Menu

Mode Gelap
Penjabat Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu Bagikan Telur Susu Bicuit Di Desa Kolobolon Presiden Jokowi Didampingi Gubernur Sulut Olly Dondokambey Resmikan Bendungan Lolak di Kabupaten Bolmong Puncak Peringatan HPN 2024 Gubernur Sulut Olly Dondokambey Terima Penghargaan Pena Emas, Disaksikan Presiden Jokowi Tamuntuan Sukses Wujudkan Ekspor Ikan Perdana ke Filipina Walikota Caroll Senduk Inspektur Upacara Peringatan HUT Ke-21 Kota Tomohon

Sulut · 26 Jan 2023 13:36 WIB ·

Kodam XIII/Merdeka dan Kemenhan RI Gelar Sosialisasi Komcad 2023


 Kodam XIII/Merdeka dan Kemenhan RI Gelar Sosialisasi Komcad 2023 Perbesar

MANADO,SULUTNEWS.COM– Sebagai bentuk Proliferasi mendukung Program pemerintah dalam upaya pembentukan Komponen Cadangan, Kodam XIII/Merdeka bersama Kementerian Pertahanan (Kemenhan) Republik Indonesia menggelar sosialisasi Undang-undang nomor 23 tahun 2019, tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara,  prioritas kegiatan yang dilaksanakan adalah Sosialisasi Rekrutmen Komponen Cadangan (Komcad) Matra Darat, Matra Laut dan Matra Udara TA 2023.

Kegiatan sosialisasi yang diikuti oleh seluruh satuan jajaran Kodam XIII/ Merdeka melalui metode tatap muka dan melalui Vicon (Video Conference) di Aula GJS Makodam, Kamis (26/1/2023) ini, dipimpin oleh Dirjen Pothan Kemhan (Direktorat Jenderal Potensi Pertahanan Kementerian Pertahanan) RI, Mayjen TNI Dadang Hendrayudha.

Sosialisasi Rekrutmen Komcad tersebut diselenggarakan dengan tujuan untuk memperkuat dan memperbesar kemampuan TNI sebagai komponen utama pertahanan negara dalam menjaga dan melindungi kedaulatan negara serta keutuhan wilayah NKRI dan keselamatan segenap bangsa dari segala ancaman, tugas TNI sebagai komponen utama pertahanan negara saat ini dilaksanakan berdasarkan UU Nomor 34 tahun 2004 tentang TNI.

Dalam Sambutan Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Denny Tuejeh yang dibacakan oleh Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI M. Luthfie Beta S. Sos.,M.Si., mengatakan bahwa untuk meningkatkan kekuatan pertahanan negara, pemerintah telah memperluas peran masyarakat dalam upaya pertahanan negara melalui rekrutmen pembentukan Komcad.

“Untuk itu perlu kita sadari, bahwa rekrutmen Komcad ini mempunyai target harus dapat meningkatkan Marwah pemahaman generasi muda tentang nilai-nilai yang terkandung dalam bela negara, mulai dari rasa cinta tanah air, rela berkorban, kesadaran berbangsa dan keyakinan terhadap Pancasila sebagai ideologi negara, nasionalisme dan patriotisme. “kata Kasdam.

Selain itu Kasdam juga menyampaikan “ Tugas membela negara bukan hanya tugas TNI dan Polri, tetapi merupakan kewajiban seluruh rakyat Indonesia dalam menjaga keberlangsungan NKRI.” Pungkasnya.

Hadir dalam acara sosialisasi rekrutmen Komcad antara lain perwakilan dari unsur Forkopimda Provinsi Sulut, Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI M. Luthfie Beta S. Sos., M.Si., Kapoksahli Pangdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Drs. Theodorus Kawatu, Kasrem 131/ Santiago Kol Inf  Hengky Yuda Setiawan, Asrendam XIII/Merdeka Kolonel Kav Tri Handoko, para Asisten Kasdam XIII/ Merdeka, para Komandan dan Kabalakdam XIII/Merdeka, para perangkat daerah Walikota dan Bupati se Provinsi Sulut, pimpinan perguruan tinggi, pimpinan BUMN, pimpinan perusahaan swasta, organisasi kemasyarakatan, generasi muda Sulut dan segenap komponen bangsa di wilayah Provinsi Sulut. (**/arp)

Artikel ini telah dibaca 79 kali

Baca Lainnya

Peduli Bencana Alam Kota Bitung, PKB GMIM Rayon Manado Salurkan Bantuan

12 April 2024 - 21:19 WIB

Hari Kedua Lebaran 2024, Malonds, Mewoh dan Linu Hadiri Open House Kediaman Zulkifli Densi

12 April 2024 - 05:51 WIB

Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Wakhyono Bersama Masyarakat Sulut Sholat Idul Fitri 1445 H

10 April 2024 - 20:41 WIB

Raih Hari Kemenangan, Kodam XIII/Merdeka Selenggarakan Sholat Idul Fitri 1445 H

10 April 2024 - 17:08 WIB

Bawaslu RI Gelar Rakor Organisasi Pengawas Pemilu bagi Stakeholder di Minsel

9 April 2024 - 00:33 WIB

Danrem 131/Stg Pimpin Apel Pemberangkatan Cuti Lebaran

7 April 2024 - 16:00 WIB

Trending di Manado