Menu

Mode Gelap
Presiden Jokowi Didampingi Gubernur Sulut Olly Dondokambey Resmikan Bendungan Lolak di Kabupaten Bolmong Puncak Peringatan HPN 2024 Gubernur Sulut Olly Dondokambey Terima Penghargaan Pena Emas, Disaksikan Presiden Jokowi Tamuntuan Sukses Wujudkan Ekspor Ikan Perdana ke Filipina Walikota Caroll Senduk Inspektur Upacara Peringatan HUT Ke-21 Kota Tomohon Tamuntuan Bawa Bantuan Bencana Ke Kampung Laine

Hukrim · 10 Jan 2023 12:35 WIB ·

Diduga Takut Polisikan Oknum Bendahara, Camat Tondano Barat Dituding Bohong


 (Foto Ilustrasi) Perbesar

(Foto Ilustrasi)

Minahasa,Sulutnews.com– Janji Camat Tondano Barat Robert Ratulangi, untuk menyelesaikan seluruh sisa pembayaran Gaji Kepala Lingkungan (Pala) di 9 Kelurahan Kecamatan Tondano Barat, kini di ragukan oleh sejumlah oknum pala.

Kepada Media ini di wawancarai, Mereka sangat berharap masalah ini dapat menjadi perhatian Bapak Kapolda Sulut Irjen Pol. Setyo Budianto, itu Karna gaji yang seharunya sudah wajib diselesaikan pada akhir Bulan Desember 2022, diduga kuat sudah di gelapkan oleh oknum Bendahara Kecamatan.

Pasalnya sampai hari ini, tidak ada lagi kabar tentang pembayaran gaji dari Kantor Kecamatan, tapi yang ada hanya janji manis belaka saja. “Padahal gaji kami itu kan berasal dari APBD, atau dari uang Negara, dan seharusnya wajib di selesaikan, dan tidak boleh di salah gunakan oleh siapa pun, termasuk bendahara kecamatan Tondano Barat, “ungkap Mereka.

Lanjut Mereka, beruntung hari ini, Selasa (10/1/2023), sudah ada Tim dan inspektorat Pemkab Minahasa yang  kembali mendata para Pala yang belum dan yang sudah menerima insentif, kabarnya minggu ini tuntas, semoga.” Harap mereka (sumber. red).

Mereka juga menuding janji Camat Ratulangi untuk mempolisikan oknum Bendahara yang diduga sudah menggelapkan uang gaji mereka itu hanya isapan jempol saja, “alias bohong.

Pasalnya kepada Media ini, Kapolres Minahasa AKBP Tommy Bambang Souissa melalui kasat Reskrim AKP. Edy Sutanto, di konfirmasi pada Selasa (10/1) baru – baru ini menegaskan, bahwa sampai malam ini, belum ada laporan dari yang bersangkutan (Camat), sebagaimana yang telah diberitakan sebelumnya oleh Sulutnews.com

Dimana saat di konfirmasi, Camat Ratulangi berjanji, jika gaji pala tidak diselesaikan paling lambat Jumat (6/1), dirinya selaku Camat akan mengambil langkah hukum yang tegas untuk melaporkan oknum bendahara ini ke Polres Minahasa, sebab menurutnya uang gaji tersebut sudah berada di tangan oknum bendahara, dan dirinya juga siap bertanggung jawab, janjinya pada saat itu.

Disisi lain, Lembaga Swadaya Masyarakat Independen Nasionalis Anti Korupsi (LSM-INAKOR) mendukung Polda Sulut untuk melakukan pengusutan mendalam terhadap dugaan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) yang terjadi di Kantor Kecamatan Tondano Barat, Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulut.

Kepada Media ini, Ketua LSM INAKOR Rolly Wenas mengatakan agar dapat mengusut dugaan Tipikor ini, Pihaknya mendukung Kapolda Sulut Irjen Pol Setyo Budianto untuk mengungkap masalah ini.

“Apa lagi kita ketahui bersama, bahwa sumber anggaran untuk pembayaran gaji untuk pala, ini di biayai oleh APBD, atau uang Negara. Yang seharusnya anggaran ini harus di peruntukan untuk membayar gaji pala, dan tidak boleh disalah gunakan, “ujar Rolly kepada Media ini, Minggu (8/1/2023).

LSM INAKOR  juga meminta kepada Bapak Kapolda Sulut, agar segera memanggil dan memeriksa pihak – pihak yang terlibat berperan aktif didalam-Nya.

Dijelaskan Rolly, Jika terbukti, para terduga pelaku dapat dijerat dengan Pasal 2 ayat (1) jo Pasal 18 ayat (1) huruf b Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 31Tahun 1999 tentang Tindak Pidana Korupsi. Subsider, Pasal 3 ayat (1) huruf b Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, atau Pasal 8 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, “urainya. (**/arp)

Artikel ini telah dibaca 326 kali

Baca Lainnya

Polisi Amankan Pelaku dan BB 8000 Liter BBM Solar Bersubsidi di 2 Lokasi di Manado

24 February 2024 - 19:55 WIB

Kasus Percabulan Terhadap Anak di Rote Barat, Modusnya Minta Pijat

24 February 2024 - 18:51 WIB

Proses Kasus Persetubuhan Empat Terlapor Di Desa Oelasin, Rote Ndao Naik Penyidikan

17 February 2024 - 14:22 WIB

Penyelesaian Kasus Persetubuhan Terhadap Gadis Di Bawah Umur Merupakan Potret Hukum Yang Mandul

15 February 2024 - 11:44 WIB

Sekda Watania Serahkan Tiga SK PLT Kepala Sekolah SMP di Langowan

13 February 2024 - 09:37 WIB

Dipimpin Ketua BPMS GMIM Pentahbisan Pastori GMIM Betlehem Lewet Dihadiri Gubernur Sulut dan Penjabat Bupati Minahasa

11 February 2024 - 22:47 WIB

Trending di Minahasa