Menu

Mode Gelap
Walikota Tomohon Caroll Senduk Didampingi Sekot Edwin Roring Hadiri Dialog Publik “Masyarakat Bertanya Walikota Menjawab” Pelestarian Laut Dukung Peningkatan Pariwisata, Suzuki Indonesia Adakan Bersih-Bersih Pantai Bunaken Dengan Ratusan Pelajar Wagub Steven Kandouw Lantik Wounde Sebagai Penjabat Bupati Sangihe Breaking News Tamuntuan Pergi, Wounde Datang Kecamatan Tatoareng Kepulauan Sangihe Terancam Jatuh Miskin

Bitung · 23 Jun 2024 01:01 WIB ·

PSDKP Tangkap Kapal Ikan Ilegal Berbendera Filipina


 Plt Ditjen PSDKP KKP RI, Pung Saksono Nugroho/ Ipunk Perbesar

Plt Ditjen PSDKP KKP RI, Pung Saksono Nugroho/ Ipunk

Bitung, Sulutnews.com – Ditjen PSDKP KKP menangkap sebuah kapal ikan asing berbendera Filipina beserta 19 ABK dan saat ini kapal tersebut telah berada di pangkalan PSDKP Bitung untuk proses hukum lebih lanjut.

Plt Ditjen PSDKP, Pung Nugroho Saksono(Ipunk) menyampaikan, pihaknya menangkap kapal penangkap ikan tersebut di wilayah perairan Indonesia.

Dimana kapal ini sudah dideteksi jauh hari sebelumnya, disertai informasi dari nelayan bahwa kapal tersebut kerap beroperasi di wilayah samudera pasifik.

” Sebetulnya ada satu lagi kapal pengangkut, namun kapal tersebut sudah pergi dua hari sebelum kami tangkap.” Ungkap Ipunk. Sabtu(22/06/24).

Meski disaat penangkapan, pihaknya mengalami sedikit kendala cuaca, namun dapat teratasi, dengan Kapten Kapal Eko Priyono menahkodai KM ORCA 04 berhasil menangkap dan melumpuhkan.

Terhitung, sejak Januari 2024 hingga saat ini, PSDKP telah menangkap 9 kapal ikan asing yang berbendera Filipina.

Sementara, terkait kapal yang ditangkap dan sudah berproses hukum, Ipunk menjelaskan bahwa pihaknya menjalankan sesuai prosedur tugas yang di emban.

” Sebelum ada peraturan bilateral, maka kami pastikan kapal itu ilegal.” Jelas Ipunk.

Dirinya kembali menjelaskan bahwa Pimpinan PSDKP memiliki kebijakan lain terhadap kapal kapal hasil tangkapan, dimana setelah proses hukum selesai dan disita untuk negara, maka kapal kapal tersebut akan diberikan sebagai bantuan kepada nelayan, kelompok nelayan atau sebagai bahan pendidikan kepada perguruan tinggi yang memerlukan.

Diketahui, identitas kedua kapal ikan asing berbendera filipina yang ditangkap di WPPNRI 717 laut samudera pasifik sekitar pukul 08:00 wita, yakni FB ST M 138 dan FB LB V 007.

(Tzr)

 

Artikel ini telah dibaca 1,019 kali

Baca Lainnya

Polres Bitung Gelar  Pra Ops Operasi Patuh Samrat 2024

11 July 2024 - 22:34 WIB

PN Manado Nyatakan Yongkie Mokoagouw Bebas Dari Segala Dakwaan JPU

11 July 2024 - 22:13 WIB

Staf Ahli Bidang Sosial Kemenkumham RI Sapa Pengguna Layanan Keimigrasian di Bitung

11 July 2024 - 17:35 WIB

Beri Penguatan Tusi, Staf Ahli Bidang Sosial Kunjungi UPT Kemenkumham di Kota Bitung

11 July 2024 - 17:17 WIB

Personil Polsek Ranowulu Pengamanan Kunjungan BAPPENAS di TWA Tangkoko

10 July 2024 - 18:46 WIB

Teken Mou, Kanim Bitung Gelar Sosialisasi Paspor RI dan Politeknik Imigrasi

10 July 2024 - 18:17 WIB

Trending di Bitung