Menu

Mode Gelap
Sidang Terbuka Senat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Samratulangi Acara Purnabakti Guru Besar Prof Bernhard Tewal Walikota Tomohon Caroll Senduk Didampingi Sekot Edwin Roring Hadiri Dialog Publik “Masyarakat Bertanya Walikota Menjawab” Pelestarian Laut Dukung Peningkatan Pariwisata, Suzuki Indonesia Adakan Bersih-Bersih Pantai Bunaken Dengan Ratusan Pelajar Wagub Steven Kandouw Lantik Wounde Sebagai Penjabat Bupati Sangihe Breaking News Tamuntuan Pergi, Wounde Datang

Tomohon · 20 May 2024 10:59 WIB ·

Peringatan Harkitnas Ke-116 di Kota Tomohon, Walikota Caroll Senduk Bacakan Sambutan Menkominfo Budi Arie Setiadi


 Peringatan Harkitnas Ke-116 di Kota Tomohon, Walikota Caroll Senduk Bacakan Sambutan Menkominfo Budi Arie Setiadi Perbesar

Tomohon, Sulutnews.com – Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) berlangsung hikmat di Kota Tomohon. Peringatan melalui upacara bendara tersebut dipimpin Wali Kota Caroll J A Senduk SH sebagai Inspektur Upacara, Senin (20/52025).

Upacara peringatan Harkitnas ke-116 tersebut berlangsung di halaman Kantor Walikota Tomohon.

Wali Kota Caroll Senduk yang dalam kesempatan membacakan pidato sambutan Menteri Kominfo Budi Arie Setiadi.

“Saudara-Saudari Sebangsa dan Setanah Air, hari-hari ini kita dihadapkan pada suatu realitas yang terpampang terang yakni, kemajuan teknologi yang melesat cepat. Kita sudah memilih bukan hanya ikut-serta, tetapi lebih daripada itu, menjadi pemain penting agar dapat menggapai dunia. Hari-hari ini hingga dua dekade ke depan merupakan momen krusial yang akan sangat menentukan langkah kita dalam mewujudkan itu semua”, tulis Budi Arie, mengawali sambutan.

Diketahui lebih dari seabad lalu, tepatnya pada 20 Mei 1908, lahir organisasi Boedi Oetomo, yang di masa itu telah menumbuhkan bibit bagi cita-cita mewujudkan kemerdekaan Indonesia. Hari berdirinya Boedi Otomo inilah yang kelak menjadi simbol dari Hari Kebangkitan Nasional yang kita rayakan hari ini. Organisasi Boedi Oetomo bermula dari sejumlah dokter dan calon dokter di Batavia yang berkumpul mendirikan suatu organisasi modern. Banyak orang menaruh harapan pada organisasi ini dan menganggapnya sebagai motor penggerak gerakan kemerdekaan di tanah Hindia Belanda. Bahkan Van Deventer, seorang tokoh Politik Etis Belanda, menyatakan: “Sesuatu yang ajaib sedang terjadi, Insulinde molek yang sedang tidur, sudah terbangun”.

‘’Apa yang pendahulu perbuat harus menjadi contoh. Semangat mereka tidak pernah pudar. Kita yang sudah dibantu dengan banyak kemajuan teknologi harus lebih semangat lagi,’’ tegasnya.

Dilanjutkan bahwa hari ini, kita berada pada fase kebangkitan kedua, melanjutkan semangat kebangkitan pertama yang telah dipancangkan para pendiri bangsa. Berbeda dengan perjuangan yang telah dirintis lebih dari seabad yang lalu, kini kita menghadapi beragam tantangan dan peluang baru. Kemajuan teknologi menjadi penanda zaman baru.

“Kemajuan teknologi telah menghampiri kehidupan kita sehari-hari dan menjadi bagian dari peradaban kita hari ini. Inovasi-inovasi teknologi telah mendorong perubahan kehidupan manusia secara revolusioner”, ucapnya.

Banyak kesulitan yang berhasil disolusikan oleh teknologi. Adagium di zaman ini jelas, dia yang menguasai teknologi, dia pula yang akan menguasai peradaban. Di titik ini, gambarannya makin jelas, penguasaan atas teknologi merupakan keniscayaan bagi kita untuk menyongsong “Indonesia Emas”.

Walikota membacakan bahwa sekarang Kebangkitan kedua merupakan momen terpenting bagi kita hari ini. Kita harus menatap masa depan dengan penuh optimisme, kepercayaan diri, dan keyakinan. Kemajuan telah terpampang di depan mata. Momen ini mesti kita tangkap agar kita langgeng menuju mimpi sebagai bangsa.

Tidak mungkin lagi bagi kita untuk berjalan lamban, karena kita berkejaran dengan waktu. Di titik inilah, seluruh potensi sumber daya alam kita, bonus demografi kita, potensi transformasi digital kita, menjadi modal dasar menuju “Indonesia Emas 2045”. Mari kita rayakan kebangkitan nasional kedua menuju Indonesia Emas.

Orang nomor satu di Kota Tomohon itu juga berpesan agar ASN tidak menjadi korban perubahan. Tetapi harus turut berkontribusi memberikan perubahan. Karenanya, ASN tidak hanya cukup mengikuti perubahan. Tetapi harus terus mengembangkan diri agar dapat memberikan perubahan itu sendiri.

‘’Perubahan terus terjadi. Jangan sampai menjadi korban perubahan. Tidak cukup sekedar mengikuti apa yang berubah, tetapi harus berkontribusi untuk merubah. Semangat Harkitnas ini harus menjadi semangat perubahan untuk lebih baik ke depan,’’ pungkasnya.

Upacara peringatan hari kebangkitan Nasional Pemkot Tomohon dihadiri, Kajari Tomohon, Wakapolres Tomohon, Para Asisten Setdakot Tomohon, Para Pimpinan OPD Lingkup Pemerintah Kota Tomohon, BUMD serta jajaran ASN/Nakon lingkup Pemerintah kota Tomohon.(Merson)

Artikel ini telah dibaca 1,074 kali

Baca Lainnya

Walikota Tomohon Caroll Senduk Melayat dan Serahkan Santunan Duka atas Meninggalnya Almarhumah Ibu Noviane Rondonuwu

18 July 2024 - 22:19 WIB

Sekot Tomohon Edwin Roring Mewakili Walikota Hadiri Kegiatan Bimtek Sosialisasi LKPM Tahun 2024

18 July 2024 - 22:01 WIB

Sekot Edwin Roring Pimpin Rapat Panitia Pelaksana TIFF 2024 Bahas Simulasi Parade Kendaraan Hias

17 July 2024 - 22:32 WIB

Sekot Tomohon Edwin Roring Asisten I ODS Mandagi dan Asisten III Masna Pioh Hadiri Rapat Evaluasi Pemungutan PBB-P2

17 July 2024 - 20:32 WIB

Walikota Tomohon Caroll Senduk Diwakili Sekdakot Edwin Roring Hadiri dan Buka Kegiatan Lokakarya Implementasi Kurikulum Merdeka

17 July 2024 - 18:51 WIB

Sekot Edwin Roring Hadiri Pembukaan Pelatihhan Keamanan dan Keselamatan Kerja Bidang Pariwisata Kota Tomohon

16 July 2024 - 21:46 WIB

Trending di Tomohon