Menu

Mode Gelap
Penjabat Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu Bagikan Telur Susu Bicuit Di Desa Kolobolon Presiden Jokowi Didampingi Gubernur Sulut Olly Dondokambey Resmikan Bendungan Lolak di Kabupaten Bolmong Puncak Peringatan HPN 2024 Gubernur Sulut Olly Dondokambey Terima Penghargaan Pena Emas, Disaksikan Presiden Jokowi Tamuntuan Sukses Wujudkan Ekspor Ikan Perdana ke Filipina Walikota Caroll Senduk Inspektur Upacara Peringatan HUT Ke-21 Kota Tomohon

News · 11 Jan 2023 13:23 WIB ·

Cuaca Extrim Landa Sangihe, Tamuntuan Masyarakat Tetap Waspada


 Cuaca Extrim Landa Sangihe, Tamuntuan Masyarakat Tetap Waspada Perbesar

Tahuna, Sulutnews.com – Angin kencang, hujan deras dan gelombang besar melanda wilayah Kabupaten Kepulauan Sangihe, sejak kemarin, Selasa (10/01) sampai hari ini masih berlangsung.

Terpantau di pesisir Kelurahan Santiago Kecamatan Tahuna, setidaknya ada 3 rumah rusak parah dan 4 lainnya juga rusak sedang, demikian juga di pesisir Kelurahan Tidore Kecamatan Tahuna gelombang besar menghantam talud bolevard mengakibatkan genangan air di sepanjang jalan dan air laut ada yang masuk ke rumah warga.

Kecamatan Tatoareng, Kampung Para Salingkere dusun Apeng Lawo, ombak besar dan angin kencang menerjang sampai ke pemukiman akibatnya bangunan sekolah SD menjadi sasaran, beberapa atap rusak juga talud penahan ombak rusak.

Masih kecamatan Tatoareng di Kampung Kalama, akibat ombak besar 1 pamo milik warga tenggelam, ombak juga masuk sampai ke pemukiman. Tak luput pelabuhan menjadi sasaran amukan ombak, saat hantaman ombak, dermaga nyaris tak terlihat.

Di Kecamatan Nusa Tabukan, amukan ombak juga merusak rumah warga dan menghantam pemukiman warga di Kampung Tinakareng.

Satu perahu di desa Paghulu kecamatan Manganitu, juga menjadi korban amukan ombak besar.

Wilayah perbatasan, Pulau Lipaeng, Kawaluso, Matutuang dan Marore pun turut merasakan amukan ombak yang menerjang pesisir pantai dan dermaga.

Belum lagi longsor di jalan Barangka-Bakalaeng terjadi dua hari lalu akibat tensitas curah hujan tinggi, beruntung sudah berhasil di bersihkan, jalan Tahuna-Tabukan Utara juga alami longsor, satu tiang listrik tumbang di jalan Kampung Lenganeng Kecamatan Tabukan Utara.

Pihak pemerintah, TNI/Polri bahu membahu membersihkan longsor dan membantu masyarakat.

Penjabat Bupati, Rinny Silangen Tamuntuan (RST) menyampaikan himbauan kepada masyarakat Sangihe, untuk tetap waspada.

“Masyarakatku yang tercinta, cuaca ekstrim ini masih berlangsung, kami mohon untuk tetap waspada. Di pesisir pantai diharapkan mengungsi sementara waktu demi keselamatan, demikian pula yang tinggal di batarn sungai, lereng gunung tetap waspada akan bahaya longsor dan banjir” himbau Bupati.

Lanjut Tamuntuan, bagi dinas terkait, pemerintah Kecamatan, Kelurahan dan desa agar kooperatif tanggap bencana, segera melakukan langka kongkrit membantu masyarakat terdampak cuaca ekstrim, juga melaporkan setiap kerusakan dan korban bencana.

Tak hanya itu, Tamuntuan juga sembari mengucapkan doa agar Tuhan menjaga dan melindungi Sangihe, baik di daratan Sangihe maupun di wilayah pulau-pulau.

Di informasikan juga, untuk hari ini tidak ada pelayaran kapal komersil yang melayani Tahuna-Manado. (Andy Gansalangi)

Artikel ini telah dibaca 1,381 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Polnustar Bangun Kemitraan Dengan Sinode GMIST

4 April 2024 - 20:46 WIB

Tamuntuan Dorong Implementasi Kurikulum Merdeka

2 April 2024 - 22:07 WIB

PWI Minut Resmi Dilantik, Bupati Joune Ganda Ucapkan Selamat Bertugas

2 April 2024 - 12:36 WIB

Pelatda Cabor Bridge Menuju PON Aceh dan Sumut

25 March 2024 - 20:24 WIB

Akibat Inflasi Kemiskinan di Sangihe Naik

25 March 2024 - 11:57 WIB

Sangihe Darurat HIV/AIDS Gereja Angkat Bicara

24 March 2024 - 14:51 WIB

Trending di Sangihe