Menu

Mode Gelap
Breaking News Tamuntuan Pergi, Wounde Datang Kecamatan Tatoareng Kepulauan Sangihe Terancam Jatuh Miskin Penjabat Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu Bagikan Telur Susu Bicuit Di Desa Kolobolon Presiden Jokowi Didampingi Gubernur Sulut Olly Dondokambey Resmikan Bendungan Lolak di Kabupaten Bolmong Puncak Peringatan HPN 2024 Gubernur Sulut Olly Dondokambey Terima Penghargaan Pena Emas, Disaksikan Presiden Jokowi

Manado · 13 Sep 2023 22:30 WIB ·

Terabaikan Dalam Sosialisasi, Pemilih Lansia Segmen Potensial Pada Penyelenggaraan Pemilu


 Terabaikan Dalam Sosialisasi, Pemilih Lansia Segmen Potensial Pada Penyelenggaraan Pemilu Perbesar

BITUNG, Sulutnews.com – Meski telah usia lanjut dan kurang tersentuh sosialisasi terkait penyelenggaraan Pemilu, namun pemilih lanjut usia merupakan segmen penting untuk dijangkau dalam penyelenggaraan pemilu 2024. Hal ini dikatakan Ketua Bawaslu Sulut Dr Ardiles Mewoh saat menjadi narasumber pada pada kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilaksanakan oleh Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pelita Harapan Jakarta. Menurutnya berbagai kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan baik oleh Bawaslu maupun KPU kurang menyentuh komunitas pemilih lansia.

“Lansia adalah segmen penting dan harus menjadi tujuan sosialisasi, karena selama ini sering terabaikan dimana sosialisasi hanya ditujukan kepada kelompok Pemilih Pemula,” kata Mewoh Rabu (13/09/2023), di Aula Kantor Kelurahan Tendeki, Kecamata Matuari, Kota Bitung.

Juga kata Mewoh edukasi mengenai literasi digital bagi lansia sangat penting mengingat isu-isu hoaks yang sering bertebaran di sosial media seperti diaplikasi Facebook dan WhatsApp sangat cepat disebarkan saat tahapan pemilu berlangsung.“Pemilu di era sekarang ada baiknya karena ada keterbukaan informasi. Semua informasi sangat cepat dibagikan oleh masyarakat, ini berkat kemajuan teknologi kita. Tapi hal ini juga bisa berdampak tidak baik apabila teknologi digital seperti Facebook dan WhatsApp disalahgunakan karena diera sekarang kita bisa dengan cepat juga membagikan berita hoaks,” tegasnya.

Mantan Ketua KPU Sulut itu juga mengapresiasi program yang dilaksanakan Universitas Pelita Harapan Jakarta yang dapat turun langsung mengedukasi masyarakat.”Bawaslu sangat mengapresiasi program dari UPH Jakarta ini. Kegiatan seperti ini baik untuk dilaksanakan dan sangat membantu bagi kerja-kerja penyelenggaraan pemilu, karena secara langsung dapat memberikan pembelajaran bagi masyarakat terkait pemahaman kepemiluan,” ungkapnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Dosen UPH Jakarta DR. Desideria Lumongga, M.Si dan DR. Rizaldi Parani, S.Sos.,Mir, jajaran Ketua dan Anggota Bawaslu Kota Bitung serta Pemerintah Kelurahan Tendeki.(josh tinungki)

 

Artikel ini telah dibaca 5,017 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Memperebutkan Hadiah Uang Tunai Ratusan Juta dan Trophy Bergilir Ketua DPRD Sulut, Lomba Masamper, Bakal Hentak Jagat Sulawesi Utara

29 May 2024 - 09:46 WIB

Jaga Silaturahmi Danrem 131/Stg Kunjungi Mapolda Sulut, Danlantamal dan Bawaslu

28 May 2024 - 15:44 WIB

Sukses dan Jadi Kebanggaan Pangdam XIII/Merdeka Sambut Pasukan Purna Tugas Luar Negeri

28 May 2024 - 10:39 WIB

Hearing BP2W Sulut, Komisi III DPRD Sulut Pertegas Pembangunan Rumah Bantuan Korban Erupsi Gunung Ruang Tuntas September 2024

28 May 2024 - 05:21 WIB

Rakor Bersama Media, Stefen Linu, Ungkapkan Langkah Strategi Bawaslu Menghadapi Pilkada Serentak 2024

28 May 2024 - 04:40 WIB

Sekretaris Dikda Sulut Jeffry Runtuwene : PPDB  Mulai Dibuka 1 Juni 2024

27 May 2024 - 20:24 WIB

Trending di Manado