Menu

Mode Gelap
Penjabat Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu Bagikan Telur Susu Bicuit Di Desa Kolobolon Presiden Jokowi Didampingi Gubernur Sulut Olly Dondokambey Resmikan Bendungan Lolak di Kabupaten Bolmong Puncak Peringatan HPN 2024 Gubernur Sulut Olly Dondokambey Terima Penghargaan Pena Emas, Disaksikan Presiden Jokowi Tamuntuan Sukses Wujudkan Ekspor Ikan Perdana ke Filipina Walikota Caroll Senduk Inspektur Upacara Peringatan HUT Ke-21 Kota Tomohon

Kepolisian · 27 Jan 2023 07:06 WIB ·

Brigpol Tikha Sunkudon, Polwan Humas Polda Sulut Bantu Evakuasi Korban Banjir di Manado


 Brigpol Tikha Sunkudon, Polwan Humas Polda Sulut Bantu Evakuasi Korban Banjir di Manado Perbesar

MANADO,SULUTNEWS.COM – Tak hanya melakukan tugas peliputan penanganan banjir di wilayah Kota Manado, seorang personel polisi wanita (Polwan) Bidang Humas Polda Sulawesi Utara (Sulut), juga membantu mengevakuasi warga, Jumat (27/1/2023) pagi. Sosok Polwan tersebut adalah Brigpol Tikha Sunkudon.

Awalnya, pagi itu dirinya bersama Bripda Angga Lawitang dan Bripda Elkana Simbar mendapat tugas dari Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Jules Abraham Abast, untuk meliput kegiatan penanganan banjir. Banjir yang menggenangi sejumlah rumah warga ini disebabkan oleh tingginya curah hujan yang turun sejak Kamis (26/1) malam.

Tak menunggu lama, Brigpol Tikha bersama dua rekannya tersebut langsung ‘tancap gas’ menggunakan kendaraan dinas, ke salah satu lokasi yang terdampak banjir, yakni di Kelurahan Ternate Tanjung, Kecamatan Singkil, Kota Manado.

“Sampai di lokasi, saya dan rekan-rekan langsung melaksanakan tugas peliputan meskipun di bawah guyuran hujan deras,” kata Brigpol Tikha.

Di sela-sela peliputan, Brigpol Tikha pun melihat seorang perempuan lanjut usia yang terjebak banjir di rumahnya bersama dengan beberapa anggota keluarga yang lain. Dia pun langsung menghentikan aktivitas peliputan dan berinisiatif memberikan pertolongan. Diketahui, perempuan berumur 76 tahun tersebut sedang dalam keadaan tidak bisa berjalan karena terjatuh beberapa waktu lalu.

“Saya tidak tega melihat keadaan oma (nenek) tersebut, dalam keadaan sakit dan terjebak banjir. Saya bersama personel Direktorat Samapta Polda Sulut yang berada di lokasi dan warga lain lalu membopong oma keluar rumah. Setelah itu oma dievakuasi dengan menggunakan perahu karet sampai ke jalan yang tidak tergenang air,” tutur Brigpol Tikha sambil menggigil kedinginan karena seluruh seragam peliputannya basah kuyup.

Tak hanya membopong oma, saat evakuasi tersebut Brigpol Tikha juga ikut menarik perahu karet dari sisi kiri, sambil berteriak, “ambulance, ambulance”.

“Oma tersebut kemudian dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara Manado untuk diperiksa kesehatannya,” jelas istri Kapolsek Melonguane, Ipda Stanny Elias ini.

Brigpol Tikha pun mengaku bersyukur bisa turut ambil bagian dalam membantu warga masyarakat yang sedang mengalami musibah.

“Saya sangat bersyukur kepada Tuhan. Walaupun mungkin ini hal kecil dan bukan hanya saya sendiri yang melakukannya, tetapi saya bisa ikut ambil bagian dalam menolong masyarakat. Semoga oma tetap diberikan kesehatan, dan semoga musibah banjir ini segera berlalu,” pungkas ibu dari dua anak ini. (**/arp)

Artikel ini telah dibaca 78 kali

Baca Lainnya

Peduli Bencana Alam Kota Bitung, PKB GMIM Rayon Manado Salurkan Bantuan

12 April 2024 - 21:19 WIB

Hari Kedua Lebaran 2024, Malonds, Mewoh dan Linu Hadiri Open House Kediaman Zulkifli Densi

12 April 2024 - 05:51 WIB

Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Wakhyono Bersama Masyarakat Sulut Sholat Idul Fitri 1445 H

10 April 2024 - 20:41 WIB

Panggilan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa PT. Enjeka Ferronusa

10 April 2024 - 09:43 WIB

Bawaslu RI Gelar Rakor Organisasi Pengawas Pemilu bagi Stakeholder di Minsel

9 April 2024 - 00:33 WIB

Jelang Idul Fitri 1445 H, Kapolda dan PJU Sambangi 5 Pos Pengamanan Hari Raya di Kota Manado

8 April 2024 - 23:34 WIB

Trending di Kepolisian