Menu

Mode Gelap
Penjabat Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu Bagikan Telur Susu Bicuit Di Desa Kolobolon Presiden Jokowi Didampingi Gubernur Sulut Olly Dondokambey Resmikan Bendungan Lolak di Kabupaten Bolmong Puncak Peringatan HPN 2024 Gubernur Sulut Olly Dondokambey Terima Penghargaan Pena Emas, Disaksikan Presiden Jokowi Tamuntuan Sukses Wujudkan Ekspor Ikan Perdana ke Filipina Walikota Caroll Senduk Inspektur Upacara Peringatan HUT Ke-21 Kota Tomohon

Minahasa · 19 Mar 2024 20:00 WIB ·

Bupati Kumendong Hadiri Lounching Program CABI dari Kementerian Pertanian RI, Pemulihan Dampak Virus ASF


 Bupati Kumendong Hadiri Lounching Program CABI dari Kementerian Pertanian RI, Pemulihan Dampak Virus ASF Perbesar

Minahasa,Sulutnews.com – PJ Bupati Minahasa Dr. Jemmy Stani Kumendong M.Si menghadiri Lounching Implementasi Peluncuran Program Community ASF Biosecurity Intervention (CABI) bagi peternak Babi skala mikro kecil di wilayah percontohan Provinsi Sulawesi Utara yang diselenggarakan Kementerian Pertanian R.I, yang bertempat di Balai Desa Pinabetengan Kecamatan Tompaso Barat, Selasa (19/3/2024).

Dalam Sambutannya, Pejabat Bupati Minahasa Dr. Jemmy Kumendong M.Si, mengatakan, Perlu disikapi pelaksanaan kegiatan ini adalah bagian dari upaya untuk membuat para peternak mampu beternak dengan baik.

Kepada peserta para peternak ikuti kegiatan ini dengan baik agar supaya dapat pengetahuan bagaimana beternak babi pasca virus ASF untuk mendapatkan hasil produksi ternak babi.

Tujuan pelaksanaan program CABI yaitu melatih peternak babi skala mikro kecil agar memiliki pengetahuan dalam menerapkan Biosecurity dan saya harap ini menjadi solusi bagi peternak untuk memutus matarantai pengendalian ASF serta dapat memberikan informasi kepada para peternak lainnya.

“Dengan adanya program CABI dari Kementerian Pertanian R.I, kita akan lebih modern lagi dengan mengelola ternak babi di lingkungan pemerintah kabupaten minahasa”, ujar Bupati.

Sementara Kepala Balai Besar Maros Drh. H. Agustia, M.P menyampaikan, Target kami dengan adanya program CABI ini bisa merubah cara beternak babi bagi para peternak dalam rangka kita bisa mengantisipasi penyakit ASF, target kami para peternak babi di Kabupaten Minahasa  dapat kembali berkembang dengan hasil yang maksimal tanpa ASF.

Turut hadir, Direktur kesehatan hewan diwakili ketua kelompok substansi perlindungan hewan, Drh. Ira Firgorita, Kepala Balai Besar Veteriner Maros Drh. H. Agustia, M.P, Perwakilan FAQ untuk Indonesia dan timur Leste Rajendra Aryal, Kepala Dinas Pertanian Minahasa Dr. Ir. Margaretha Ratulangi, MAP, Camat Tompaso Barat, Stevri V. Pandey, ST, MAP, Hukum Tua Pinabetengan Elsye Tandaju, Para Peserta Peternak sertan undangan lainnya.(*/Merson)

Artikel ini telah dibaca 1,523 kali

Baca Lainnya

Hindari Dampak Abu Vulkanik Gunung Ruang, Warga Minahasa di Himbau Pakai Masker

18 April 2024 - 22:49 WIB

Sekda Minahasa Lynda Watania Pimpin Rapat Forum Penataan Ruang

5 April 2024 - 22:49 WIB

Bupati Kumendong Resmikan Kantor Desa Sawangan Kecamatan Kombi Minahasa

4 April 2024 - 22:19 WIB

Pemkab Minahasa dan Bolmong Tandatangani MOU Bidang Perdagangan Komoditas Unggulan

3 April 2024 - 22:23 WIB

Bupati Kumendong Serahkan LKPD Unaudited 2023 Kepada BPK RI

31 March 2024 - 23:50 WIB

Pemkab Minahasa Laksanakan Safari Ramadhan Serahkan Bantuan Sosial Bagi Kau Duafa

26 March 2024 - 22:14 WIB

Trending di Minahasa