Menu

Mode Gelap
Walikota Tomohon Caroll Senduk Didampingi Sekot Edwin Roring Hadiri Dialog Publik “Masyarakat Bertanya Walikota Menjawab” Pelestarian Laut Dukung Peningkatan Pariwisata, Suzuki Indonesia Adakan Bersih-Bersih Pantai Bunaken Dengan Ratusan Pelajar Wagub Steven Kandouw Lantik Wounde Sebagai Penjabat Bupati Sangihe Breaking News Tamuntuan Pergi, Wounde Datang Kecamatan Tatoareng Kepulauan Sangihe Terancam Jatuh Miskin

Bolmut · 27 May 2024 00:42 WIB ·

Tipe Kepribadian & Sifat Kucing


 Tipe Kepribadian & Sifat Kucing Perbesar

Bolmut, Sulutnews.com – Kucing, makhluk yang menggemaskan, misterius, dan penuh pesona.

Di balik keanggunannya, mereka memiliki kepribadian yang unik yang dapat kita amati dan pelajari. Minggu (25/05/2024).

Dalam artikel dilansir dari JawaPos.com, kita akan menjelajahi tipe kepribadian dan sifat kucing serta apa yang bisa kita pelajari dari perilaku mereka, dengan dukungan dari sumber-sumber yang kredibel.

Dilansir dari Catster pada Rabu (20/03/2024), terdapat beberapa tipe kepribadian dan sifat kucing:



1. Kucing Ekstrovert vs Introvert.
Seperti manusia, kucing juga memiliki tipe kepribadian yang dapat dilihat dari seberapa sering mereka mencari perhatian dan interaksi sosial. 

Beberapa kucing sangat ramah dan aktif dalam berinteraksi dengan manusia dan hewan lainnya, sementara yang lain lebih suka menyendiri. 

Kucing yang ekstrovert cenderung lebih aktif, suka bermain, dan berkomunikasi dengan manusia dan hewan lain.

Sementara kucing introvert cenderung lebih tenang, cenderung menghindari keramaian, dan lebih memilih untuk menjaga jarak dari situasi yang menegangkan.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Dr. Kristyn Vitale dari Oregon State University, “Kucing dengan tipe kepribadian yang ekstrovert cenderung lebih terbuka terhadap pengalaman baru dan lebih cepat untuk bersosialisasi dengan manusia dan hewan lainnya.”



2. Kucing Konservatif vs Avant-Garde.
Kucing juga dapat dibedakan berdasarkan seberapa suka mereka pada rutinitas dan kebiasaan. 
Beberapa kucing sangat konservatif dan nyaman dengan rutinitas harian mereka, sedangkan yang lain lebih cenderung mencari tantangan baru dan tidak takut untuk menjelajahi lingkungan sekitar mereka.

Dr. John Bradshaw, seorang pakar perilaku hewan dari University of Bristol, mengatakan,

“Kucing yang memiliki tipe kepribadian konservatif cenderung menghindari perubahan yang signifikan dalam rutinitas mereka, sementara kucing dengan kepribadian avant-garde lebih suka menjelajahi lingkungan baru dan mencari tantangan.”

3. Kucing Dominan vs Kucing Penury.
Ketika berada dalam lingkungan sosial, kucing juga menunjukkan tipe kepemimpinan yang berbeda. 

Ada kucing yang cenderung lebih dominan dalam interaksi sosial dengan kucing lain, sementara yang lain lebih pasif atau penurut.

Dr. Sharon Crowell-Davis, seorang profesor di Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Georgia, menjelaskan bahwa “Kucing dengan tipe kepribadian yang dominan cenderung lebih agresif dalam menjaga wilayah dan sumber daya, sementara kucing yang lebih penurut cenderung lebih suka menghindari konflik dan bersikap kooperatif dalam interaksi sosial.”



4. Kucing Berani vs Kucing Pemalu.
Tipe kepribadian kucing juga dapat dilihat dari seberapa berani mereka dalam menghadapi situasi baru atau menakutkan. 

Beberapa kucing memiliki keberanian yang luar biasa, tidak takut untuk menjelajahi lingkungan baru atau berinteraksi dengan orang asing, sementara yang lain cenderung lebih pemalu dan mudah terpengaruh oleh situasi yang menakutkan.

Menurut Dr. Vitale, “Kucing dengan tipe kepribadian yang berani cenderung lebih eksploratif dan tidak takut menghadapi situasi baru, sementara kucing yang lebih pemalu cenderung memilih untuk menghindari situasi yang menegangkan dan membutuhkan waktu lebih lama untuk merasa nyaman dengan lingkungan baru.”

Dalam membahas tipe kepribadian dan sifat kucing, kami mengutip beberapa sumber terpercaya seperti penelitian yang dilakukan oleh Dr. Kristyn Vitale dari Oregon State University, Dr. John Bradshaw dari University of Bristol, dan Dr. Sharon Crowell-Davis dari Universitas Georgia.

Melalui pemahaman yang lebih dalam tentang tipe kepribadian dan sifat kucing, kita dapat memperoleh wawasan yang berharga tentang perilaku mereka dan membangun hubungan yang lebih baik dengan teman berbulu kita. 

Jadi, sementara kita menikmati kehadiran mereka dalam kehidupan kita sehari-hari, mari juga kita belajar dari mereka tentang keunikan dan keanggunan kepribadian yang mereka miliki.

Demikian juga artikel dilansir dari kompas.com tentang 10 Tipe Kepribadian dan Sifat Kucing Peliharaan.

Kucing merupakan hewan peliharaan yang cukup populer. Salah satu yang membuat mereka banyak disukai adalah kepribadiannya yang unik dan random.

Perilaku dan kepribadian kucing bisa berbeda-beda untuk setiap kucing. Misalnya stereotip paling umum adalah kucing belang tiga yang semangat atau kucing “oren” yang santai.

Dilansir dari laman PetMD, penelitian tentang tipe kepribadian kucing bahkan menjadi topik pembicaraan dan telah dilakukan terhadap lebih dari 200 kucing dan pemiliknya.

Menurut hasil penelitian tersebut, diketahui kucing hanya memiliki lima tipe kepribadian secara umum.

Kepribadian ini berkembang karena interaksi antara genetika masing-masing kucing, pengalaman mereka selama perkembangan, dan masa dewasa.

Tipe Kepribadian Kucing.
Berikut adalah 5 kepribadian umum yang dimiliki kucing peliharaan:

1. The Human Cat.
Ciri umum kucing dengan kepribadian ini adalah senang berbagi tempat, hidup, dan sering kali ruang pribadi dengan pemiliknya.

2. Kucing Pemburu.
Kucing pemburu adalah kepribadian yang paling liar. Mereka senang berinteraksi dengan mainan kucing realistis dan menunjukkan tanda-tanda pemburu yang ahli.

3. The Cat’s Cat.
Anda dapat mengidentifikasi kucing dengan kepribadian ini melalui ciri kesediaannya untuk bermain, merawat, menyentuh hidung, dan saling bergesekan dengan kucing lain.

4. Kucing Agresif.
Kucing dengan kepribadian ini lebih mudah marah dan cukup sulit untuk ditangani, mereka cukup sensitif terhadap sentuhan, lingkungannya, dan memiliki rasa waspada yang tinggi.

5. Kucing Penasaran.
Kucing penasaran atau yang ingin tahu merupakan penyelidik yang tajam. Mereka kerap mengendus apa saja dan siapa saja yang tidak dikenalnya.

Sifat-Sifat Kucing :

Di sisi lain pendekatan berbeda dilakukan oleh Ilmuwan di University of South Australia yang menggunakan kuesioner mencakup 52 karakteristik kepribadian.
Mereka menganalisis 2.802 kucing dan mengidentifikasi satu set dari lima faktor kepribadian utama.
Dibanding membuat klaim menyeluruh tentang kepribadian kucing, mereka lebih fokus pada ciri-ciri individu yang cenderung membentuk wataknya.

Dilansir dari laman PetKeen, ada 5 sifat atau ciri umum kucing, antara lain:

1. Kucing Gelisah.
Kucing dengan ciri ini akan selalu merasa gugup dan gelisah. Mereka mungkin tidak sering keluar dari tempatnya dan segera lari berlindung setiap kali ada suara yang tidak terduga.

2. Kucing Ramah.
Kucing dengan sifat ini akan dengan senang hati keluar untuk menyambut tamu atau mengobrak-abrik belanjaan yang baru saja Anda bawa pulang. Mereka suka bermain, terutama dengan mainan interaktif di dalam rumah. Jika kucing Anda memiliki sifat ini, sebaiknya sediakan banyak mainan dan pohon kucing.

3. Kucing Dominan. Kucing dominan cenderung tidak cocok dengan kucing lain. Mereka mungkin akan menyerang atau menggertak pada kucing lain yang pendiam atau terlihat lemah. Anda tidak boleh membiarkan kucing dominan berkeliaran di luar, karena kemungkinan besar mereka akan berkelahi dengan kucing lain di lingkungan tersebut.

4. Spontanitas.
Kucing spontan bersifat impulsif dan tidak menentu. Mereka bisa berubah dari santai di pangkuan Anda menjadi liar dan mengobrak-abrik rumah tanpa alasan. Kucing dengan sifat ini mirip dengan kucing yang gelisah, namun perilakunya tidak gugup melainkan tidak bisa ditebak. Baca juga: 10 Fakta Menarik tentang Penglihatan Kucing

5. Mudah Berteman. Kucing friendly atau yang mudah berteman umumnya bersedia untuk menerima orang dan hewan lain ke dalam wilayah mereka. Mereka bisa menyambut anak kucing lain sebagai teman bermain, dan mungkin menjadi orang pertama yang menyambut tamu saat mereka berjalan melewati pintu.

Editor : GG

Artikel ini telah dibaca 1,059 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Empat Ranperda Diparipurnakan Dengan DPRD Bolmong Utara

21 June 2024 - 19:29 WIB

Sembilan Asas Hukum Acara Pidana dalam KUHAP

21 June 2024 - 09:30 WIB

Kejari Bolmong Utara Mengembalikan Berkas Perkara Pidana Politik Karena Daluarsa

20 June 2024 - 18:16 WIB

Puncak Haji, Hari Kedua di Mina, Jemaah Lontar Jumrah Ula, Wustha, dan Aqabah

17 June 2024 - 19:39 WIB

KPU Bolmut Rakoor Persiapan Perekrutan Pantarlih

15 June 2024 - 23:21 WIB

Pendaftaran Pantarlih Pilkada 2024 Dibuka Resmi KPU Bolmut

14 June 2024 - 13:32 WIB

Trending di Bolmut