Menu

Mode Gelap
Breaking News Tamuntuan Pergi, Wounde Datang Kecamatan Tatoareng Kepulauan Sangihe Terancam Jatuh Miskin Penjabat Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu Bagikan Telur Susu Bicuit Di Desa Kolobolon Presiden Jokowi Didampingi Gubernur Sulut Olly Dondokambey Resmikan Bendungan Lolak di Kabupaten Bolmong Puncak Peringatan HPN 2024 Gubernur Sulut Olly Dondokambey Terima Penghargaan Pena Emas, Disaksikan Presiden Jokowi

Hukrim · 22 Jan 2023 09:28 WIB ·

Diduga Tidak Sesuai RAB, Kolam Renang UNIMA Jadi Sarang Ular, Kalau Malam Angker!!


 Kondisi terkini Kolam Renang UNIMA yang tidak terawat dan tampak ditutupi pohon, semak dan rumput liar. (foto.istimewa) Perbesar

Kondisi terkini Kolam Renang UNIMA yang tidak terawat dan tampak ditutupi pohon, semak dan rumput liar. (foto.istimewa)

MINAHASA,SULUTNEWS.COM– Kolam renang Universitas Negeri Manado (UNIMA) yang dikelola Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) awal dibangun hingga saat ini, Telah menelan puluhan Miliaran Anggaran dari  Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Indonesia.

Bahkan pada Tahun 2020, kolam renang milik UNIMA ini di renovasi kembali dengan menelan anggaran sebesar Rp. 2 (dua) miliar lebih.

Curiga ada yang tidak beres pada proyek tersebut, muncullah sejumlah Desakan yang datang dari sejumlah Mahasiswa, Masyarakat sekitar, dan LSM Anti Korupsi.

Sampai saat ini, Mereka terus mendesak Aparat Penegak Hukum (APH) di Kabupaten Minahasa untuk mengusut dugaan Tindak Pidana Korupsi yang terjadi di Kolam Renang Tersebut.

“Namun sayangnya, desakan demi desakan para penggiat anti Korupsi tersebut, hingga saat ini tidak membuahkan hasil.” terbukti sampai saat ini, penindakan hukum yang tegas belum di lakukan oleh APH selaku institusi yang berwenang.

Berdasarkan informasi yang dirangkum oleh Sulutnews.com, Diduga kuat, proyek yang bersumber dari APBN ini  tidak di kerjakan sesuai RAB (Rencana Anggaran Biaya), lantaran dikerjakan asal jadi oleh Pihak Kontraktor.

Akibatnya Kolam renang yang seharusnya sudah dipakai untuk menunjang kegiatan di Fakultas Ilmu Keolahragaan UNIMA, ternyata tidak bisa digunakan alias Mubazir, kata sejumlah Mahasiswa dan Warga sekitar, Minggu (25/1/2022).

Dampaknya, proyek yang sudah menelan anggaran puluhan milyar sejak dibangun awal sampai  di rehab berkali – kali, tidak bisa dimanfaatkan dan dirasakan oleh Mahasiswa UNIMA sampai saat ini.

Muncul Kecurigaan Mereka, pekerjaan pada proyek Renovasi Kolam Renang tersebut kualitasnya tidak sesuai spesifikasi, atau dikerjakan asal jadi. Sebab dari besaran anggaran yang ditenderkan menurut mereka jika dihitung diduga tidak sesuai dengan hasil pekerjaan yang ditentukan dalam RAB.

Mereka pun Kembali mendesak agar Mantan Direktur Penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Irjen Pol Setyo Budiyanto SH MH. Yang kini menjabat sebagai Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Utara untuk mengusut dugaan kerugian Negara yang terjadi pada Proyek tersebut, karna bukan sedikit anggaran Negara yang dikucurkan untuk mempercantik Kolam Renang yang di bangun dari uang APBN.

Sangat di sayangkan jika Kolam Renang itu dibiarkan menjadi Mubasir, apa lagi kalau dimalam hari, kondisi kolam renang itu terlihat sangat angker. “Itu karna Kondisi kolamnya tidak terawat dan tampak di selimuti pohon, semak dan rumput liar.

Tak hanya itu saja, kadang juga di temukan binatang – binatang liar seperti ular,” tambah sejumlah Mahasiswa dan Warga sekitar (Sumber.red)

Lanjut mereka, hal tersebut, dikarenakan sikap para Petinggi – petinggi UNIMA yang tidak tegas dalam melakukan fungsi pengawasan terhadap proyek renovasi tersebut, jadi jangan heran, imbuhnya.

Sebelumnya Rektor UNIMA Prof. Dr. Deitje A. Katuuk, M.Pd. sudah pernah di Konfirmasi terkait informasi tersebut, namun sayangnya Mantan Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) ini, enggan Merespon setiap konfirmasi dugaan permasalahan yang di tanyakan Wartawan kepadanya, selaku Pejabat penting yang bertanggung Jawab di dalam Kampus tersebut. (**/arp)

Artikel ini telah dibaca 405 kali

Baca Lainnya

Tim Resmob Polres Boltim, Berhasil Mengamankan Tersangka Kasus Pembunuhan

28 May 2024 - 18:37 WIB

Satuan Reskrim Polres Boltim Berhasil Selesaikan Kasus Pengaiayaan Secara RJ

28 May 2024 - 18:07 WIB

Kejaksaan dan Polres Rote Ndao Diserbu Laporan : 25 Anggota DPRD Rote Ndao Diduga Lakukan Penyalahgunaan Dana Reses

28 May 2024 - 15:31 WIB

HPN 2025, PWI PROVINSI RIAU TUAN RUMAH

23 May 2024 - 23:00 WIB

Ditpolairud Polda Sulut Ungkap Praktik Penyalahgunaan BBM Bersubsidi Jenis Minyak Tanah di Teluk Manado

21 May 2024 - 22:11 WIB

Mantan Kabareskrim Minta Publik Sabar dan Tak Berasumsi Terkait Kasus Vina

20 May 2024 - 22:00 WIB

Trending di Hukrim