Menu

Mode Gelap
Breaking News Tamuntuan Pergi, Wounde Datang Kecamatan Tatoareng Kepulauan Sangihe Terancam Jatuh Miskin Penjabat Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu Bagikan Telur Susu Bicuit Di Desa Kolobolon Presiden Jokowi Didampingi Gubernur Sulut Olly Dondokambey Resmikan Bendungan Lolak di Kabupaten Bolmong Puncak Peringatan HPN 2024 Gubernur Sulut Olly Dondokambey Terima Penghargaan Pena Emas, Disaksikan Presiden Jokowi

Boltim · 4 Jan 2023 23:30 WIB ·

Distan Boltim Dan BI Lakukan Pengecekan Pengembangan Kopi Robusta


 Foto : Tampak Distan dan BI saat melakukan pengecekan di lokasi lahan kopi. Perbesar

Foto : Tampak Distan dan BI saat melakukan pengecekan di lokasi lahan kopi.

Boltim, Sulutnews.com – Kerja sama dengan tim konsultan Bank Indonesia (BI), Dinas Pertanian (Distan), Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), lakukan pengecekan dan pengembangan lahan kopi robusta di kawasan lereng gunung Ambang.

Kepada awak media Rabu 04 Januari 2023, Kepala Dinas (Kadis) Pertanian Boltim Mat Sunardi mengatakan, pada kesempatan itu pihak BI mengajak dan melihat hasil pengembangan kopi yang sudah memberikan hasil dan potensi produksi selanjutnya tim juga ingin melihat proses hilirnya.

“Adapun sasaran kunjungan ini, BI ingin mendalami dan mencari Petani unggulan oleh Bank Indonesia  yang akan dilakukan pendampingan selama setahun bagi Petani, pelaku usaha dan hasil penilaian nanti memenuhi syarat yang ditetapkan oleh asesor BI,”Jelas Kadis.

Lanjut dia, petani Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang lolos seleksi baik dalam upaya kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) agar ke depan lebih meningkatkan usahanya.

“Bagi petani, poktan, UKM yang lolos seleksi dilakukan selama 1 tahun baik pendampingan dalam upaya peningkatan kapasitas SDM, teknis dan keterampilan guna meningkatkan usahanya ke depan,”Terangnya.

Dia juga menambahkan, BI ingin merubah pola pikir petani untuk mendapatkan bantuan dan mengedepankan aspek yang mandiri.

“Jadi pihak BI ingin merubah mine side pola pikir petani yang selama ini ingin mendapatkan bantuan sarana prasarana,  namun BI mengedepankan pada aspek membangun jiwa wiraswasta yang  mandiri,”Kuncinya (*)

Artikel ini telah dibaca 1,004 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Tim Resmob Polres Boltim, Berhasil Mengamankan Tersangka Kasus Pembunuhan

28 May 2024 - 18:37 WIB

Satuan Reskrim Polres Boltim Berhasil Selesaikan Kasus Pengaiayaan Secara RJ

28 May 2024 - 18:07 WIB

HPN 2025, PWI PROVINSI RIAU TUAN RUMAH

23 May 2024 - 23:00 WIB

Bupati SSM Sukses Mengawal Usulan Pembangunan Pelabuhan Kotabunan

22 May 2024 - 22:21 WIB

RASA Di Gadang – Gadang Bakal Mendampingi SSM Di Pilkada Boltim 2024

20 May 2024 - 21:02 WIB

PWI Sulut Gandeng Institut Agama Kristen Negeri Manado

18 May 2024 - 02:00 WIB

Trending di Manado