Menu

Mode Gelap
Presiden Jokowi Didampingi Gubernur Sulut Olly Dondokambey Resmikan Bendungan Lolak di Kabupaten Bolmong Puncak Peringatan HPN 2024 Gubernur Sulut Olly Dondokambey Terima Penghargaan Pena Emas, Disaksikan Presiden Jokowi Tamuntuan Sukses Wujudkan Ekspor Ikan Perdana ke Filipina Walikota Caroll Senduk Inspektur Upacara Peringatan HUT Ke-21 Kota Tomohon Tamuntuan Bawa Bantuan Bencana Ke Kampung Laine

Bolmut · 13 Feb 2024 23:58 WIB ·

Polsek Bolangitang Mengawal Pergeseran Kotak Pemilu Ke TPS


 Foto : Kapolsek Bolangitang AKP Jeri Lihawa. Perbesar

Foto : Kapolsek Bolangitang AKP Jeri Lihawa.

Bolmut, Sulutnews.com – Jelang 1 hari sebelum pemungutan suara dilaksanakan pada hari Rabu, 14 Februari 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara mulai mendistribusikan logistik Pemilu 2024 ke setiap kecamatan, dikawal aparat Polsek Bolangitang dan Koramil Bolangitang. Selasa (13/02/2024).

Logistik itu terdiri dari kotak suara, surat suara, alat coblos, tinta, formulir dan lain sebagainya.

Dalam menjalankan tugasnya, Polsek Bolangitang berkomitmen untuk mengawal pergeseran kota suara dari Kantor Camat Bolangitang Barat ke setiap TPS, Polri untuk tetap bersikap netral dan profesional.

Mereka sebanyak 277 personil  Polres Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) dan Bantuan Kendali Operasi (BKO) dari Brimob dan Samapta Polda Sulawesi Utara (Sulut). Disiapkan untuk mengamankan perhelatan Pemillihan umum (Pemilu) 2024, dan berupaya menjaga distribusi tetap aman, apalagi curah hujan semakin tinggi.

Dalam konteks yang lebih luas, menurut Kapolsek Bolangitang Barat AKP Jeri Lihawa, peran Polri dalam Pemilu sangat penting dalam mempertahankan stabilitas wilayah dan memastikan kamtibmas tetap kondusif serta integritas demokrasi.

“Polsek Bolangitang dengan 32 personil bertanggung jawab untuk menjaga keamanan selama proses pemungutan suara berlangsung. Mereka melakukan pengawalan terhadap logistik pemilu sampai ke tempat pemungutan suara. Meskipun wilayah saya mengalami musibah banjir, terutama di Desa Sonuo, Desa Ollot, aliran air sungai telah masuk ke rumah-rumah penduduk.” Ujar Lihawa.

Ditambahkannya, peran TNI dan Polri sangat penting dalam menjaga situasi Kamtibmas di masyarakat pada saat pelaksanaan pemungutan suara pada Pemilu Serentak 2024 pada esok harinya dengan apa yang akan kita lakukan hari ini di semua lapisan pelaksana Pemilu dapat mewujudkan Pemilu yang damai, riang gembira.

Wilayah Kecamatan Bolangitang Barat dan Kecamatan Bolangitang Timur terdiri dari 18 desa, dengan jumlah TPS 53 unit x 5 suara dalam satu kotak suara, totalnya 265.


Surat suara terdiri dari :

1. Abu-abu, surat suara Presiden dan Wakil Presiden,
2. Merah, surat suara anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD),
3. Kuning, surat suara anggota DPR berwarna kuning,
4. Biru, surat suara anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) provinsi
5. Hijau, surat suara anggota DPRD kabupaten/kota.

“Karena lokasi TPS di Desa Sonuo ada di lapangan dilanda banjir, ada 4 TPS dipindahkan ke Balai Desa Sonuo, sisanya dibangun lagi disepanjang jalan daerah beraspal.” Ungkap Sekcam Bolangitang Barat Muhammad Yunus, S.Pd, ME. (/Gandhi Goma).

Artikel ini telah dibaca 903 kali

Baca Lainnya

Dua Dari Tiga Difabel Lolos Tes Tingkat Akhir SIPSS Polri

25 February 2024 - 17:50 WIB

Kegiatan Barbar-Religi Polsek Pantai Baru: Berkisah Kepada Masyarakat Lewat Kata Renungan

25 February 2024 - 17:30 WIB

Polisi Amankan Pelaku dan BB 8000 Liter BBM Solar Bersubsidi di 2 Lokasi di Manado

24 February 2024 - 19:55 WIB

Begini Cara SSDM Polri Pulihkan Psikologi Anggota Operasi Damai Cartenz

24 February 2024 - 12:49 WIB

Personel TNI-Polri Amankan Agenda Kegiatan Presiden Jokowi di Sulut

23 February 2024 - 12:52 WIB

Polres Rote Ndao Jadwalkan Periksa Kepala Dinas P3AP2KB, Regina Kedoh

23 February 2024 - 08:41 WIB

Trending di Kepolisian