Menu

Mode Gelap
Sidang Terbuka Senat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Samratulangi Acara Purnabakti Guru Besar Prof Bernhard Tewal Walikota Tomohon Caroll Senduk Didampingi Sekot Edwin Roring Hadiri Dialog Publik “Masyarakat Bertanya Walikota Menjawab” Pelestarian Laut Dukung Peningkatan Pariwisata, Suzuki Indonesia Adakan Bersih-Bersih Pantai Bunaken Dengan Ratusan Pelajar Wagub Steven Kandouw Lantik Wounde Sebagai Penjabat Bupati Sangihe Breaking News Tamuntuan Pergi, Wounde Datang

Bitung · 14 Mar 2023 14:02 WIB ·

Pemkot Bitung Sabet Penghargaan UHC Award 2023


 Pemkot Bitung Sabet Penghargaan UHC Award 2023 Perbesar

Bitung, Sulutnews.com – Pemkot Bitung sabet penghargaan UHC Award 2023 berkat keberhasilannya memberikan jaminan pemeliharaan kesehatan kepada lebih dari 95% jumlah penduduk di wilayahnya. Selasa(14/03/23)

Penghargaan ini, diterima oleh Sekretaris Daerah Kota Bitung, Rudy Theno diberikan langsung oleh Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin di Balai Sudirman, Jakarta yang dihadiri juga oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Prof. Dr. (HC) K.H. Ma’ruf amin bersama dengan jajaran kabinet Indonesia Maju dan kementerian Lembaga.

Direktur BPJS Kesehatan mengatakan JKN KIS adalah program jaminan kesehatan terbesar di Dunia dimana 334 Kab/Kota di Indonesia telah menerapkan UHC di setiap daerahnya.

Dikesempatan yang sama, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan mengatakan UHC adalah salah satu target yang dicanangkan oleh WHO,.dimana harapannya untuk mencapai akses layanan kesehatan, membiayai layanan kesehatan, keadilan bagi masyarakat untuk mendapatkan kesetaraan layanan kesehatan.

” Program JKN adalah upaya dalam mendukung pemerintah menuntaskan masalah kemiskinan dan stunting.” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Presiden RI mengatakan pemerintah daerah diminta untuk mendaftarkan para penyandang disabilitas, lansia, dan masyarakat terlantar untuk didaftarkan di JKN.

“Saya berharap pemda turut mendorong upaya peningkatan mutu layanan kesehatan melalui penyediaan fasilitas kesehatan agar masyarakat dapat mengakses layanan kesehatan. Saya minta bersinergi antara BPJS Kesehatan, Kementerian/Lembaga bersama seluruh Pemda untuk memastikan seluruh masyarakat dilindungi jaminan kesehatannya.”

Penyerahan UHC Award, diawali dengan pemberian ke 22 Provinsi se Indonesia. Satu diantaranya diberikan kepada Gubernur Provinsi Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE, yang diserahkan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Prof DR (HC) Ma’ruf Amin.

Sepertinya AHC Award yang di raih kota Bitung, tak membuat mereka berpuas diri untuk terus membuat seluruh warga Bitung sebagai kepersertaan BPJS Kesehatan.

“Memang kami belum begitu puas, dengan data kepersertaan yang aktif 95 persen. Karena sesuai dengan target Nasional di tahun 2024 Kota Bitung harus 100 persen,” kata Rudy Theno usai menerima penghargaan.

Lanjutnya, untuk mencapai itu pemkot Bitung akan terus mendorong jajaran perangkat daerah, hingga pemerintah kecamatan dan kelurahan agar warga Bitung bisa 100 terdaftar kepersertaan BPJS Kesehatan.

Universal Health Coverage sebagai wujud nyata komitmen pemerintah daerah, dalam mendukung program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) bagi masyarakat Indonesia.

(Tzr)

Artikel ini telah dibaca 621 kali

Baca Lainnya

Dengar Pendapat Publik Perubahan RUU Keimigrasian : Regulasi Baru untuk Menjawab Tantangan Masa Kini dan Masa Depan

19 July 2024 - 18:38 WIB

8 Kecamatan di Bitung Ambil Bagian Tarkam GOR Manembo nembo

19 July 2024 - 14:57 WIB

Operasi Gabungan Timpora Laut Bitung Amankan 5 Dugaan WNA Filipina Tak Miliki Dokumen Keimigrasian

18 July 2024 - 12:44 WIB

Bitung Kota Pertama di Asia Cover 100 Persen BPJS Kesehatan Untuk Masyarakat

17 July 2024 - 22:46 WIB

KPU Rakor Pembentukan TPS Khusus Lapas Kelas llB Bitung

17 July 2024 - 21:46 WIB

6 Perwakilan Bhabinkamtibmas Polres Bitung Terima Motorola Lex 11 

16 July 2024 - 20:15 WIB

Trending di Bitung