Menu

Mode Gelap
Pelestarian Laut Dukung Peningkatan Pariwisata, Suzuki Indonesia Adakan Bersih-Bersih Pantai Bunaken Dengan Ratusan Pelajar Wagub Steven Kandouw Lantik Wounde Sebagai Penjabat Bupati Sangihe Breaking News Tamuntuan Pergi, Wounde Datang Kecamatan Tatoareng Kepulauan Sangihe Terancam Jatuh Miskin Penjabat Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu Bagikan Telur Susu Bicuit Di Desa Kolobolon

Tomohon · 28 May 2024 22:00 WIB ·

Konferensi Pers Bersama Kadis DP3A Tomohon Terungkap 25 Kasus Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak Tahun 2023


 Foto : Kepala Dinas DP3A Kota Tomohon dr Olga Karinda M.Kes., saat menyampaikan Materi Perbesar

Foto : Kepala Dinas DP3A Kota Tomohon dr Olga Karinda M.Kes., saat menyampaikan Materi

Tomohon,Sulutnews.com – Pemerintah Kota Tomohon melalui Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim) Sekretariat Daerah (Setdakot) kembali menggelar Konferensi Pers bersama Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Tomohon, (28/5/2024) di Ruang Rapat Setdakot Tomohon.

Sebagai narasumber Kepala Dinas DP3A Kota Tomohon dr Olga Karinda M.Kes, mengungkapkan bahwa sepanjang tahun 2023 silam tercatat 25 kasus yang sudah ditangani.

Dari 25 kasus itu, kata Kepala DP3AD Kota Tomohon dr Olga Karinda M.Kes, didominasi  oleh tindak kekerasan, terhadap perempuan dan anak, pelecehan seksual terhadap anak dan bullying.

“Dalam penanganan kasus yang difasilitasinya ada korban yang melapor ke pihak kami,” tutur Karinda didampingi Kabid, Anita J Lolowang dan Kabid, Vinny.

“Ada juga dari pihak kepolisian yang langsung menghubungi kami, ketika terjadi kasus yang melibatkan perempuan dan anak. Untuk kasus anak yang terlibat kasus kriminal, kami tetap melakukan pendampingan selama ditangani pihak kepolisian, bahkan sampai ke tahap putusan di pengadilan,” katanya.

“Sementara untuk tahun 2024 sampai bulan Mei ini sudah ada 10 kasus yang kami berikan pendampingan terhadap kekerasan perempuan dan anak”, ucapnya.

Jika ada anak yang terlibat kasus dengan keluarga, dan keluarga anak terkait tak lagi ingin berurusan dengannya, DP3A sudah menyediakan Rumah Cinta Sesama yang sudah diresmikan oleh Walikota Tomohon, Caroll JA Senduk SH, sebagai tempat penampungan buat penanganan masalah seperti ini.

“Dan sebagai terobosan tahun 2024 ini Pemkot Tomohon telah mencanangkan Kelurahan Ramah Perempuan dan Peduli Anak”, ungkapnya.

Dalam sesi tanya jawab terungkap Dinas DP3A sangat hati-hati terhadap permintaan data korban dan pelaku tindak pidana.

Menjawab pertanyaan wartawan tentang anak yang menjadi korban tindak pidana, pada dasarnya Pasal 17 ayat (2) Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak mengatur setiap anak yang menjadi korban atau pelaku kekerasan seksual atau yang berhadapan dengan hukum berhak dirahasiakan.

Ketentuan tersebut juga ditegaskan dalam Pasal 19 UU 11 Tahun 2012 Tentang SPPA, bahwa identitas anak, anak korban, dan/atau anak saksi wajib dirahasiakan dalam pemberitaan di media cetak ataupun elektronik. Identitas yang dimaksud meliputi nama anak, nama anak korban, nama anak saksi, nama orang tua, alamat, wajah, dan hal lain yang dapat mengungkapkan jati diri anak, anak korban, dan/atau anak saksi.

Setiap orang yang melanggar kewajiban tersebut diancam pidana penjara maksimal 5 tahun dan denda maksimal Rp500juta rupiah.

Sehingga, secara hukum, setiap orang memang dilarang untuk membocorkan rahasia identitas anak korban, termasuk orang tua anak korban, di media cetak dan elektronik. Jika dilanggar, maka yang bersangkutan dapat dipidana. Jadi kami sangat hati-hati”, katanya.(Merson)

Artikel ini telah dibaca 1,141 kali

Baca Lainnya

Wagub Steven Kandouw Bersama Walikota Caroll Senduk Mengikuti Ibadah Syukur HUT Ke-1 Wilayah Tomohon Dua

18 June 2024 - 22:46 WIB

Walikota Caroll Senduk Melayat dan Serahkan Santunan Duka Atas Meninggalnya Almarhum Karel Lukas Siwi dan Donny Timotius Paat

17 June 2024 - 21:10 WIB

Walikota Tomohon Caroll Senduk Serahkan Hewan Kurban dan Sampaikan Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H

17 June 2024 - 19:27 WIB

Lomba Hapsa P/KB GMIM Selesai, Selasa Penyerahan Hadiah Pemenang

16 June 2024 - 22:40 WIB

MTQ Ke XXX Sulut Tahun 2024 Resmi Ditutup, Walikota Caroll Senduk Sampaikan Apresiasi Kepada Santri Tomohon

15 June 2024 - 22:17 WIB

Walikota Caroll Senduk Didampingi Kadis Dikbud Hadiri Graduation Ceremony SD dan SMP di Kota Tomohon

14 June 2024 - 22:49 WIB

Trending di Pendidikan