Menu

Mode Gelap
Walikota Tomohon Caroll Senduk Didampingi Sekot Edwin Roring Hadiri Dialog Publik “Masyarakat Bertanya Walikota Menjawab” Pelestarian Laut Dukung Peningkatan Pariwisata, Suzuki Indonesia Adakan Bersih-Bersih Pantai Bunaken Dengan Ratusan Pelajar Wagub Steven Kandouw Lantik Wounde Sebagai Penjabat Bupati Sangihe Breaking News Tamuntuan Pergi, Wounde Datang Kecamatan Tatoareng Kepulauan Sangihe Terancam Jatuh Miskin

Jakarta · 17 May 2023 15:37 WIB ·

Menteri PANRB Tekankan Anggaran Negara Harus Berdampak bagi Masyarakat


 Menteri PANRB Tekankan Anggaran Negara Harus Berdampak bagi Masyarakat Perbesar

JAKARTA – SULUTNEWS.COM, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas menyampaikan pentingnya belanja anggaran negara yang dikerjakan oleh birokrasi harus memiliki dampak ke masyarakat. Sebagai pembicara dalam sesi talkshow Rakornas Pelaksanaan Anggaran 2023 yang diadakan Kementerian Keuangan, Anas meminta agar kerja birokrasi harus berorientasi pada dampak.

“Birokrasi berdampak ini tentu ujungnya adalah bagaimana anggaran ini juga berdampak bagi masyarakat. Karena kalau enggak, kita ini sibuk di penyerapan anggaran tetapi tidak berdampak untuk rakyat,” ujar Anas di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Rabu (17/5).

Penggunaan anggaran negara juga diminta agar tidak lagi menghasilkan aplikasi baru. Anas menegaskan bahwa saat ini pemerintah sedang menyiapkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang akan meng-interoperabilitas-kan berbagai aplikasi yang sudah ada, menjadi satu sistem elektronik yang terintegrasi.

“Sekarang kita terus bekerja sama dengan seluruh kementerian lembaga termasuk dengan Kementerian Keuangan, kita akan beresin 27 ribu aplikasi, lakukan interoperabilty. Ini ada banyak sekali aplikasi dan ini tidak terkoneksi satu dengan yang lain. Ke depan anggaran belanja akan jauh lebih efisien karena tidak boleh lagi membuat aplikasi baru dan digitalisasi yang terintegrasi adalah solusinya,” kata Anas.

Sementara itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani juga menyampaikan bahwa anggaran negara harus sejalan dengan prioritas presiden. Menkeu menekankan pada level birokrasi harus melaksanakan anggaran sesuai urgensi yang telah ditetapkan oleh presiden.

“Proses anggaran harus seefisien mungkin, juga menjadi lebih mudah, dan kita harus fokus pada dampak dan impact-nya. Ini kemudian akan menyebabkan seluruh energi kita melihatnya kepada hasil. Bagaimana agar impact-nya kepada kehidupan masyarakat sehari-hari dan perekonomian kita yang harus semakin maju,” ujar Sri Mulyani.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa mengingatkan pentingnya menyiapkan sumber daya manusia yang hebat dalam hal digital, khususnya untuk mempersiapkan pembangunan ke depan.

“Bentuk kerja ke depan, cara-cara bisnis ke depan, dan sekarang sudah kita rasakan perubahannya. Kalau kita lihat sekitar ada sekitar 7 jutaan pekerjaan yang akan tergeser, tetapi ada 12 juta lapangan kerja baru. Ini semua hanya bisa kalau kita punya sumber daya manusia yang hebat,” kata Suharso.

Dalam kesempatan itu, Kementerian Keuangan juga menyerahkan penghargaan kepada 15 kementerian/lembaga dengan kinerja anggaran terbaik tahun 2022. Kementerian PANRB menjadi salah satu penerima penghargaan itu dalam kategori kementerian/lembaga dengan pagu kecil.

Artikel ini telah dibaca 5,606 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Amal Sukacita Gaschar: Alumni, Mahasiswa Dan Pimpinan Unika Atma Jaya Sambangi Lima Panti Asuhan

15 July 2024 - 09:21 WIB

Peringati Hari Raya Waisak 2568 BE, FIFGROUP Salurkan Bantuan Sosial di Berbagai Daerah di Indonesia

13 July 2024 - 22:10 WIB

Ketua JNP3 Aceh Siap Terlibat Mendukung Program Presiden dan Wakil Presiden Terpilih

13 July 2024 - 13:25 WIB

Walikota Caroll Senduk Hadiri Acara Penyampaian Hasil Pemeriksaan BPK RI di JCC

8 July 2024 - 23:04 WIB

Luar Biasa Kemeriahan Puncak Acara Peringatan HUT Ke-17 Punguan Simbolon dohot Boruna

7 July 2024 - 13:04 WIB

Polri Akan Gelar Pertunjukan Wayang Kulit Lakon “Tumurune Wiji Sejati” Nanti Malam

5 July 2024 - 13:29 WIB

Trending di Jakarta