Menu

Mode Gelap
Presiden Jokowi Didampingi Gubernur Sulut Olly Dondokambey Resmikan Bendungan Lolak di Kabupaten Bolmong Puncak Peringatan HPN 2024 Gubernur Sulut Olly Dondokambey Terima Penghargaan Pena Emas, Disaksikan Presiden Jokowi Tamuntuan Sukses Wujudkan Ekspor Ikan Perdana ke Filipina Walikota Caroll Senduk Inspektur Upacara Peringatan HUT Ke-21 Kota Tomohon Tamuntuan Bawa Bantuan Bencana Ke Kampung Laine

Manado · 13 Feb 2023 03:21 WIB ·

Gubernur Sulut Olly Dondokambey Mengapresiasi GPPMP Sulut Gelar Seminar ” Kota Manado Kota Pejuang”


 Gubernur Sulut Olly Dondokambey Mengapresiasi GPPMP Sulut Gelar Seminar ” Kota Manado Kota Pejuang” Perbesar

Manado, Sulutnews.com – Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE (OD) mengapresiasi Generasi Penerus Perjuangan Merah Putih ( GPPMP) Sulut yang mengelar Seminar tetang ” Kota Manado Kota Pejuang”.

Hal tersebut dikatakan Gubernur OD yang menjadi pembicara utama dalam Seminar Kota Manado Kota Pejuang di Aula Mapalus Kantor Gubernut Sulut Senin (13/2) . Hadir Forkopinda Sulut, Bupati dan Walikota, Pejabat Eselon II dan III, pejuang dan pelaku sejarah, akademisi, ratusan siswa. Seminar menghadirkan sejumlah pembicara seperti Dr Anwar Gonggong Ahli Sejarah dari Universitas Indonesia ( lewat firtual) kemudian pakar lainnya Dr Mathindas dan Max Wilar.

Seminar sehari yang dilaksanakan oleh GPPMP Sulut sehubungan dengan Selasa 14 Februari 2023 memperingati peristiwa Merah Putih pada 14 Februari 1946 di Kota Manado.Acara diawali ucapan selamat datang oleh Sekprov Sulut Steve Kepel ST MSi.Seminar ditandai dengan pemberian piagam kepada Gubernur OD oleh Ferry Rende Ketua GPPMP Sulut . Moderator Pdt Renata Ticonuwu STh.

Menurut Gubernur peristiwa 14 Februari 1946 lalu itu perlu diketahui oleh generasi muda saat ini. Karena itu seminar saat ini penting untuk dibahas kembali sejarah peristiwa 14 Februari 1946 lewat pakar pakar sejarah.” Saya mengapresiasi dan mendukung kegiatan ini. Apalagi akan ada rekomendasi menjadikan Kota Manado Kota Pejuang” kata Gubernur.

Sementara itu Dr Anwar Gongong mengatakan dukung rencana GPPMP menjadikan Kota Manado Kota Pejuang itu bagus. Tapi terserah bisa Kota Perjuangan atau Kota Pejuang. Anwar menilai peristiwa 14 Februari 1946 itu sangat penting untuk diketahui oleh generasi mudah saat ini tetang perjuangan masyarakat Manado waktu itu untuk melawan penjajah.

Anwar berharap bila nantinya GPPMP akan berjung ke – Pemerintah Pusat menjadikan Kota Manado Kota Pejuang atau Kota Perjuangan maka harus disiapkan dengan baik dan dukungan DPRD Sulut penting.

Sedangkan Ferry Rende Ketua GPPMP Sulut Ferry Rende mengatakan, tujuan seminar ini untuk kita mengenang kembali peristiwa merah putih 14 Februari 1946 yang terjadi di Kota Manado.” Jadi tepat satu hari menjelang 14 Februari 2023 kita buat seminar Kota Manado Kota Pejuang” kata Rende.

Seminar ini juga untuk menghasilkan sebuah rekomendasi agar Kota Manado menjadi Kota Pejuang .” Kita akan perjuangankan bisa terealisasi” kata Renden yang juga seorang jurnalis senior. (Fanny)

Artikel ini telah dibaca 3,192 kali

Baca Lainnya

Kunjungi Sulawesi Utara, Komisi III DPR RI Apresiasi Pemilu Berjalan Aman, Damai dan Lancar

28 February 2024 - 23:51 WIB

Bersinergi Mengatasi Inflasi, Bagian Ekonomi Pemkot Manado Bersama Bank Indonesia Gelar Rakor TPID Dan TP2D

28 February 2024 - 22:35 WIB

Sandra Moniaga : Proses PAW Tjanggulung dan Rotinsulu Sudah di Kemendagri

28 February 2024 - 18:00 WIB

Raih Suara Terbanyak di Dapil Minut-Bitung, Hendry Walukow Amankan Jatah Satu Kursi Partai Demokrat Untuk DPRD Sulut

28 February 2024 - 02:54 WIB

Kementerian Keuangan Anugerahi Pemkab Minahasa Dua Penghargaan Penyaluran TKD dan DAK Fisik Tahun 2023

27 February 2024 - 22:16 WIB

Bacirita APBN : Kinerja APBN 2024 Tetap Kuat dan Adaptif Mengantisipasi Risiko

27 February 2024 - 22:15 WIB

Trending di Bisnis