Menu

Mode Gelap
Sidang Terbuka Senat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Samratulangi Acara Purnabakti Guru Besar Prof Bernhard Tewal Walikota Tomohon Caroll Senduk Didampingi Sekot Edwin Roring Hadiri Dialog Publik “Masyarakat Bertanya Walikota Menjawab” Pelestarian Laut Dukung Peningkatan Pariwisata, Suzuki Indonesia Adakan Bersih-Bersih Pantai Bunaken Dengan Ratusan Pelajar Wagub Steven Kandouw Lantik Wounde Sebagai Penjabat Bupati Sangihe Breaking News Tamuntuan Pergi, Wounde Datang

Tomohon · 27 Jun 2023 22:34 WIB ·

Diskominfo Tomohon Gelar Rapat Evaluasi SPBE Bersama OPD Terkait


 Diskominfo Tomohon Gelar Rapat Evaluasi SPBE Bersama OPD Terkait Perbesar

Tomohon,Sulutnews.com –  Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo)  Kota Tomohon menggelar rapat evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) atau e-government yang merupakan penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memberikan layanan kepada instansi pemerintah, Aparatur Sipil Negara, pelaku bisnis, masyarakat, dan pihak-pihak lainnya. Rapat evaluasi bertempat di ruang pertemuan lantai tiga Mall Pelayanan Publik, Selasa, 27 Juni 2023.

Diskominfo Tomohon menggelar evaluasi SPBE, bersama sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) terkait di Lingkungan Pemerintahan (Pemkot) Tomohon.

Menurut pemaparan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Tomohon, Royke A. Roeroe, SP, MAP, tiap OPD memiliki peran untuk menginput data pendukung di 47 indikator evaluasi SPBE.

Salah satunya, Bappeda berperan dalam  memberikan domain data dan informasi, Diskominfo sebagai domain aplikasi SPBE, infrastruktur SPBE dan keamanan SPBE, serta Bagian Organisasi sebagai domain proses bisnis, dan OPD lainnya sebagai produsen data.

Data yang telah dikumpulkan oleh produsen data, akan diolah dan ditindaklanjuti dari tiap masing-masing OPD sendiri. Sehingga, Kepala OPD diminta bantuan dalam percepatan proses penginputan data, mengingat batas pengimputan data.

“Kepada produsen data yang dikumpulkan, kita berikan arahan dan tindaklanjut. Jikalau operator sudah diberikan link, maka dimohon bantuan dari masing-masing kepala OPD untuk mengawal karena kita hanya punya waktu terbatas untuk bisa input data, dan ini cukup banyak,” ungkap Roeroe.

“Sebenarnya ini bukan data yang sulit ataupun baru. Sudah dikerjakan namun belum terdokumentasikan dengan baik,” lanjut Roeroe. Sehingga evaluasi SPBE ini menjadi standar dari pemerintah pusat dan kementerian PANRB dalam mengukur proses pemerintah daerah sendiri dengan standar SPBE,” pungkasnya.(Merson)

Artikel ini telah dibaca 1,312 kali

Baca Lainnya

Walikota Tomohon Caroll Senduk Melayat dan Serahkan Santunan Duka atas Meninggalnya Almarhumah Ibu Noviane Rondonuwu

18 July 2024 - 22:19 WIB

Sekot Tomohon Edwin Roring Mewakili Walikota Hadiri Kegiatan Bimtek Sosialisasi LKPM Tahun 2024

18 July 2024 - 22:01 WIB

Sekot Edwin Roring Pimpin Rapat Panitia Pelaksana TIFF 2024 Bahas Simulasi Parade Kendaraan Hias

17 July 2024 - 22:32 WIB

Sekot Tomohon Edwin Roring Asisten I ODS Mandagi dan Asisten III Masna Pioh Hadiri Rapat Evaluasi Pemungutan PBB-P2

17 July 2024 - 20:32 WIB

Walikota Tomohon Caroll Senduk Diwakili Sekdakot Edwin Roring Hadiri dan Buka Kegiatan Lokakarya Implementasi Kurikulum Merdeka

17 July 2024 - 18:51 WIB

Sekot Edwin Roring Hadiri Pembukaan Pelatihhan Keamanan dan Keselamatan Kerja Bidang Pariwisata Kota Tomohon

16 July 2024 - 21:46 WIB

Trending di Tomohon