Menu

Mode Gelap
Sidang Terbuka Senat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Samratulangi Acara Purnabakti Guru Besar Prof Bernhard Tewal Walikota Tomohon Caroll Senduk Didampingi Sekot Edwin Roring Hadiri Dialog Publik “Masyarakat Bertanya Walikota Menjawab” Pelestarian Laut Dukung Peningkatan Pariwisata, Suzuki Indonesia Adakan Bersih-Bersih Pantai Bunaken Dengan Ratusan Pelajar Wagub Steven Kandouw Lantik Wounde Sebagai Penjabat Bupati Sangihe Breaking News Tamuntuan Pergi, Wounde Datang

Manado · 20 May 2024 20:42 WIB ·

Kadis Perdagangan Bersama Staf Ahli Wali Kota Bidang Ekonomi dan Pembangunan Hadiri Kegiatan Mobile Intellectual Property Clinic


 Kadis Perdagangan Bersama Staf Ahli Wali Kota Bidang Ekonomi dan Pembangunan Hadiri Kegiatan Mobile Intellectual Property Clinic Perbesar

Manado,Sulutnews.com – Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pemkot Tomohon Tomohon, Ruddy Lengkong bersama Staf Ahli Wali Kota Bidang Ekonomi dan Pembangunan Royke Ambrosius Roeroe, SP., menghadiri kegiatan Mobile Intellectual Property Clinic (MIC) yang nantinya akan dilaksanakan selama tiga hari yaitu 20-22 Mei 2024 di Atrium Megamall, Manado.

Kekayaan Intelektual memiliki peranan yang sangat penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi suatu Negara. Untuk itu, Kementerian Hukum dan HAM melalui Kantor Wilayah Kemenkumham Sulawesi Utara menggelar kegiatan Mobile Intellectual Property Clinic  tersebut.

Hak kekayaan intelektual adalah hak hukum yang diberikan kepada pemilik untuk melindungi karya-karya intelektual mereka, seperti paten untuk penemuan, hak cipta untuk karya seni, dan merek dagang untuk produk atau layanan. Ini memberi pemilik hak eksklusif untuk mengontrol penggunaan dan distribusi karya mereka serta mendapatkan keuntungan.

Kepala Dinas Perdagangan, mengatakan pemerintah Kota Tomohon dalam hal ini Dinas Perdangangan telah mengambil langkah proaktif dalam mendorong pelaku usaha untuk mendaftarkan produk-produk mereka. Langkah ini diambil sebagai bagian dari upaya untuk melindungi kekayaan intelektual para pelaku usaha dan memberikan pengakuan yang layak terhadap karya-karya mereka. Melalui kampanye-kampanye edukasi dan penyuluhan, Dinas Perdangangan mengajak para pelaku usaha untuk memahami pentingnya pendaftaran produk dalam hal hak kekayaan intelektual.

 

Staf Ahli Wali Kota Bidang Ekonomi dan Pembangunan Royke Ambrosius Roeroe, menyampaikan dukungannya terhadap kegiatan ini. Menyampaikan bahwa potensi Kekayaan Intelektual menjadi salah satu senjata yang mendukung pertumbuhan ekonomi di Kota Tomohon. “Kota Tomohon memiliki potensi yang sangat besar dalam sektor ekonomi kreatif lewat UMKM sehingga dapat mendorong masyarakat untuk bangga terhadap produk dalam negeri”, ucap Roeroe saat mendampingi Kadis Perdagangan.

Sementara itu, Plh. Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Aris Munandar yang hadir membuka kegiatan ini turut membacakan sambutan Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual. Dirinya menyebutkan bahwa sepanjang penyelenggaraan MIC di Sulawesi Utara dari tahun 2022 sampai 2024 terdapat 3.160 permohonan Kekayaan Intelektual dengan kenaikan rata-rata 25% setiap tahunnya. Lebih lanjut, ia mengungkapkan bahwa Sulawesi Utara merupakan salah satu diantara beberapa provinsi di Indonesia dengan permohonan paten yang tinggi. “Capaian ini tentunya tidak terlepas dari peran dan dukungan Pemerintah Daerah Provinsi, Kabupaten/Kota dan seluruh komponen stakeholder di wilayah dalam mendorong layanan Kekayaan Intelektual untuk masyarakat,” pungkasnya.(Merson)

Artikel ini telah dibaca 1,071 kali

Baca Lainnya

Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Candra Wijaya Pimpin Upacara Bendera 17an di Makodam

18 July 2024 - 23:37 WIB

Kabid SMK Dikda Sulut Vecky Pangkerego Kecewa Banyak Kepsek Malas   Ikut  Pertemuan MKKS  Se-Sulut

18 July 2024 - 22:33 WIB

Walikota Tomohon Caroll Senduk Melayat dan Serahkan Santunan Duka atas Meninggalnya Almarhumah Ibu Noviane Rondonuwu

18 July 2024 - 22:19 WIB

Sekot Tomohon Edwin Roring Mewakili Walikota Hadiri Kegiatan Bimtek Sosialisasi LKPM Tahun 2024

18 July 2024 - 22:01 WIB

Polda Sulut Gelar Operasi Patuh 2024 Ini Sasarannya

18 July 2024 - 10:04 WIB

Berjalan Lancar Pelaksanaan ” MATSAMA” 400 Siswa Baru di Sekolah MAN Model Manado Pada 15-17 Juli

18 July 2024 - 10:00 WIB

Trending di Manado