Menu

Mode Gelap
Sidang Terbuka Senat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Samratulangi Acara Purnabakti Guru Besar Prof Bernhard Tewal Walikota Tomohon Caroll Senduk Didampingi Sekot Edwin Roring Hadiri Dialog Publik “Masyarakat Bertanya Walikota Menjawab” Pelestarian Laut Dukung Peningkatan Pariwisata, Suzuki Indonesia Adakan Bersih-Bersih Pantai Bunaken Dengan Ratusan Pelajar Wagub Steven Kandouw Lantik Wounde Sebagai Penjabat Bupati Sangihe Breaking News Tamuntuan Pergi, Wounde Datang

Minahasa · 16 Mar 2023 11:13 WIB ·

Kainde: Kerja Sama Pemdes dan Media Tahun 2023 Terus Berlanjut, Ini Syaratnya


 Kainde: Kerja Sama Pemdes dan Media Tahun 2023 Terus Berlanjut, Ini Syaratnya Perbesar

MINAHASA|SULUTNEWS.COMPROGRAM kerja sama pemerintah desa (Pemdes) bersama media di Kabupaten Minahasa dalam hal informasi dan publikasi di Tahun 2023 ini, terus berlanjut dan terjalin kerja sama yang sangat baik selama beberapa tahun terakhir.

Bahkan Kerja sama ini didukung oleh Masyarakat Minahasa, karna terbukti dengan adanya kerja sama ini, maka Masyarakat Minahasa tentunya dapat mengetahui seluruh Program yang ada di Pemerintah Desa.

Tahun ini (2023), Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) bersama Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Minahasa, kembali memfasilitasi dalam bentuk perjanjian kerja sama (PKS).

Kepala Dinas PMD, Drs Arthur Palilingan mengatakan bahwa kerja sama tersebut telah berlangsung selama dua tahun. Dan akan berlanjut di tahun 2023.

“Kerja sama antara pemerintah desa dan media di usulan Bapak Bupati Minahasa Dr Ir Royke Octavian Roring MSi dan Wakil Bupati Dr (Hc) Robby Dondokambey SSi MM MAP (ROR-RD)

Jadi, sebagai dinas terkait, PMD harus memfasilitasi kerja sama ini. Dan kerja sama ini akan berlangsung terus menerus,” katanya.

Kerja sama ini, kata Palilingan, dilakukan dalam bentuk memorandum of understanding atau MoU. ’’Dimana pemerintah desa sebagai pihak pertama. Dan media sebagai pihak kedua.

“Anggarannya sudah tertata di alokasi dana desa setiap tahunnya. Jadi, tidak ada alasan lagi pemerintah desa tidak memasukan anggaran tersebut,” tegasnya.

Sedangkan tujuan kerja sama ini, lanjut dia. Untuk mempublikasikan dan mensosialisasikan semua program kegiatan desa melalui media.

“Baik itu proyek pekerjaan fisik, non fisik maupun kegiatan-kegiatan yang bersifat kemasyarakatan. Dengan tujuan agar masyarakat bisa mengetahui kegiatan-kegiatan pemerintah desa,” ujar Palilingan.

Sementara itu, Kadis Kominfo Minahasa, Maya Kainde SH MAP, mengatakan bahwa MoU antara pemerintah desa dan media akan segera dilakukan.

“Saat ini draf perjanjian kerja sama sudah dibuat. Tinggal dibagikan ke pemerintah desa dan media untuk dilakukan penandatanganan perjanjian kerja sama,” katanya.

Namun begitu, lanjut Kainde, media yang akan bekerja sama dengan pemerintah desa. Adalah media atau wartawan yang meliput di Pemerintah Kabupaten Minahasa, jadi tidak melihat siapa Wartawan nya dan dari Media mana, tapi yang dinilai tentunya adalah Wartawan dan Media yang aktif di Kabupaten Minahasa,’’ tutur Kainde.

“Nanti setiap media atau wartawan akan melakukan peliputan di desa yang ada kerja sama. Tapi ingat, hanya media yang aktif di Minahasa yang bisa direkomendasikan bekerja sama dengan pemerintah desa, sebab seluruh Media yang aktif selama ini, itu sudah terdata di Dinas Komunikasi Infomatika (Kominfo) Minahasa,” tegasnya.

(**/arp)

Artikel ini telah dibaca 463 kali

Baca Lainnya

Rektor Unima Prof Deitje Katuuk Optimis Unima Akan Segera Mendapat Akreditasi ” A” Ungul

29 June 2024 - 23:22 WIB

Lomba Hapsa P/KB GMIM Selesai, Selasa Penyerahan Hadiah Pemenang

16 June 2024 - 22:40 WIB

Bupati Kumendong Lantik Pengurus BKSAUA dan LPPD Minahasa 2024-2028 Peran Penting Perkokoh Kerukunan dan Toleransi Umat Beragama

5 June 2024 - 23:02 WIB

Dipimpin Pangdam Mayjen TNI Candra Wijaya, Prajurit Kodam XIII/Merdeka Bersama Berbagai Golongan Peringati Hari Lahir Pancasila

1 June 2024 - 22:38 WIB

Bakal Calon Rektor Unima Patricia Silangen : Unima Harus Ungul Di Kawasan Asia Pasifik

29 May 2024 - 21:57 WIB

Ibadah HUT Ke-61 Jemaat GMIM Moria Sasaran Dihadiri Bupati Kumendong dan Sekda Watania

19 May 2024 - 22:28 WIB

Trending di Minahasa