekanan ke pihak DPR, DDP dan Depdagri, yaitu pada tanggal 15 Mei 2005.

Tujuannya semata untuk mendorong agar proses pemekaran dapat berjalan pasti dan lebih cepat. Sebagai responnya, 15 November 2005. Panitia Ad Hoc I DPD RI melakukan kunjungan kerja di wilayah Bolmong Utara.

Kemudian pada 12 Juli 2006. Komisi II DPR RI juga melakukan kunjungan kerja kedua. Lantas diikuti pihak DPOD pada 24 Juli 2006.

Seiring dengan disyahkan undang-undang pembentukan Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, maka pada tanggal 23 Mei 2007, Menteri Dalam Negeri a.d Interim WIDODO AS, melantik Penjabat Bupati Bolaang Mongondow Utara Drs. HR Makagansa sebagai Penjabat Bupati, maka sejak saat itulah roda pemerintahan mulai dijalankan sebagai sebuah daerah otonom baru.

Pada akhir ziarah, Staf Ahli Bupati Santoro menyerahkan bingkisan kepada kakak tertua dari almarhum Ny. Kartini Pahu sebagai bentuk ucapan terima kasih telah menerima para penziarah dari Pemkab Bolmut.

Turut hadir dalam ziarah ini : Kadis Sosial Dra. Moylom Pontoh, Kepala Bappelitbang Aroman Talibo, S.PT, Kadis Infokom dan Persandian Daerah Aang Wardiman, Kadis Perhubungan Sri Wahyuni Pontoh, S.IP, Kadis PMD La Ode Osnawir, Kadis Kearsipan dan Perpustakaan Amna Diana, SE, M.Si, Kadis Kelautan dan Perikanan Irawati Ratusmanga, S.Pi, Sekretaris PUPR Normala Goma, ST, M.Pd.Canat Bolangitang Barat Kamil Pontoh, S.Sos, Sekcam Bolang Itang Muhammad Yunus, SPd, MM, Usman Djarumia, S.Pd Kepala Bidang (Kabid) Sarana dan Komunikasi (Sarkom) Diskominfo Bolmut.

Redaksi : Gandhi Goma (GG).

Artikel ini telah dibaca 408 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

PSDKP Tangkap Kapal Ikan Ilegal Berbendera Filipina

23 June 2024 - 01:01 WIB

Empat Ranperda Diparipurnakan Dengan DPRD Bolmong Utara

21 June 2024 - 19:29 WIB

Sembilan Asas Hukum Acara Pidana dalam KUHAP

21 June 2024 - 09:30 WIB

Kejari Bolmong Utara Mengembalikan Berkas Perkara Pidana Politik Karena Daluarsa

20 June 2024 - 18:16 WIB

Puncak Haji, Hari Kedua di Mina, Jemaah Lontar Jumrah Ula, Wustha, dan Aqabah

17 June 2024 - 19:39 WIB

KPU Bolmut Rakoor Persiapan Perekrutan Pantarlih

15 June 2024 - 23:21 WIB

Trending di Bolmut