Menu

Mode Gelap
Puncak Peringatan HPN 2024 Gubernur Sulut Olly Dondokambey Terima Penghargaan Pena Emas, Disaksikan Presiden Jokowi Tamuntuan Sukses Wujudkan Ekspor Ikan Perdana ke Filipina Walikota Caroll Senduk Inspektur Upacara Peringatan HUT Ke-21 Kota Tomohon Tamuntuan Bawa Bantuan Bencana Ke Kampung Laine HCB Tunaikan Janjinya, 28 Desember 2023, Kick-off UKW PWI Bantuan BUMN Dimulai di Aceh, NTT dan Sulut

Hukrim · 11 Jan 2023 08:33 WIB ·

Bupati ROR Turunkan Timsus Usut Dugaan Penggelapan Gaji Pala di Kecamatan Tondano Barat


 Bupati Minahasa Dr. Ir. Royke Octavian Roring M.Si., IPU, ASEAN. Eng. (ROR)  Perbesar

Bupati Minahasa Dr. Ir. Royke Octavian Roring M.Si., IPU, ASEAN. Eng. (ROR) 

Minahasa, Sulutnews.com– Bupati Minahasa Dr. Ir. Royke Octavian Roring M.Si., IPU, ASEAN. Eng. (ROR) tidak tinggal diam untuk mengusut dugaan penggelapan gaji Kepala Lingkungan (Pala) di 9 Kelurahan yang berada di Kecamatan Tondano Barat, Kabupaten Minahasa.

Buktinya saat ini, Bupati ROR langsung bergerak cepat membentuk Tim Khusus (Timsus) untuk melakukan investigasi terkait masalah pembayaran gaji Pala yang tidak dibayarkan seutuhnya oleh Pemerintah Kecamatan Tondano Barat, pada akhir Desember 2022.

Padahal sebelumnya, uang untuk membayar gaji pala di 9 Kelurahan di Kecamatan Tondano Barat, pada Bulan Desember 2022 sudah dicairkan oleh Bank Sulutgo ke rekening Bendahara kecamatan, dan hal tersebut juga dibenarkan oleh Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Joice Pua S.E.

Kepada Media ini, Joice Pua mengatakan, bahwa untuk gaji pala di Kabupaten Minahasa semua sudah dicairkan pada akhir bulan Desember 2022. “Jadi pembayaran gaji untuk pala proses lanjutnya tinggal dilakukan oleh camat dan bendahara yang akan menyalurkan, “Ujarnya.

Dari keterangan Joice Pua sangat jelas, seharusnya uang untuk pembayaran gaji ini wajib ditindak lanjuti oleh camat dan bendahara, namun saja tidak dilakukan demikian.

Bahkan, berdasarkan investigasi Sulutnews.com ada sebanyak 108 pala di 9 Kelurahan sejak bulan Juni sampai akhir Desember 2022, gaji mereka belum dicairkan, padahal gaji para pala ini sudah dianggarkan dari APBD.

Dari hasil investigasi ini, pada Bulan Desember 2022, Camat Tondano Barat Robert Ratulangi di konfirmasi lebih lanjut  juga turut membenarkan keterlambatan pembayaran gaji pala di Kecamatan Tondano Barat.

Bahkan kepada Media ini, Camat Ratulangi berjanji jika gaji pala tidak diselesaikan paling lambat Jumat (6/1), dirinya selaku Camat akan mengambil langkah hukum yang tegas untuk melaporkan oknum bendahara ini ke Polres Minahasa, sebab menurutnya uang gaji tersebut sudah berada di tangan oknum bendahara.

Terkait masalah pembayaran gaji Pala ini, Kepada Sulutnews.com Bupati Minahasa melalui Kepala Inspektorat Minahasa Moudy Lontaan S.Sos mengatakan, bahwa Bupati Minahasa sudah membentuk Tim Audit Investigasi.

Tim Audit Investigasi ini berasal dari Dinas Inspektorat, kata Moudy Lontaan, Rabu (11/1/2023).

Dikatakan Lontaan, Tim Audit Investigasi ini di bentuk oleh Bapak Bupati untuk mendalami masalah pembayaran gaji yang terjadi di 9 Kelurahan yang berada di Kecamatan Tondano Barat. “Tunggu saja bagaimana hasil nya, dalam satu atau dua hari ini akan segera saya sampaikan.

“Pastinya Tim Audit Investigasi ini akan Bekerja Profesional untuk mengusut masalah ini, dan dari hasil investigasi ini nantinya, Tim akan memberikan rekomendasi sangsi apa yang pantas diberikan kepada terduga pelaku yang merupakan bendahara di Kantor Kecamatan Tondano Barat, tuturnya.

“Pastinya, Tim Audit Investigasi ini akan bekerja serius, kita tunggu saja hasil investigasinya, “Imbuh Lontaan. (**/arp).

Artikel ini telah dibaca 461 kali

Baca Lainnya

Proses Kasus Persetubuhan Empat Terlapor Di Desa Oelasin, Rote Ndao Naik Penyidikan

17 February 2024 - 14:22 WIB

Penyelesaian Kasus Persetubuhan Terhadap Gadis Di Bawah Umur Merupakan Potret Hukum Yang Mandul

15 February 2024 - 11:44 WIB

Sekda Watania Serahkan Tiga SK PLT Kepala Sekolah SMP di Langowan

13 February 2024 - 09:37 WIB

Dipimpin Ketua BPMS GMIM Pentahbisan Pastori GMIM Betlehem Lewet Dihadiri Gubernur Sulut dan Penjabat Bupati Minahasa

11 February 2024 - 22:47 WIB

Kasus Persetubuhan Gadis Di Bawah Umur Diselesaikan Damai, Banyak Pihak Kesal UU Anak Di Nodai

11 February 2024 - 20:53 WIB

Motor Kredit Dijual, Ketua RT di Jember Jadi Narapidana

11 February 2024 - 17:00 WIB

Trending di Hukrim