Menu

Mode Gelap
Penjabat Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu Bagikan Telur Susu Bicuit Di Desa Kolobolon Presiden Jokowi Didampingi Gubernur Sulut Olly Dondokambey Resmikan Bendungan Lolak di Kabupaten Bolmong Puncak Peringatan HPN 2024 Gubernur Sulut Olly Dondokambey Terima Penghargaan Pena Emas, Disaksikan Presiden Jokowi Tamuntuan Sukses Wujudkan Ekspor Ikan Perdana ke Filipina Walikota Caroll Senduk Inspektur Upacara Peringatan HUT Ke-21 Kota Tomohon

Advetorial · 11 Feb 2023 08:28 WIB ·

Bupati Sam Sachrul Mamonto Di Anugerahi Gelar Adat Tule Molantud


 Bupati Sam Sachrul Mamonto Di Anugerahi Gelar Adat Tule Molantud Perbesar

Boltim, Sulutnews.com – Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sam Sachrul Mamonto. S. Sos. MSi, dianugerahi gelar adat Kolano ki Sinungkudan TULE MOLANTUD oleh Dewan Adat se-Bolaang Mongondow Raya (BMR).

 

Penganugerahan tersebut, diberikan oleh empat eks Swapraja Mongondow, Bolango, Kaidipang dan Bintauna melalui Dewan Adat, Longki Mokoginta. SE, Gobel, J. Buhang. S.Pd. MSi, Sadli Datunsolang, bertempat di Rumah Dinas (Rudis) Bupati Boltim Desa Tutuyan Kecamatan Tutuyan, Jumat 10 Februari 2023.

Foto:Tampak penyerahan piagam adat.

Saa penyerahan gelar, SE Gobel mengatakan, penyematan gelar adat pada Bupati Boltim sesuai keputusan bersama Dewan Adat se-Bolaang Mongondow Raya nomor surat 001/dewan adat/Mongondow/Bolango/Kaidipang/Bintauna/II/2023.

“Tentang pemberian gelar adat, Bupati Boltim, Ki Kolano Ki Sinungkulan TULE MOLANTUD Inta Mokotariangkum atau yang diketahui yang serba bisa,”Kata Gobel saat membacakan surat keputusan.


Foto:Tampak Bupati Boltim saat menyampaikan sambutan.

Selanjutnya, pemerhati Budaya dan Adat BMR Sumitro Tegella mengatakan, Mokotariangkum arti serba bisa, memiliki makna mengayomi, merangkul, juga panutan. Gelar ini cocok kepada Bupati Boltim karena beliau adalah sosok yang serba bisa disemua hal, apalagi dalam rekam jejak kepemimpinan yang telah berhasil beliau pimpin.

“Sam Sachrul sebelumya menjadi Jurnalis, pernah menjabat Ketua KPU se-Bolmong, pernah menjadi Ketua DPRD Boltim, kemudian menjadi Bupati saat ini di Kabupaten Boltim,”Jelasnya.

Pada kesempatan itu, Bupati dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Dewan Adat empat eks Swapraja yang ada di bumi Totabuan yakni Mongondow, Kaidipang, Bintauna dan Bolango atas pemberian gelar Adat ini.

Foto:Bupati Sam Sachrul didampingi Istri tercinta saat duduk dikursi adat.

“Waktu memegang tongkat tadi Saya berdoa, semoga Saya bisa dipantaskan oleh Allah SWT dalam memangku gelar yang telah diberikan ini. Gelar yang tentu bukan hanya sekedar ceremoni tapi menyangkut arti yang sangat mendalam. Apabila seseorang mendapatkan gelar kemudian dia tidak mampu melaksanakan sesuai dengan gelar tersebut, maka akan sia – sia pemberian gelar yang diberikan kepadanya. Insya Allah. Allah SWT memampukan Saya sebagai umatnya yang paling rendah untuk bisa mengemban gelar yang diberikan kepada Saya, demi Masyarakat saya,”Tutup Bupati Boltim.

Turut hadir pada acara tersebut, Walikota Kota Kotamobagu (KK) Ir. Tatong Bara, Ketua TP-PKK Boltim Ny. Seska Ervina Budiman, Kapolres Boltim, Dandim 1303 Bolmong, Ketua DPRD Boltim bersama anggota, Kejaksaan Negeri, Tokoh adat Se-BMR, Tokoh Agama, Sekda, Asisten, Staf khusus dan staf Ahli Bupati, Kepala OPD Para Sangadi, masyarakat dan tamu undangan. (Advetorial)

Artikel ini telah dibaca 755 kali

Baca Lainnya

Pj Bupati Ir Limi Mokodompit, MM Melantik Pejabat Struktural Dan Pejabat Funsional Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bolmong.

19 April 2024 - 21:15 WIB

Pemkab Boltim Gelar Apel Kerja Usai Libur Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah

17 April 2024 - 22:48 WIB

Bupati Sam Sachrul Sholat Ied Berjamaah Di Masjid Al-Hayatul Islam

10 April 2024 - 22:12 WIB

Pemdes Desa Paret Induk Menyerahkan BLT Kepada 36 Warga

9 April 2024 - 12:43 WIB

DMI Kabupaten Boltim Gandeng PT. ASA Gelar Bukber

6 April 2024 - 23:31 WIB

Kabag Ops Polres Boltim, Berikan Arahan Kepada Pejabat Dan Petugas Ketupat Samrat 2024

4 April 2024 - 22:19 WIB

Trending di Boltim