Menu

Mode Gelap
Presiden Jokowi Didampingi Gubernur Sulut Olly Dondokambey Resmikan Bendungan Lolak di Kabupaten Bolmong Puncak Peringatan HPN 2024 Gubernur Sulut Olly Dondokambey Terima Penghargaan Pena Emas, Disaksikan Presiden Jokowi Tamuntuan Sukses Wujudkan Ekspor Ikan Perdana ke Filipina Walikota Caroll Senduk Inspektur Upacara Peringatan HUT Ke-21 Kota Tomohon Tamuntuan Bawa Bantuan Bencana Ke Kampung Laine

NTT · 30 Jan 2023 11:50 WIB ·

Bupati Rote Ndao Hadiri Natal Atoin Meto


 Bupati Rote Ndao Hadiri Natal Atoin Meto Perbesar

NTT Rote Ndao,Sulutnews.com — Bupati Rote Ndao,Paulina Haning Bullu,SE, Sabtu (28/1/2023) bersama Forkompimda dan para Kepala OPD Pemkab Rote Ndao menghadiri Syukuran Natal 2022 dan Tahun Baru 2024 dan HUT Peguyuban Atoin Meto ke-5 yang berlangsung diaula UNSTAR Rote Ndao.

Pantauan media ini,Bupati Perempuan pertama NTT ini tiba disambut secara adat, natoni dan pengalungan selempang oleh ketua Penguyuban Atoin Meto Rote Ndao,Daniel Babu dan bupati di daulat untuk memotong tumpen HUT ke-5 Peguyuban Atoin meto
Setelah itu, Bupati mengikuti ibadah syukuran bernuansa budaya timor dengan bahasa dawan dipimpin oleh Pdt. Melki Lopo,S.Th.

Sesuai Thema GKI Tahun 2022, “,,,maka pulanglah mereka ke negerinya melalui jalan lain” (Matius 2:12).

Dalam khotbahnya Pdt Lopo menyampaikan bahwa Peringatan kepada orang Majus untuk pulang melalui jalan lain menunjukkan , Pertama, Ada terang untuk mereka ada terang untuk semua bangsa. Ada terang untuk untuk orang Rote, ada terang untuk orang Timor, dan lain-lain. Terang itu menuntun kita untuk berjalan dalam kehendak Tuhan yang membawa kepada keselamatan kekal.
Kedua,Menunjukkan ada kelepasan dari bahaya dan maut, Tuhan mau memakai kita orang Timor di tanah Rote untuk bersama-sama berjuang terlepas dari bahaya dan maut. Baik itu bahaya resesi ekonomi yang dimana prediksi para ahli bahwa tahun 2023 adalah tahun gelap, terlepas dari bahaya stunting, terlepas dari bahaya kekerasan terhadap perempuan dan anak, terlepas dari stigma yang keliru. Contohnya kalau ada satu orang Timor yang lambat bergerak maka cenderung orang akan berkata dasar orang Timor “noka sine, noka sine”.

Padahal tidak semua orang Timor seperti itu. Ada stigma kalau saudara ketemu ular dan orang Rote di hutan maka ada yang berkata sebaiknya kasi mati orang Rote karena otak Rote lebih licik dari ular. Ini stigma yang salah. Kalau saudara siang-siang lihat ada satu bapak koko ayam maka itu orang Sabu. Ini juga stigma yang salah.

Karena itu Kristus lahir untuk mengubah pandangan kita yang dapat mendiskriminasi suku tertentu. Kita diingatkan bahwa semua kita adalah saudara di dalam Tuhan.
Ketiga, menunjukkan ada penyataan yang lengkap, bukan hanya melalui ilmu pengetahuan mereka dapat berjumpa dengan Tuhan Yesus, tetapi juga melalui penyelidihan nubuat dalam Hukum Taurat dan pernyataan spiritual.

Dari sini kita belajar bahwa peringatan Tuhan kepada para Majus untuk pulang melalui jalan yang lain yakni bahwa kita harus mengenal Tuhan bukan hanya dari satu jalan melainkan dari jalan yang lain yakni jalan ilmu pengetahuan, dari teologi, dari firman Tuhan dan dari perjumpaan pribadi dengan Tuhan.
Kita dalam persekutuan Paguyuban Atoin Meto mengalami perjumpaan dengan Tuhan sehingga sudah 5 tahun dapat tetap eksis di tanah Rote karena itu mari menemukan jalan lain untuk bersama-sama dalam semangat nekaf mese, ansaof mese kita bergandengan tangan dengan pemerintah maupun semua suku yang ada di Rote untuk membangun nusa lote, nusa fua funi, nusa malole.

Bupati Rote Ndao, Paulina Haning dalam sekapur sirihnya,mengakui kesibukan pelayanan kemasyarakatan tugas sebagai Bupati di luar Daerah, tetapi karena mendapat undangan dari Komunitas Atoin Meto sehingga menyempatkan diri untuk hadir.

Sebagai Bupati berharap dukungan dari semua warga Rote Ndao, suku apapun berdomisili di Rote Ndao adalah orang Rote, sehingga berharap dukungan untuk pembangunan Kabupaten Rote Ndao diberbagai sector sesuai dengan profesi masing-masing.

Bupati juga meminta masyarakat berhati-hati mulai saat ini. Dia menyatakan tahun 2023 diprediksi akan menjadi tahun gelap akibat krisis ekonomi, pangan, hingga energi, akibat pandemi Covid-19 kondisi krisis ekonomi juga dirasakan oleh seluruh negara di dunia. Di Indonesia sendiri, pemda harus melakukan penghematan dan menghindari kegiatan mubazir.

Meski demikian ungkapnya, kegiatan yang menyangkut kepentingan masyarakat luas seperti pembangunan embung air, akan tetap diprioritaskan pemda. masyarakat harus optimis Tuhan akan campur tangan Rote Ndao tidak akan berimbas resisi tersebut ungkap Bupati Optimis.

Bupati dalam kesempatan itu mengajak untuk mensukseskan Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2024 agar jangan krisis Iman, jangan menyebar fitna, mau dukung pasangan manapun tetap menjaga etika dan tidak krisis Iman sesuai dengan makna natal dan Tahun baru, untuk semangat baru dan kehidupan baru.

Bupati mengajak seluruh elemen masyarakat termasuk atoin meto untuk bersama-sama menjaga daerah agar tetap kondusif, karena peran masyarakat dalam menyukseskan pilkada sangat besar.

“Kondisi Rote Ndao kondusif sampai sekarang, meski suhu politik mulai merangkak naik,, diawal tahun 2024” ucapnya.
Bupati Paulina demikian sapaannya, juga mengingatkan agar tidak krisis iman dengan gesekan baik dalam kehidupan bermasyarakat dan dunia maya.

Ketua Peguyuban Atoin Meto,Daniel Babu berterima kasih kepada Bupati Rote Ndao Ibu Paulina Haning Bullu bersama Forkompimda berkenang hadir.

Komunitas Atoin meto di Rote Ndao mendukung semua program pemerintah, termasuk mensukseskan Pilkada yang akan digelar 2024.

Kesuksesan kegiatan Natal & Tahun baru 2023 serta HUT Peguyuban Atoin meto ke-5 malam ini tidak lepas dari bantuan dana dari bapak ibu semuanya, termasuk Bapa Lens Haning dan semua panitia.

Saya secara pribadi sangat berterima kasih atas kerja sama rekan-rekan panitia selama ini.

Reporter : Dance henukh

Artikel ini telah dibaca 1 kali

Baca Lainnya

Kegiatan Barbar-Religi Polsek Pantai Baru: Berkisah Kepada Masyarakat Lewat Kata Renungan

25 February 2024 - 17:30 WIB

Kasus Percabulan Terhadap Anak di Rote Barat, Modusnya Minta Pijat

24 February 2024 - 18:51 WIB

Warga Minta Pemerintah Kelurahan Mokdale Tegur Pemilik Tanah yang Menutup Akses Jalan

24 February 2024 - 15:10 WIB

Camat Rote Barat Daya Panggil Empat Kades Terduga Bermasalah Dana Desa Tahun 2023

24 February 2024 - 13:49 WIB

Pj Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, Ajak Seluruh Komponen Masyarakat Hidup Bersih dan Jaga Kebersihan Lingkungan

23 February 2024 - 11:55 WIB

Pj Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, Ajak ASN Beribadah Bersama Agar Takut Tuhan Demi Melayani Masyarakat

23 February 2024 - 11:48 WIB

Trending di NTT