Menu

Mode Gelap
  Presiden Joko Widodo Dipastikan Hadir di Acara Puncak HPN 2023 di Medan Breaking News : Aksi Cepat RST Tangani Bencana Fransiscus A Silangen : Tahun 2023 DPRD Sulut Akan Maksimalkan Kerja Untuk Masyarakat Breaking News: Subdit Siber Polda Sulut Ungkap Kasus Pengancaman di Bidang ITE Bupati Boltim Hadiri Pelantikan Dan Pengambilan Sumpah PPK Boltim Untuk Pemilu 2024

Health · 5 Jan 2023 14:09 WIB ·

Gaji 6 Bulan Tidak Cair, Perayaan Nataru 108 Pala di Minahasa “Hilang Sukacita”


 Foto. Ilustrasi Perbesar

Foto. Ilustrasi

Minahasa,Sulutnews.com– Perayaan Natal 25 Desember 2022 dan Tahun Baru 1 Januari 2023 (Nataru) sudah selesai, namun sayangnya gaji Kepala Lingkungan (pala) di Kabupaten Minahasa tidak kunjung dicairkan sampai hari ini.

“Akibat dari keterlambatan pembayaran gaji  tersebut, diketahui banyak dari mereka (pala red.) yang dibuat kecewa lantaran gaji yang seharusnya akan digunakan untuk menambah keperluan keluarga di perayaan Nataru yang baru lewat, mirisnya tidak dicairkan.

Sebut saja yang  terjadi di Kecamatan Tondano Barat, berdasarkan informasi ada sebanyak 108 pala di 9 Kelurahan sejak bulan Juni sampai akhir Desember 2022, gaji mereka belum dicairkan, padahal gaji para pala ini sudah dianggarkan dari APBD.

Sebelumnya pada Bulan Desember 2022, Camat Tondano Barat Robert Ratulangi di konfirmasi media ini membenarkan keterlambatan pembayaran gaji Sebanyak 108 pala di Kecamatan Tondano Barat.

Dia menjelaskan, seharusnya gaji triwulan 3 dan 4  sudah cair, tapi jadi terkendala dikarenakan ada kelurahan yang sudah lewat bulan Oktober namun berkasnya tersebut baru di masukkan, sehingga proses pencairan jadi terlambat, “kata Camat Ratulangi saat itu.

Namun sayangnya, ketika berkas sudah rampung dan siap dicairkan, anehnya sampai hari ini gaji pala tersebut belum masuk di salurkan. sehingga mereka (Sumber red.) curiga ada yang tidak beres dibalik proses keterlambatan gaji tersebut.

“Wajar dong kami curiga, karna uang gaji kami tanya ke Kantor Bupati ternyata sudah masuk di rekening Bendahara Kecamatan, tapi kenapa belum dicairkan sampai hari ini, ada apa, “tanya Mereka.

Bahkan kecurigaan mereka semakin menguat ketika Bendahara Kecamatan mangkir dari pertemuan yang digelar hari ini, pertemuan tersebut rencananya akan digelar di Kantor Camat Tondano Barat, tapi yang bersangkutan ternyata tidak hadir, “ungkap sejumlah sumber.

Dikonfirmasi lebih lanjut, Bupati Minahasa DR. Ir. Royke Octavian Roring MSI, IPU Asean Eng, melalui Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Joice Pua S.E kepada Media ini mengatakan bahwa untuk gaji pala di Kabupaten Minahasa semua sudah dicairkan pada akhir bulan Desember 2022.

Menurut Joice Pua, pembayaran gaji untuk pala proses lanjutnya tinggal dilakukan oleh camat dan bendahara yang akan menyalurkan, pasti semua terbayar, ” timpalnya.  (**/ARP)

Artikel ini telah dibaca 15,326 kali

Baca Lainnya

Polda Sulut Amankan Buruh Bangunan di Manado yang Diduga Aniaya Anak Bayinya Hingga Meninggal Dunia

7 February 2023 - 11:49 WIB

Polri dan Dewan Pers Sosialiasi Perlindungan Kemerdekaan Pers

7 February 2023 - 09:11 WIB

Kapolda Sulut Buka Pendidikan Pembentukan Bintara Polri Gelombang I TA 2023

7 February 2023 - 07:19 WIB

Mengaku 4 Kali Curi HP, Pemuda Inisial DK Ditangkap Tim ROTR Polresta Manado

7 February 2023 - 04:06 WIB

Selain Pelanggaran Berpotensi Terjadi Lakalantas, Polisi juga Bidik Kendaraan Berknalpot Bising dan Tanpa TNKB

7 February 2023 - 03:59 WIB

Tim Resmob Polres Tomohon Amankan Residivis Curanmor dan Curanik yang Beraksi di Beberapa TKP

6 February 2023 - 13:01 WIB

Trending di Hukrim