Menu

Mode Gelap
Presiden Jokowi Didampingi Gubernur Sulut Olly Dondokambey Resmikan Bendungan Lolak di Kabupaten Bolmong Puncak Peringatan HPN 2024 Gubernur Sulut Olly Dondokambey Terima Penghargaan Pena Emas, Disaksikan Presiden Jokowi Tamuntuan Sukses Wujudkan Ekspor Ikan Perdana ke Filipina Walikota Caroll Senduk Inspektur Upacara Peringatan HUT Ke-21 Kota Tomohon Tamuntuan Bawa Bantuan Bencana Ke Kampung Laine

Bisnis · 25 Jan 2023 13:55 WIB ·

Matangkan Kerjasama, Pemkot Tomohon Kembali Menerima Kunjungan Walikota Minamiboso Jepang


 Matangkan Kerjasama, Pemkot Tomohon Kembali Menerima Kunjungan Walikota Minamiboso Jepang Perbesar

Tomohon, Sulutnews.com – Pemerintah Kota Tomohon kembali menerima kunjungan Walikota Minamiboso Jepang Mr Yutaka Ishi bersama Tim JICA (Japan International Cooperation Agency), Rabu (25/1/2023).

Rombongan diterima Walikota Tomohon Caroll J A Senduk SH di Danau Linow Restaurant Tomohon sekaligus melakukan dialog kaitan dengan pengembangan pembangunan michinoeki.

Kedatangan kembali tim dari Kota Minamiboso dan JICA dalam rangka untuk lebih mematangkan kerjasama pembangunan Stasiun Jalan atau Michinoeki atas kerjasama Kota Minamiboso dan Tim JICA (Japan International Cooperation Agency) bersama Pemerintah Kota Tomohon.

Michinoeki (Stasiun Jalan) adalah sebagai tempat istirahat dengan beragam fasilitas, pusat informasi didalamnya fungsi mitigasi bencana, kemitraan, perdagangan, pengembangan pariwisata, tempat pemasaran hasil pertanian dan lain sebagainya, dan melibatkan peran serta masyarakat lokal.

Walikota Minamiboso menyampaikan bahwa Fasilitas Michinoeki  di Tomohon adalah gabungan gaya Minahasa dan gaya Jepang, ini merupakan suatu kerjasama antara  Minamiboso dengan Kota Tomohon.

Tempat ini dinilai suatu yang mengindikasikan Michinoeki masa depan.

Melalui proyek ini kami harap kita bisa meneruskan hubungan baik antara Kota Tomohon dengan Kota Minamiboso, diharapkan juga proyek ini akan berkontribusi  untuk pembangunan komunikasi antara Indonesia dan Jepang.

Sementarai itu Walikota Tomohon juga menyampaikan bahwa Pemerintah dan masyarakat Kota Tomohon menerima dengan baik akan kunjungan ini dan sangat berterima kasih atas kerjasama yang terjalin sampai saat ini.

“Adanya Michinoeki di Tomohon tentu akan menggerakan perekonomian, dalam hal ini para petani tanaman organik dengan hasil pertaniannya akan dijual di tempat ini seperti sayur dan lain-lain”, ujar Walikota Tomohon.

Tempat ini akan dijadikan sebagai pusat informasi wisata dan pasar pertanian organik, serta menyediakan fasilitas packing bagi UMKM yang belum mempunyai alat atau mesin packing.

Kami tentu akan mengelolah dengan baik apa yang sudah dikerjakan kemitraan dalam proyek ini, untuk itu Pemerintah Kota Tomohon telah mempersiapkan tim yang akan mengelolah Michinoeki.

Kami juga  telah membentuk kelompok-kelompok tani khususnya petani organik dan hasilnya akan dipasarkan di Michinoeki.

Harapan kami kiranya kerjasama antara Kota Tomohon dengan Kota Minamiboso memiliki kelanjutan tidak hanya sampai pada proyek ini.

Kesempatan itu dilakukan penandatanganan berita acara serah terima barang promosi pertanian melalui Agri Wisata memanfaatkan pengetahuan tentang Michinoeki dan penyerahan cendramata dari Walikota Tomohon.

Usai dari Linow Walikota Tomohon bersama rombongan memantau gedung Michinoeki Pakewa Tomohon yang berlokasikan di kompleks Dinas Koperasi Kota Tomohon jalan lingkar timur, dan membicarakan kaitan dengan teknis pengelolaan Michinoeki. Disertai dengan penanaman pohon di area tersebut.

 

Ikut hadir, Deputi JICA Tokyo Center Ms Makiko Okimura, Project Manager Michinoeki Fumiyu kato, Ketua TP-PKK Daerah Kota Tomohon drg Jeand’arc Senduk- Karundeng dan Jajaran Pemerintah Kota Tomohon.(*/Merson)

Artikel ini telah dibaca 152 kali

Baca Lainnya

Setwan DPRD Sulut Gerak Cepat, Inilah Syarat Kunker Luar Negri Sesuai Kemendagri 59 Tahun 2019

24 February 2024 - 11:08 WIB

Laporkan Hasil Reses, Braien Waworuntu Nyatak Petani Perlu Perhatian Khusus

22 February 2024 - 15:03 WIB

GMAHK UKIKT Gelar Pelatihan Komunikasi Menuju Indonesia Cakap Digital

22 February 2024 - 14:56 WIB

Laporkan Hasil Kinerja Secara Transparan, MJP Dapat Apresiasi

22 February 2024 - 14:37 WIB

Kaesang Pangerap, Dorong MJP Maju Bupati Minahasa Utara

22 February 2024 - 14:25 WIB

Nick Lomban : Komisi II Prioritaskan Kepentingan Masyarakat

22 February 2024 - 12:23 WIB

Trending di Sulut