Menu

Mode Gelap
Breaking News : Sebanyak 28 Pejabat Eselon III Kepulauan Sangihe dilantik Oleh Bupati Tamuntuan Lantik 6 Pejabat Eselon III Pasca Bentrokan 2 Kelompok di Kota Bitung, Situasi Sudah Kondusif, Kapolda: Jangan Mudah Terprovokasi Breaking News : Bataha Santiago Resmi Jadi Pahlawan Nasional Breaking News : Bataha Santiago Akan Digelari Pahlawan Nasional Dihari Pahlawan

Manado · 16 Nov 2023 12:43 WIB ·

Pelaksanaan Konsultasi Publik I KLHS – RTRW Provinsi Sulut Sukses


 Foto -Kolsultasi Publik KLHS I RTRW Sulut Perbesar

Foto -Kolsultasi Publik KLHS I RTRW Sulut

Manado, Sulutnews.com – Pelaksanaan Konsultasi Publik I Kajian Lingkungan Hidup Strategis ( KLHS) Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Provinsi Sulut Kamis (16/11) di Hotel Whiz Manado Trade Center ( MTC) Kawasan Mega Mas berjalan lancar.

Dalam Konsultasi Publik I terkait KLHS itu dihadiri Kepala Bidang Tata Ruang Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang ( PUPR) Sulut Ir Herman Kussoy ST.MT IPU ASEAN .MEng, Plt Kadis Lingkungan Hidup Provinsi Sulut Dra Feybe Rondonuwu M.Si, Tim dari Forum Penataan Ruang ( FPR) Sulut Raymond ST MT dan Sejumlah Pakar Lingkungan Prof Dr Ir Stetli Tamod M.Si, Dr Ir Wisye Rotinsuluh M.Sc, Di Ir J Kaunang M.Si, Ny Dr Ir N Wantasen dan Perwakilan dari Dinas Terkait serta Ormas, LSM dan Pers serta undangan pemerhati lingkungan.

Foto -Kabid Tata Ruang Dinas PUPR Sulut Ir Herman Kussoy ST.MT IPU ASEAN .MEng saat menyaksikan Tanda Tangan Brita Acara

Herman Kussoy Kabid Tata Ruang Dinas PUPR Sulut kepada Sulutnews.com mengarakan Konsultasi Publik KLHS ini penting karena akan menyiapkan dokumen melengkapi penetapan RTRW Sulut akhir tahun.” Kami banga pakar dan peserta sudah memberikan masukan dan saran serta kritikan” kata Kussoy.

Hal yang sama dikatakan Feybe Rondonuwu PLt Kadis Lingkungan Hidup kepada Sulutnews.com. Menurutnya Konsultasi I KLHS ini sangat bermanfaat dan masih ada lanjutan. Dokumen KLHS ini penting disiapkan sebagai persyaratan dalam RTRW Sulut.

Foto – Plt Kadis Lingkungan Hidup Sulut Dra Feybe Rondonuwu M.Si saat menyaksikan Tanda Tangan Brita Acara.

Didepan peserta Herman Kussoy menambahkan terkait RTRW Sulut saat ini sudah terkait juga dengan laut. Jadi Perda RTRW kita nantinya akan ditetapkan Perda yang termasuk dengan lautan.” Karena itu kita minta masukan termasuk dari pakar karena ada pasir laut dan potensi pertambangan minyak dikawasan laut” kata Herman.

Dalam acara tersebut Prof Dr Ir Setli Tamod pakar lingkungan Hidup dari Fakultas Pertanian Unsrat minta harus lakukan jajian lebih cermat terkait dokumen KLHS sebelum RTRW ditetapkan. Karena pasir laut dan sedimentasi laut itu perlu diperhatikan.Begitu juga saran dari Dinas Pertambangan, Dinas Litbang Sulut dan Dinas Kesehatan. Herman Kussoy mengatakan Perda RTRW itu berlaku 20 tahun bisa direvisi bila memungkinkan direvisi. Kalau dilaut atau daratan ada potensi tambang dan minyak kita revisi. Kussoy dan Feybe Rondonuwu menyampaikan terima kasih atas masukan peserta.(Fanny)

Artikel ini telah dibaca 1,805 kali

Baca Lainnya

Silaturahmi Kamtibmas, Kapolda Sulut Terima Sejumlah Organisasi Kemasyarakatan, Keagamaan dan Adat

1 December 2023 - 19:04 WIB

Ini Kata Pnt Rio SF Rindengan S.Sos.MM Dimomentun Peringatan Hari HIV/AIDS Sedunia

1 December 2023 - 14:15 WIB

Penjualan Hiasan Natal Mulai Ramai Di Kota Manado

1 December 2023 - 09:43 WIB

Sekitar 1.160 Guru dan Tenaga Administrasi Honorer serta THL Bekerja di Lingkungan Dinas Pendidikan Sulut

29 November 2023 - 22:21 WIB

Pnt Rio Rindengan : Ex Offisio Dikembalikan Komisi Kategorial BIPRA Bisa Dipilih Badan Pekerja Inti Disemua Aras

29 November 2023 - 15:02 WIB

Kapolda Sulut Hadiri Doa Bersama, Ciptakan Sulawesi Utara Aman, Rukun dan Damai

28 November 2023 - 20:57 WIB

Trending di Kepolisian