Menu

Mode Gelap
Breaking News Tamuntuan Pergi, Wounde Datang Kecamatan Tatoareng Kepulauan Sangihe Terancam Jatuh Miskin Penjabat Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu Bagikan Telur Susu Bicuit Di Desa Kolobolon Presiden Jokowi Didampingi Gubernur Sulut Olly Dondokambey Resmikan Bendungan Lolak di Kabupaten Bolmong Puncak Peringatan HPN 2024 Gubernur Sulut Olly Dondokambey Terima Penghargaan Pena Emas, Disaksikan Presiden Jokowi

Boltim · 6 Jan 2023 00:29 WIB ·

Bupati Boltim Hadiri Rapat Paripurna Penetapan Propemperda Tahun 2023 Dan Penyampaian Ranperda


 Foto : Tampak Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto saat menyampaikan sambutan. Perbesar

Foto : Tampak Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto saat menyampaikan sambutan.

Boltim, Sulutnews.com – Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sam Sachrul Mamonto. S. Sos. MSi, menghadiri rapat Paripurna tentang penetapan Propemperda Tahun 2023, dan penyampaian Ranperda yang meliputi; pajak dan retribusi Daerah, perubahan kedua atas peraturan Daerah nomor 10 tahun 2016, tentang pembentukan dan susunan perangkat Daerah Kabupaten Boltim rencana tata ruang wilayah Tahun 2023 – 2043.

Rapat Paripurna tersebut, dipimpin langsung oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Boltim Fuad Landjar. SH, didampingi Wakil Ketua Medy Lensun dan Muhammad Jabir, bertempat di Ruang Paripurna, Kantor DPRD Boltim, Jumat 06 Januari 2023.

Foto : Tampak Rapat Paripurna saat dimulai.

Pada kesempatan itu, Bupati menyampaikan, bahwa DPRD mempunyai wewenang untuk membahas dan mengkaji Rencana Peraturan Daerah yang telah diajukan oleh Pemerintah Daerah (Pemda)maupun sebaliknya guna menghasilkan Peraturan Daerah (Perda) yang mengandung nilai – nilai strategis. Yang digunakan sebagai landasan yuridis formal bagi Pemerintahan, sehingga tercipta clean and good governance.

Foto:Tampak Penandatanganan nota kesepakatan.

“Program pembentukan Perda merupakan pedoman pengendali penyusunan Perda yang mengikat antara Pemda dan DPRD untuk membentuk Perda. Oleh karena itu Perda memegang peranan penting dalam penyelenggaraan Pemerintahan di Daerah, karena Perda adalah peraturan perundang – undangan yang dibentuk oleh DPRD dengan persetujuan bersama Kepala Daerah untuk melaksanakan Pemerintahan yang berdasarkan kepatuhan terhadap ketentuan peraturan yang berlaku. Selain itu, dalam perbentukan Perda harus memperhatikan kondisi Daerah yang bertujuan untuk mensejahterakan serta memberi kepastian hukum bagi Masyarakat,”Jelas Bupati.

Foto :Tampak foto bersama usai rapat Paripurna.

Bupati Juga mengapresiasi kepada semua pihak terutama kepada segenap Pimpinan dan Anggota DPRD Boltim yang telah mengagendakan rapat Paripurna hari ini.

“Kita menyadari sepenuhnya bahwa ini merupakan langkah penting dan strategis dalam upaya mendorong Bolaang Mongondow Timur khususnya dari segi regulasi yang akan berdampak besar dalam pengambilan kebijakan pengelolaan segala sumber daya yang dimiliki secara legitimasi dalam meningkatkan tata kelola Pemerintahan, efektif dan efisien, bertujuan untuk kemakmuran dan kemajuan demi terwujudnya Kabupaten Boltim yang aman, berbudaya dan sejahtera melalui sinergitas pembangunan perdesaan,”Terangnya.

Bupati berharap, Propemperda 2023 dan seluruh Ranperda yang disampaikan hari ini akan ditindaklanjuti sesuai mekanisme yang ada sehingga akan melahirkan Perda yang baik.

“Pemda menaruh harapan kepada Pimpinan DPRD serta segenap Anggota DPRD yang terhormat kiranya seluruh Ranperda dapat dibahas pada tingkat selanjutnya dan segera ditetapkan menjadi Peraturan Daerah, saya atas nama Pemda dan Masyarakat Kabupaten Boltim menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi – tingginya kepada DPRD Kabupaten Boltim atas kinerja dan kerjasama yang baik serta seluruh pihak yang telah ikut berpartisipasi dalam menyukseskan rapat paripurna ini,”Tutup Bupati.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Boltim Oskar Manoppo, Seluruh anggota DPRD, Asisten I,II dan III, Kepala OPD, Camat, Kepala Desa dan anggota BPD. (Advetorial)

Artikel ini telah dibaca 1,328 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Tim Resmob Polres Boltim, Berhasil Mengamankan Tersangka Kasus Pembunuhan

28 May 2024 - 18:37 WIB

Satuan Reskrim Polres Boltim Berhasil Selesaikan Kasus Pengaiayaan Secara RJ

28 May 2024 - 18:07 WIB

HPN 2025, PWI PROVINSI RIAU TUAN RUMAH

23 May 2024 - 23:00 WIB

Bupati SSM Sukses Mengawal Usulan Pembangunan Pelabuhan Kotabunan

22 May 2024 - 22:21 WIB

RASA Di Gadang – Gadang Bakal Mendampingi SSM Di Pilkada Boltim 2024

20 May 2024 - 21:02 WIB

PWI Sulut Gandeng Institut Agama Kristen Negeri Manado

18 May 2024 - 02:00 WIB

Trending di Manado