Menu

Mode Gelap
Presiden Jokowi Didampingi Gubernur Sulut Olly Dondokambey Resmikan Bendungan Lolak di Kabupaten Bolmong Puncak Peringatan HPN 2024 Gubernur Sulut Olly Dondokambey Terima Penghargaan Pena Emas, Disaksikan Presiden Jokowi Tamuntuan Sukses Wujudkan Ekspor Ikan Perdana ke Filipina Walikota Caroll Senduk Inspektur Upacara Peringatan HUT Ke-21 Kota Tomohon Tamuntuan Bawa Bantuan Bencana Ke Kampung Laine

Sangihe · 17 Jan 2023 03:13 WIB ·

Tamuntuan Usulkan Pembangunan SPBU Nelayan


 Tamuntuan Usulkan Pembangunan SPBU Nelayan Perbesar

Tahuna, Sulutnews.com – Salah satu solusi mengantisipasi persoalan Nelayan di Sangihe soal ketersediaannya suplai bahan bakar minyak (BBM) Penjabat Bupati, Rinny Silangen Tamuntuan (RST) menyambangi Kementerian Koperasi dan UKM di Jakarta (16/01).

Pada pertemuan dengan Kementerian Koperasi dan UKM Bupati di dampingi Kadis Koperasi UKM, dan Kadis Pariwisata di terima Asisten Deputi (Asdep) Ekosistem Bisnis Deputi Kewirausahaan Irwansyah Panjaitan , Sekaligus pada kesempatan itu di serahkan Proposal Lanjutan UMKM di Sangihe.

Selain itu, Bupati menyerahkan 3 proposal terkait permohonan bantuan pembangunan SPBU BBM bersubsidi bagi Nelayan, permohonan bantuan pelatihan peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) koperasi dan proposal bantuan peralatan kemasan produk.

“Kami mengusulkan 3 proposal untuk kepentingan masyarakat bersama dan kami pun sedang mengembangkan UMKM yang ada di desa-desa yang bertujuan untuk peningkatan UMKM sehingga lebih berkembang, semoga dengan bantuan dari pusat bisa membantu usaha-usaha yang ada di Sangihe “. Tutur Tamuntuan.

Usulan tersebut diterima dengan baik oleh Asdep Ekosistem Bisnis. Ia menjelaskan bahwa usulan proposal sudah masuk dalam program Prioritas, Ia juga mendorong penciptaan pengusaha di setiap daerah.

” Salah satu langka mewujudkannya yakni, UMKM menjadi perhatian utama untuk diberdayakan dan dikembangkan menjadi pilar perekonomian bangsa.
Usaha Mikro di Indonesia yang mendominasi sekitar 95 persen dari total UMKM, tapi dinilai masih sangat lemah dari skil, modal dan kualitas produksi” kata Panjaitan.


Lanjut Panjaitan, Pentingnya peningkatan kapasitas bagi pelaku usaha Mikro dan Kecil
Prioritas pengembangan kapasitas SDM adalah pada jiwa kewirausahaan terutama pada mahasiswa atau para sarjana.

Dijelaskan juga bahwa Kementerian Koperasi UKM sudah melakukan perjanjian kerjasama dengan Perguruan Tinggi termasuk Unsrat untuk memberdayakan mahasiswa, atau sarjana untuk miliki jiwa kewirausahaan dan menciptakan lapangan kerja, bukan untuk mencari pekerjaan.

Sebagai tindaklanjut dari proposal pembangunan SPBU, kementerian akan menurunkan surat, terkait program Solusi Nelayan, ” nanti ada surat resmi dari Deputi ke seluruh Dinas untuk menyiapkan koperasi nelayan binaan untuk diverifikasi sehingga layak akses BBM Solar Bersubsidi dari Pertamina” terang Panjaitan.

Selain itu pihak kementerian dan Unsrat akan mendampingi UMKM di Kabupaten Sangihe untuk ditingkatkan jiwa kewirausahaan. Demikian juga Pengembangan jiwa kewirausahaan di Sangihe, bagi UMKM ditunjang Sumber Daya Alam yang cukup tinggi seperti hasil perikanan, hasil perkebunan cengkeh, pala, kelapa dan tanaman rempah lainnya. (Andy Gansalangi)

Artikel ini telah dibaca 931 kali

Baca Lainnya

Sandra Moniaga : Proses PAW Tjanggulung dan Rotinsulu Sudah di Kemendagri

28 February 2024 - 18:00 WIB

Raih Suara Terbanyak di Dapil Minut-Bitung, Hendry Walukow Amankan Jatah Satu Kursi Partai Demokrat Untuk DPRD Sulut

28 February 2024 - 02:54 WIB

Raih Suara Terbanyak, Felly Estelita Runtuwene Dipastikan Kembali Menuju Senayan

27 February 2024 - 10:38 WIB

Ingrid JNN Sondakh Ditunjuk Ketua Fraksi Golkar DPRD Sulut

27 February 2024 - 10:25 WIB

Hendro Satrio Beber Progres Pembangunan Proyek Multiyears di Sulut

26 February 2024 - 22:17 WIB

Ps.David Herson : Saatnya Anak Tuhan Peduli Terhadap Nasib Bangsanya

26 February 2024 - 21:53 WIB

Trending di Manado