Menu

Mode Gelap
Walikota Tomohon Caroll Senduk Didampingi Sekot Edwin Roring Hadiri Dialog Publik “Masyarakat Bertanya Walikota Menjawab” Pelestarian Laut Dukung Peningkatan Pariwisata, Suzuki Indonesia Adakan Bersih-Bersih Pantai Bunaken Dengan Ratusan Pelajar Wagub Steven Kandouw Lantik Wounde Sebagai Penjabat Bupati Sangihe Breaking News Tamuntuan Pergi, Wounde Datang Kecamatan Tatoareng Kepulauan Sangihe Terancam Jatuh Miskin

Mitra · 15 Jun 2024 11:17 WIB ·

Kadiv Rendatin KPU Mitra Hadiri Rakor Bersama Bawaslu Sulut


 Kadiv Rendatin KPU Mitra Hadiri Rakor Bersama Bawaslu Sulut Perbesar

Manado – Ketua Divisi (Kadiv) Perencanaan Data dan Informasi (Rendatin) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), Aulia Syukur, hadir dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan Pengawasan Penyusunan Data dan Daftar Pemilih Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sulawesi Utara (Sulut) Tahun 2024. Kegiatan yang dimotori Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulut ini digelar di NDC Hotel Manado, Kamis (13/6/2024) sampai Sabtu (15/6/2024).

Kadiv Rendatin Mitra mengatakan, kegiatan Rakor ini sangat penting dilaksanakan agar KPU bersama Bawaslu tidak berbeda persepsi dalam melaksanakan tugas masing-masing untuk mencapai tujuan yang sama, yakni sukses Pilkada.

“Sesuai PKPU 2 Tahun 2024, tentang tahapan, saat ini masuk tahapan pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih. Salah satu Tahapan yang sangat penting. Tugas dan Kewajiban kita di KPU, bagaiamana supaya seluruh wajib pilih yang sudah memenuhi syarat bisa terakomodir dalam daftar pemilih,” Jelas Aulia Syukur.

Lanjutnya, agar tujuan itu bisa tercapai, Selain memahami regulasi, KPU harus mampu membangun komunikasi yang baik secara ke dalam (internal) maupun dengan pihak luar (eksternal).
“Kita harus mampu bersinergi dengan semua pihak yang terkait. Mulai pemerintah daerah, TNI/Polri, Bawaslu, Pers, Ormas dan masyarakat,” Kata Ail, sapaan akrab Kadiv Remdatin Mitra.

Di tempat yang sama, Kadiv Rendatin KPU Sulut, Lanny Ointu, yang diundang sebagai salah satu Nara Sumber (Narsum) menjelaskan terkait aturan dan mekanisme penyusunan daftar pemilih.

Lanny menyebutkan, sesuai jadwal tahapan, mulai Kamis (13/6/2024) dilakukan pengumuman pendaftaran Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) secara serentak. Ketentuan jumlah pantarlih, satu pantarlih berbanding 400 pemilih. “Jadi, TPS yang jumlah pemilihnya 400 ke bawah hanya satu pantarlih. TPS lebih dari 400 pemilih dua pantarlih,” Jelasnya.
Dia mengatakan, Pantarlih merupakan ujung tombak dalam tahapan penyusunan daftar pemilih.

“Pantarlih harus paham betul bagaimana tata cara melakukan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) data pemilih. Ini bisa berjalan baik jika KPU (Kabupaten/kota), PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) di tingkat desa, juga memahami betul regulasi dan mekanismenya,” Jelas Anggota KPU Provinsi Sulut dua periode ini.

“Dan tentunya, Bawaslu dan jajarannya ke bawah dalam melakukan pengawasan, harus satu persepsi terkait ketentuan atau mekanisme dalam tahapan pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih,” Sambungnya.

Hal senada disampaikan Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Provinsi Sulut Steffen. S Linu.

“Lakukan tugas pengawasan dengan baik. Laporkan secara cepat. Yang paling pokok itu cegah. Kerjasama dengan KPU, tentu mengacu pada aturan yang ada,” Ucap Steffen menutup kegiatan.

Turut hadir Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Kabupaten/Kota se-Sulut, Kadiv Rendatin KPU tujuh Kabupaten/Kota (Minahasa Raya, Manado dan Bitung),
Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat se-Sulut, dan Perwakilan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Provinsi Sulut.(***)

Artikel ini telah dibaca 1,061 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

SMK Negeri 1 Tombariri dan SMK Negeri 1 Ratahan Mulai Membangun Sarana Fisik Lewat Dana Pengembangan Industri 4-0

9 July 2024 - 22:08 WIB

Kunjungi Gerai Dekranasda Mitra, Tanos Borong Tas Anyaman

9 July 2024 - 14:20 WIB

Tumbelaka Sebut Peluang DLR Diusung PDI-P di Pilkada Mitra Masih Terbuka Lebar

28 June 2024 - 21:39 WIB

Peduli Dunia Pendidikan, DLR Kunjungi PAUD “Leonora” Towuntu Barat

27 June 2024 - 18:21 WIB

Gerak Cepat KPU Mitra, PJ Bupati Ronald Sorongan Orang Pertama Dicoklit di Sulut

25 June 2024 - 10:17 WIB

Peduli Kasih , DLR Salurkan Bantuan Bagi Masyarakat Terdampak Banjir di Pusomaen

21 June 2024 - 19:56 WIB

Trending di Mitra