Menu

Mode Gelap
Presiden Jokowi Didampingi Gubernur Sulut Olly Dondokambey Resmikan Bendungan Lolak di Kabupaten Bolmong Puncak Peringatan HPN 2024 Gubernur Sulut Olly Dondokambey Terima Penghargaan Pena Emas, Disaksikan Presiden Jokowi Tamuntuan Sukses Wujudkan Ekspor Ikan Perdana ke Filipina Walikota Caroll Senduk Inspektur Upacara Peringatan HUT Ke-21 Kota Tomohon Tamuntuan Bawa Bantuan Bencana Ke Kampung Laine

Bolmut · 31 Jan 2023 01:51 WIB ·

Berantas Nyamuk Demam Berdarah, Sekda Terjun Langsung Mengawasinya


 Berantas Nyamuk Demam Berdarah, Sekda Terjun Langsung Mengawasinya Perbesar

Bolmut, Sulutnews.com – Sekretaris Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara dr. Jusnan C Mokoginta, MARS, mengawasi langsung proses pengasapan (fogging) untuk memberantas nyamuk demam berdarah di seputaran Lapangan Kembar Boroko Desa Boroko Timur Kecamatan Kaidipang. Selasa (31/01/2023) Jam 07:27 Wita.

Informasi yang masuk ke Dinas Kesehatan Bolmong Utara ada satu pasien yang sudah dirujuk ke RSU Aloei Saboe Kota Gorontalo akibat gejala demam berdarah dari Desa Boroko Timur. Guna mencegah penularan ini Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penanggulangan Penyakit Menular Ny. Sri Yudi Kohongia segera mengantisipasi dengan langkah awal melakukan pengasapan (fogging).

Fogging atau pengasapan adalah tindakan dengan bahan insektisida, bertujuan untuk membunuh nyamuk khususnya pembawa (vektor) penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Dampak dari Virus dengue yang dibawa oleh nyamuk aedes aegypti akan masuk kedalam tubuh dan menyebabkan keluarnya cairan dari aliran darah serta perubahan komposisi darah (penurunan angka trombosit dan peningkatan angka hematocrit) sehingga penderita mengalami perdarahan atau syok.

“Tindakan ini hanya membunuh nyamuk dewasa saja tidak untuk larva, telur, ataupun jentik nyamuk, selanjutnya telur, larva atau jentik akan berkembang menjadi nyamuk dewasa. Fogging memang bisa dilakukan untuk pengendalian penularan DBD, namun harus dibarengi dengan tindakan lain yaitu tindakan 3M singkatan dari Menguras,Menutup dan Mengubur. Gerakan 3M merupakan cara ampuh untuk menekan angka penyebaran penyakit DBD (Demam Berdarah Dengue), cara efektif lainnya secara alami dengan menanam tanaman pengusir nyamuk bunga lavender, mengatur cahaya dan ventilasi dalam rumah,”ujarYudi Kohongia.

Menurut Sekda Bolmong Utara setelah meninjau langsung lingkungan perumahan pasien DBD terlihat rimbunan pepohonan yang menghalangi sinar matahari sehingga menjadi lembab dan ada genangan air di selokan drainase terlihat jentik-jentik nyamuk.

“Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) perlu ditingkatkan terutama pada musim penghujan dan pancaroba, karena meningkatnya curah hujan dapat meningkatkan tempat-tempat perkembangbiakan nyamuk penular DBD, sehingga seringkali menimbulkan kejadian luar biasa (KLB) terutama pada saat musim penghujan.” Kata Sekda Bolmong Utara.

Sekda Bolmut mengingatkan kepada para petugas sebelum melaksanakan pengasapan ini agar menghimbau kepada penghuni rumah jika ada bayi, anak-anak, orang tua yang sudah uzur, untuk sementara memakai masker atau menjauhi proses pengasapan. (**/Gandhi Goma).

Artikel ini telah dibaca 78 kali

Baca Lainnya

Setwan DPRD Sulut Gerak Cepat, Inilah Syarat Kunker Luar Negri Sesuai Kemendagri 59 Tahun 2019

24 February 2024 - 11:08 WIB

Laporkan Hasil Reses, Braien Waworuntu Nyatak Petani Perlu Perhatian Khusus

22 February 2024 - 15:03 WIB

Laporkan Hasil Kinerja Secara Transparan, MJP Dapat Apresiasi

22 February 2024 - 14:37 WIB

Kaesang Pangerap, Dorong MJP Maju Bupati Minahasa Utara

22 February 2024 - 14:25 WIB

Nick Lomban : Komisi II Prioritaskan Kepentingan Masyarakat

22 February 2024 - 12:23 WIB

Produksi Beras Sulut Turun, Anggota DPRD Sulut Kritisi Kinerja SDA

22 February 2024 - 12:13 WIB

Trending di Sulut