Menu

Mode Gelap
Walikota Tomohon Caroll Senduk Didampingi Sekot Edwin Roring Hadiri Dialog Publik “Masyarakat Bertanya Walikota Menjawab” Pelestarian Laut Dukung Peningkatan Pariwisata, Suzuki Indonesia Adakan Bersih-Bersih Pantai Bunaken Dengan Ratusan Pelajar Wagub Steven Kandouw Lantik Wounde Sebagai Penjabat Bupati Sangihe Breaking News Tamuntuan Pergi, Wounde Datang Kecamatan Tatoareng Kepulauan Sangihe Terancam Jatuh Miskin

Minahasa · 23 Mar 2023 14:26 WIB ·

Bupati ROR Hadiri Misa Syukur 100 Tahun Pembaptisan Pertama Umat Katolik Pinabetengan


 Foto. Bupati Minahasa Dr. Ir. Royke Octavian Roring MSi IPU Eng, menghadiri Misa syukur 100 tahun pembaptisan pertama umat Katolik Stasi Santa Maria Diangkat ke Surga Pinabetengan, Rabu (22/3/2023) Perbesar

Foto. Bupati Minahasa Dr. Ir. Royke Octavian Roring MSi IPU Eng, menghadiri Misa syukur 100 tahun pembaptisan pertama umat Katolik Stasi Santa Maria Diangkat ke Surga Pinabetengan, Rabu (22/3/2023)

MINAHASA|SULUTNEWS.COMBUPATI Minahasa Dr Ir Royke Octavian Roring MSi IPU Eng (ROR) didampingi segenap jajaran Pemkab Minahasa, menghadiri Misa syukur 100 tahun pembaptisan pertama umat Katolik Stasi Santa Maria Diangkat ke Surga Pinabetengan, Rabu (22/3/2023)

Misa syukur tersebut dipimpin oleh Uskup Manado Mgr Benedictus Estepanus Rolly Untuk MSC didampingi sejumlah imam yang berkarya di wilayah Kevikepan Tondano-Mitra dan Tomohon.

Dalam homilinya, Uskup Rolly Untu memberi pekan penekanan terkait momentum 100 tahun pembaptisan pertama umat Katolik Stasi Pinabetengan dan 100 tahun SD Katolik Pinabetengan.

“Peristiwa pembaptisan umat Katolik Pinabetengan 100 tahun lalu tidak lepas dari peran Roh Kudus. Selanjutnya dengan saya Rohan Tuhan sendiri yang berkarya dalam diri kita, lahirlah karya nyata, salah satunya di bidang pendidikan melalui kehadiran SD Katolik Pinabetengan,” ungkap Uskup Rolly Untu.

Ditambahkan Uskup Rolly Untu, bahwa belajar dari apa yang dialami Yesus saat Ia dibaptis, tertulis dengan jelas di Kita Suci bahwa di sana ada peran Roh Kudus sebagai penuntun.

Dalam keseluruhan karya Allah didalam diri Yesus, kuasa roh terus menyertai Yesus sejak dikandung hingga mati di salib.

Demikian juga kata Uskup Rolly Untu Roh Kudus yang sama perjalanan kehidupan 100 tahun umat Katolik Pinabetengan hingga saat ini.

“Karya Tuhan kepada umat Pinabetengan sangat luar biasa. Tentu diharapkan, buah-buah roh yang telah disemai oleh para imam yang melayani sejak 100 tahun lalu dan tokoh umat perdana dapat terus tumbuh dan berbuah terus dan membawa kebaikan bagi banyak orang. Mari kita syukuri atas karya Tuhan ini,” harap Uskup Rolly Untu.

Pada bagian akhir misa syukur tersebut, Bupati ROR membawakan sambutan serta ucapan selamat kepada umat Katolik Pinabetengan.

“Atas nama pribadi, keluarga dan Pemerintah Kabupaten Minahasa, saya dan Wakil Bupati mengucapkan selamat kepada seluruh umat Katolik Stasi Pinabetengan yang merayakan 100 tahun pembaptisan pertama dan 100 tahun berdirinya SD Katolik Pinabetengan,” ucap Bupati ROR.

Ditambahkan Bupati ROR, di tengah-tengah penghayatan Minggu sengsara Yesus Kristus, umat Katolik Stasi Pinabetengan pantas mensyukuri atas perayaan 100 tahun pembaptisan pertama dan 100 tahun berdirinya SD Katolik Pinabetengan.

“Tentu ini adalah momentum yang harus kita syukuri sambil menghayati pengorbanan Yesus di kayu salib. Selamat kepada umat Katolik Pinabetengan yang boleh menggelar perayaan syukur ini,” ujarnya.

Bupati ROR juga menyampaikan terima kasih kepada Uskup Rolly Untu dan seluruh umat Katolik di Minahasa yang terus me menopang program pemerintah, khususnya saat masa Pandemi COVID-19.

“Perkenankan juga saya menyampaikan pesan Gubernur Sulut Olly Dondokambey untuk menyikapi potensi masa sulit yang bisa saja terjadi dengan terus mengupayakan ketahanan pangan di wilayah kita masing-masing,” kata Bupati Royke Roring.

Menutup sambutan tersebut, Bupati Royke Roring atas nama Pemkab Minahasa menyatakan kesediaannya membantu panitia pelaksana dalam pembangunan Pastoran atau rumah tinggal untuk para imam yang datang melayani umat di Stasi Pinabetengan.

Usai sambutan, Bupati Royke Roring, Uskup Rolly Untu, yang mewakili Gubernur Sulut, tamu undangan serta para pejabat Pemkab Minahasa beranjak dari gedung gereja untuk melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pastoran yang dimaksud.

Pada Misa tersebut juga, Bupati Royke Roring mendapat berkat khusus dari Uskup Rolly Untu pada bagian awal prosesi penerimaan komuni.

Para pejabat Pemkab Minahasa yang turut hadir antara lain adalah Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Maya Kainde, Kepala Dinas Pendidikan Tommy Wuwungan, Kepala Dinas Sosial dr Maya Rambitan, Kepala Dinas Pertanian Margaretha Ratulangi, Kabag Kesra Pdt Geovani Rorora, Camat Tompaso Barat Stevry Pandey, Capat Tompaso Stenly Umboh, Camat Kawangkoan Utara Fabian Mendur serta jajaran Pemkab Minahasa lainnya.

(**/arp)

Artikel ini telah dibaca 600 kali

Baca Lainnya

Rektor Unima Prof Deitje Katuuk Optimis Unima Akan Segera Mendapat Akreditasi ” A” Ungul

29 June 2024 - 23:22 WIB

Lomba Hapsa P/KB GMIM Selesai, Selasa Penyerahan Hadiah Pemenang

16 June 2024 - 22:40 WIB

Bupati Kumendong Lantik Pengurus BKSAUA dan LPPD Minahasa 2024-2028 Peran Penting Perkokoh Kerukunan dan Toleransi Umat Beragama

5 June 2024 - 23:02 WIB

Dipimpin Pangdam Mayjen TNI Candra Wijaya, Prajurit Kodam XIII/Merdeka Bersama Berbagai Golongan Peringati Hari Lahir Pancasila

1 June 2024 - 22:38 WIB

Bakal Calon Rektor Unima Patricia Silangen : Unima Harus Ungul Di Kawasan Asia Pasifik

29 May 2024 - 21:57 WIB

Ibadah HUT Ke-61 Jemaat GMIM Moria Sasaran Dihadiri Bupati Kumendong dan Sekda Watania

19 May 2024 - 22:28 WIB

Trending di Minahasa