Menu

Mode Gelap
Presiden Jokowi Didampingi Gubernur Sulut Olly Dondokambey Resmikan Bendungan Lolak di Kabupaten Bolmong Puncak Peringatan HPN 2024 Gubernur Sulut Olly Dondokambey Terima Penghargaan Pena Emas, Disaksikan Presiden Jokowi Tamuntuan Sukses Wujudkan Ekspor Ikan Perdana ke Filipina Walikota Caroll Senduk Inspektur Upacara Peringatan HUT Ke-21 Kota Tomohon Tamuntuan Bawa Bantuan Bencana Ke Kampung Laine

Bisnis · 20 Nov 2023 17:48 WIB ·

Tokocrypto Tingkatkan Literasi Finansial dan Investasi Kripto di Jawa Barat


 Caption : CMO Tokocrypto Wan Iqbal di Web3 On Campus Telkom University Perbesar

Caption : CMO Tokocrypto Wan Iqbal di Web3 On Campus Telkom University

Bandung, Sulutnews.com – Tokocrypto, pedagang aset kripto nomor 1 di Indonesia, terus berkomitmen untuk meningkatkan literasi finansial dan pengetahuan tentang investasi, serta memperkenalkan teknologi blockchain kepada masyarakat. Dalam upaya mewujudkan misi ini, Tokocrypto telah meluncurkan program inovatif untuk edukasi dan literasi keuangan di provinsi Jawa Barat, khususnya di kota Bandung.

Menurut data dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), indeks literasi keuangan di Jawa Barat mencapai lebih dari 56% pada tahun 2022, sedangkan rata-rata nasional sekitar 50%. Sementara tingkat inklusi keuangan di Jawa Barat mencapai 86%, melebihi rata-rata nasional yang hanya sekitar 80%. Tingkat literasi keuangan yang relatif baik ini menjadi fokus utama Tokocrypto untuk terus ditingkatkan.

“Kami yakin bahwa investasi kripto dan teknologi blockchain memiliki potensi besar untuk mengubah cara masyarakat memandang keuangan. Oleh karena itu, sebagai

#ExchangeIndonesia, Tokocrypto berkomitmen untuk memberikan edukasi dan literasi yang diperlukan kepada masyarakat di Jawa Barat, serta di kota-kota lainnya,” kata Wan Iqbal, Chief Marketing Officer (CMO) Tokocrypto.

“Kami ingin membantu mereka memahami manfaat teknologi ini dan bagaimana cara berinvestasi dengan bijak. Di era digital saat ini, penting bagi masyarakat untuk terus beradaptasi dengan perkembangan terbaru, dan kripto serta blockchain menjadi bagian integral dari revolusi tersebut,” tambahnya.

Gelaran OBRAS dan Web3 On Campus

Untuk mendekatkan pengetahuan tentang kripto dan teknologi blockchain, Tokocrypto telah melaksanakan dua acara besar di kota Bandung, Jawa Barat, yaitu OBRAS (Obrolan Komunitas) dan Web3 On Campus. Sejak Januari 2023, OBRAS dan Web3 On Campus telah mengunjungi 27 kota dan mencapai 25.000 peserta.

Saat ini, sekitar 20% dari total 3,5 juta pengguna aktif Tokocrypto berasal dari Jawa Barat, yang menunjukkan minat yang signifikan dari masyarakat setempat dalam aset kripto. Program literasi dan edukasi investasi kripto yang diadakan oleh Tokocrypto mencakup berbagai topik, termasuk investasi kripto, teknologi blockchain, konsep Web3, dan Non-Fungible Tokens (NFT).

Pada tanggal 17 November 2023, Tokocrypto #ExchangeIndonesia mengadakan acara OBRAS berkolaborasi dengan komunitas StandupIndo Bandung. Selain itu, Tokocrypto juga menggelar Web3 On Campus bersama IDNFT di Telkom University, yang menghadirkan sejumlah pembicara ahli di bidangnya, antara lain, Wan Iqbal, CMO Tokocrypto; Setia Adhi, NFT Kreator; Bobby Putra, Head Community Karafuru NFT.

Acara Web3 On Campus adalah inisiatif khusus yang difokuskan pada mahasiswa dan kalangan akademis. Tujuan utama Web3 On Campus adalah memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang teknologi web3, NFT, dan peran kripto dalam mengubah lanskap digital di masa depan.

“Melalui berbagai program edukasi, workshop, dan seminar, Tokocrypto akan terus berupaya untuk mengurangi kesenjangan pengetahuan antara konsep kripto dan masyarakat umum. Kami berharap, dengan pemahaman yang lebih baik, masyarakat dapat membuat keputusan finansial yang lebih informasional dan meraih manfaat maksimal dari teknologi ini,” ungkap

Iqbal.

#PilihBitcoin2024

Dalam presentasinya, Iqbal menjelaskan keunggulan Bitcoin sebagai bentuk investasi masa depan, terutama menjelang tahun 2024 yang akan bersamaan dengan momen halving dan Pemilihan Umum (Pemilu) di Indonesia. Dengan tagline #PilihBitcoin2024, Iqbal menekankan tiga kata kunci utama yang mencerminkan sifat unik Bitcoin: Merakyat, Transparan, dan Dapat Diandalkan.

“Sejak diciptakan oleh entitas yang dikenal dengan nama ‘Satoshi Nakamoto’ pada tahun 2009, Bitcoin telah mengubah wajah industri keuangan global. Tanpa adanya pemilik utama, aset digital ini benar-benar merepresentasikan makna ‘Dari Rakyat, Oleh Rakyat, dan untuk Rakyat,” kata Iqbal dalam acara Web3 On Campus di Telkom University, Jumat (17/11).

Menariknya, saat mempertimbangkan Bitcoin sebagai aset investasi, tidak dapat dihindari untuk membandingkannya dengan emas dan saham. Emas dikenal sebagai ‘safe haven’ dalam dunia investasi, sementara saham menawarkan pertumbuhan dan dividen. Namun, dengan mendekati momentum Bitcoin halving di tahun 2024, potensi kenaikan harga BTC diperkirakan akan jauh lebih tinggi.

“Dengan segala keunggulan yang dimilikinya, Bitcoin kini tidak hanya merupakan aset digital, melainkan juga bentuk investasi masa depan yang menjanjikan. #PilihBitcoin2024 bisa dianggap sebagai salah satu pilihan investasi, mengingat pergerakan harga BTC selama tahun ini. Meski begitu, tetap diperlukan penelitian yang cermat sebelum membuat keputusan dan bijaksana dalam menghadapi fluktuasi pasar,” tutup Iqbal.(*/Merson)

Artikel ini telah dibaca 1,232 kali

Baca Lainnya

Realisasi Investasi di Sulut Tahun 2023 Mencapai Rp 10,17 Triliun Naik 64 Persen Dibandingkan Tahun 2022

21 February 2024 - 21:45 WIB

Pj Bupati Rote ndao Oder Maks Sombu Sidak Langsung Harga Bahan Pokok di Pasar Busa Langga

21 February 2024 - 12:08 WIB

Kepala Otoritas Fish Port Gensan Dorong Kerjasama G to G

15 February 2024 - 14:17 WIB

Bank Muamalat Incar Pertumbuhan KPR Capai Rp5,3 Triliun

15 February 2024 - 12:27 WIB

Gubernur Sulut Olly Dondokambey  Memberikan Apresiasi Kinerja BSG Tahun 2023 Cukup Baik

5 February 2024 - 15:35 WIB

Walikota Tomohon Caroll Senduk Hadiri RUPS BSG Tahun Buku 2023

5 February 2024 - 08:07 WIB

Trending di Bisnis