Menu

Mode Gelap
Penjabat Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu Bagikan Telur Susu Bicuit Di Desa Kolobolon Presiden Jokowi Didampingi Gubernur Sulut Olly Dondokambey Resmikan Bendungan Lolak di Kabupaten Bolmong Puncak Peringatan HPN 2024 Gubernur Sulut Olly Dondokambey Terima Penghargaan Pena Emas, Disaksikan Presiden Jokowi Tamuntuan Sukses Wujudkan Ekspor Ikan Perdana ke Filipina Walikota Caroll Senduk Inspektur Upacara Peringatan HUT Ke-21 Kota Tomohon

Minsel · 3 Feb 2023 23:15 WIB ·

Pembangunan Rumah Bagi Korban Abrasi Pantai Amurang Mulai Dikerjakan, Lahope : Ini Bentuk Perhatian OD-SK


 Pembangunan Rumah Bagi Korban Abrasi Pantai Amurang Mulai Dikerjakan, Lahope : Ini Bentuk Perhatian OD-SK Perbesar

AMURANG, Sulutnews.com – Janji pemerintah pusat lewat kementrian PUPR yang akan menyediakan perumahan bagi warga korban bencana abrasi pantai Amurang, mulai direalisasikan, ini terbukti setelah pada Jumat (3/2/2023) dilakukan peletakan batu pertama dimulainya pembangunan hunian tetap rumah khusus bagi korban bencana abrasi pamtai Amurang . Giat yang dilaksanakan langsung dilokasi relokasi di kelurahan Rumoong Kecamatan Amurang Barat tersebut diawali dengan laporan Kepala Balai Penyedia Perumahan Kementrian PUPR Wilayah Sulawesi Satu Ir Recky Lahope ST, MT yang mengatakan penanganan dilakukan secara kolaborasi keterpaduan program oleh tiga direktorat jendral yakni Dirjen SDA, Dirjen Cipta Karya dan Dirjen Perumahan.

” Pembangunan hunian tetap rumah khusus bagi korban bencana Abrasi Pantai Amurang adalah bentuk perhatian khusus dari Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw kepada masyarakat yang menjadi korban bencana,” kata lahope.

Dalam perencanaan pembangunan tidak hanya disiapkan Rumah Layak huni, tetapi juga akan disediakan berbagai fasilitas, seperri ruang terbuka hijau, sarana Air Bersih, Balai Pertemuan, penanganan sampah dan balai kesehatan bagi masyarakat penghuni perumahan.” Perintah tidak hanya menjamin ketersediaan perumahan layak hini, tetapi juga disiapkan fasilitas penunjang ,” jelas Lahope.

Lahope juga menjelaskan, mengingat masa kerja hanya sampai bulan Juni 2023 ini sudah selesai, maka untuk konstruksi bangunan rumah, akan menerapkan teknologi pola panel RISA (Rumah Instan Sehat Aman) yang juga diberlakukan secara nasional bagi penanggulangan rumah korban bencana secara cepat.”Untuk bahan bangunan tinggal dipasang sehingga pengerjaannya tidak memakan waktu yang lama,” ungkap Lahope.

Sementara itu terkait adanya realisasi pembangunan rumah bagi waega relokasi bencana abrasi pantai Amurang. Bupati Minsel Frangky Dony Wongkar, SH menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada pemerintah Pusat melalui Kementeian PUPR dan semua pihak yang terlibat atas realisasi pembangunan rumah tempat tinggal bagi korban bencana.” Meski sempat teekendala status tanah, tetapi puji Tuhan semua bisa berjalan, sehingga rumah yang akan dibangun sangat layak dan sangat bagus untuk ditinggali oleh masyarakat,” kata Wongkar.

Terkait pembangunan rumah khusus hunian tetap bagi korban bencana, juga dirangkaikan dengan penanaman pohon untuk persiapan ruang terbuka hijau. Dan untuk total keseluruhan berjumlah 141 Unit, tetapi untuk tahap pertama baru akan dibangun 81 unit.(josh tinungki)

 

Artikel ini telah dibaca 547 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Bupati Minahasa Selatan Franky Wongkar Hadiri Kegiatan Wisuda Sekolah Lansia Smart Pakalowiren

19 April 2024 - 21:26 WIB

Bupati Franky Wongkar Buka Musrenbang RPJPD Kabupaten Minahasa Selatan Tahun 2025-2045

17 April 2024 - 22:40 WIB

Merasa Ditinggalkan Parpol Koalisi, HBL : Saya dan Papa Memiliki Keterpanggikan Berjuang For Rakyat Sulut

16 April 2024 - 22:24 WIB

Pimpin Apel Perdana Bupati Franky Wongkar Ingatkan ASN Minsel Jaga Integritas, Loyalitas dan Disiplin

16 April 2024 - 22:08 WIB

Peduli Bencana Alam Kota Bitung, PKB GMIM Rayon Manado Salurkan Bantuan

12 April 2024 - 21:19 WIB

Hari Kedua Lebaran 2024, Malonds, Mewoh dan Linu Hadiri Open House Kediaman Zulkifli Densi

12 April 2024 - 05:51 WIB

Trending di Sulut