Menu

Mode Gelap
Walikota Tomohon Caroll Senduk Didampingi Sekot Edwin Roring Hadiri Dialog Publik “Masyarakat Bertanya Walikota Menjawab” Pelestarian Laut Dukung Peningkatan Pariwisata, Suzuki Indonesia Adakan Bersih-Bersih Pantai Bunaken Dengan Ratusan Pelajar Wagub Steven Kandouw Lantik Wounde Sebagai Penjabat Bupati Sangihe Breaking News Tamuntuan Pergi, Wounde Datang Kecamatan Tatoareng Kepulauan Sangihe Terancam Jatuh Miskin

Kotamobagu · 29 May 2024 05:27 WIB ·

Sambut HUT Ke – 17 Tahun 2024 Kota Kotamobagu, Muriato Babay Sukses Meraih Juara Lomba Cipta Lagu Mars Kotamobagu


 Sambut HUT Ke – 17 Tahun 2024 Kota Kotamobagu, Muriato Babay  Sukses Meraih Juara Lomba Cipta Lagu Mars Kotamobagu Perbesar

 

Kotamobagu, Sulutnews.com – Lomba cipta Lagu Mars Kotamobagu yang digelar untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun Kota Kotamobagu ke-17, 2024 dimenangkan oleh Kolonel CAJ (Purn) TNI Drs. Murianto Babay, MM.

Pengumuman pemenang dibacakan usai pelaksanaan Upacara Peringatan HUT Kota Kotamoabgu ke-17, Tahun 2024 yang dipusatkan di Lapangan Boki Hotinimbang, Senin (27/05/2024).

HUT Kota Kotambagu ke-17 sendiri jatuh pada tanggal 23 Mei 2024, namun upacara baru dilaksankan pada tanggal 27 Mei 2024, dirangkaikan dengan upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-116.

Upacara ini dipimpin langsung oleh Pj. Walikota Kotamobagu Dr. Drs. Hi. Asripan Nani, M.Si selaku, Inspektur Upacara.


Usai diumumkan sebagai pemenang, lagu Mars Kotamobagu, diperdengarkan kepada seluruh peserta upacara, dan masyarakat yang ada di sekitar lapangan Boki Hotinimbang.

Murianto Babay sebagai pencipta lagu Mars Kotamobagu adalah Putra Totabuan, yang sempat mengenyam pendidiian di SPG (Sekolah Pendidikan Guru) Kotamobagu, kemudian melanjutkan kuliah Jurusan Musik di IKIP Manado, sesudahnya berubah nama menjadi Universitas Manado (Unima).

Karirnya di TNI AD dimulai setelah lulus dari IKIP Manado. Kepiawaiannya di bidang musik, membuat Murianto Babay didaulat sebagai Komandan Korps Musik (DanKorsik) Mabes TNI. Jabatan ini cukup lama diembannya, yakni selama 13 tahun, dimulai dari tahun 2002 hingga tahun 2015.

Menjadi Komandan Satuan Musik Gabungan TNI-Polri, saat upacara kenegaraan Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Istana Negara dari tahun 2002 – 2015.

Jabatan tersebut menunjukkan bagaimana kepiawaiannya dalam menggabungkan kedisiplinan militer dengan kreativitas musik. Murianto Babay dan isterinya Anna Pontoh adalah pasangan serasi sebagai seniman musik, penyanyi dan pencipta lagu.


Lomba cipta lagu Mars Kotamobagu menjadi ajang prestasi bagi Murianto Babay.
Karya yang dihasilkan bukan hanya sekedar lagu, tetapi juga simbol semangat dan kebanggaan warga Kotamobagu.

Prestasi yang diraih Murianto Babay, antara lain Sertifikat dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi sebagai Komponis (Compeser).

Sertifikat sebagai Pengajar Musik.

Melalui lagu ini, Murianto berhasil menciptakan sebuah karya yang akan selalu dikenang dan dinyanyikan pada setiap peringatan HUT Kota Kotamobagu.

Lagu Mars Kotamobagu yang diperdengarkan saat upacara memberikan dampak emosional yang mendalam bagi peserta upacara dan masyarakat.

Karena bahasa daerah memiliki dialek, memiliki idiom yang secara aspek musikalnya sendiri menjadi menarik secara keseluruhan melalui hentakan alunan musik mars atau lagu mars dari komposisi musik dengan irama teratur dan kuat. Ciri dari irama mars terletak pada komposisi musiknya dengan irama yang teratur dan kuat. Dalam pengaplikasiannya, lagu mars ditulis dalam birama genap 2/4, 4/4, tetapi terkadang dalam birama 6/8.

“Lagu ini diharapkan dapat meningkatkan rasa cinta dan kebanggaan terhadap kota Kotamobagu. Setiap bait dan melodi yang disusun mencerminkan semangat dan identitas kota sarat makna, menjadikannya sebagai bagian penting dari perayaan tahunan,” ungkap Murianto Babay.

Dengan kemenangannya, Murianto Babay berharap lagu Mars Kotamobagu akan terus menginspirasi generasi muda untuk mencintai dan menjaga warisan budaya mereka.

“Lagu ini tidak hanya menjadi simbol perayaan, tetapi juga motivasi untuk terus berkarya dan berprestasi ketika dinyanyikan,” tutur Murianto Babay.

Pemerintah Daerah Kota Kotamobagu pun berencana menjadikan lagu ini sebagai bagian dari kurikulum sekolah, agar anak-anak sejak dini mengenal dan mencintai lagu kebanggaan kota mereka.

Berikut lirik lagu Mars Kotamobagu ciptaan Murianto Babay :

“MARS KOTAMOBAGU”

BULUD, LOPA BO GOBA NATON KOMINTAN
MOLUNOW PANTOUON TOTABUAN
M’PIA IN KOBIAGAN DIKA BI’ KOLIONGAN
LIPU IN MOGOGUYANG
IGAIDON MOTOBATU KITA KOMINTAN
DUMUDUI MOGAID BO MONOMPIA
GINALUM BO YOBAYAT MOLUKAD KON LIPU
KOTAMOBAGU MO’ONOW
KINALANG PALOKO
NATUA TONGGINA IN MOGOGUYANG
MOTOTOMPIA’AN – MOTOTABIAN
BO MOTOTANOBAN

IGAIDON MOTOBATU KITA KOMINTAN
DUMUDUI MOGAID BO MONOMPIA
GINALUM BO YOBAYAT MOLUKAD KON LIPU
KOTAMOBAGU MO’ONOW
KOROPOT IN GINA MOLINTAK KON LIPU
KOTAMOBAGU MO’ONOW !

(**/Gandhi Goma)

Artikel ini telah dibaca 1,173 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Wali kota Cup 2024 Resmi Di Tutup

14 July 2024 - 00:04 WIB

Pj Wali Kota Hadiri RUPS-LB PT. Bank SulutGo Tahun 2024

12 July 2024 - 17:50 WIB

Respon Keluhan Warga Triwulan III, PUPR Kotamobagu Laksanakan Pemeliharaan Jalan

12 July 2024 - 16:08 WIB

Curah Hujan Intensitas Tinggi Landa Wilayah Kotamobagu,Berdampak Pada Pelaksanaan Proyek Pemerintah

11 July 2024 - 18:49 WIB

Pj Hi. Asripan Nani. Ikuti Evaluasi Triwulan III Kinerja Penjabat Kepala Daerah Di Kemendagri

11 July 2024 - 17:41 WIB

Tahun Ini Diknas Kotamobagu Kecipratan 9 M Dana DAK Tahun Anggaran 2024

9 July 2024 - 16:42 WIB

Trending di Kotamobagu