Menu

Mode Gelap
Walikota Tomohon Caroll Senduk Didampingi Sekot Edwin Roring Hadiri Dialog Publik “Masyarakat Bertanya Walikota Menjawab” Pelestarian Laut Dukung Peningkatan Pariwisata, Suzuki Indonesia Adakan Bersih-Bersih Pantai Bunaken Dengan Ratusan Pelajar Wagub Steven Kandouw Lantik Wounde Sebagai Penjabat Bupati Sangihe Breaking News Tamuntuan Pergi, Wounde Datang Kecamatan Tatoareng Kepulauan Sangihe Terancam Jatuh Miskin

Pendidikan · 20 Nov 2023 11:59 WIB ·

Dimotori Tata Wowor & Yefta Lengkong Unsrat Manado Juara Lomba Debat Hukum Se Indonesia


 Dimotori Tata Wowor & Yefta Lengkong Unsrat Manado Juara Lomba Debat Hukum Se Indonesia Perbesar

Yogyakarta,Sulutnews.com – Daniella Vanessa Wowor, mahasiswi Semester tiga Fakultas Hukum Universitas Sam Ratulangi Manado, kembali mengukir sejarah meraih Juara Satu atau Predikat Champion pada International  Humanitarian Law Role Play Competition, yang finalnya diadakan di Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta, 19 Nopember 2023.

Tim Fakultas Hukum Unsrat mengutus dua mahasiswi Semester tiga yaitu Daniella Wowor bersama Yefta Lengkong dan didampingi kakak tingkat mahasiswi  Vana Pingkan. Lomba debat hukum berbahasa Inggris itu, sudah dimulai sejak 11 Nopember dimana Tim Wowor Lengkong berhasil memenangkan seleksi berbagai lapis yang diikuti puluhan Perguruan Tinggi se Indonesia. Para Yuri pun terdiri dari kalangan akademisi dari berbagai Negara Eropa dan Asia.

Menurut Daniella Wowor yang biasa dipanggil Tata itu, semua peserta lomba membawa nama perguruan tinggi dan Unsrat sebelum meraih Champion, juga  berhasil  peroleh Penghargaan Awards Kategori Spirit of The Moost, yaitu sebagai Universitas pertama yang berhasil masuk Advanced  Round 8 Besar pada  International Humanitarian Law Moot Court Competition. Menjawab pertanyaan, Tata menjelaskan keikut sertaan Tim ini atas inisiatif kakak tingkat mahasiswi senior jurusan Hukum International Fakultas Hukum Unsrat,yaitu Vana Pingkan.  Mahasiswi yang ingin adanya regenerasi itu , mencari dan menseleksi akhirnya dijaring nama Tata dan Yefta ikut pada lomba atau kompetisi debat hukum internasional yang diikuti puluhan Universitas se Indonesia itu. Keberhasilan Tim Unsrat ini tentu tak lepas adanya bimbingan, pelatihan sebagai jubir dan riset literature yang intensif.

Tim berangkat atas biaya sendiri dan ternyata didukung donatur dan sponsor yang sangat respon. Tata mengucapkan terima kasih berlimpah kepada  Dekan, para dosen, pembimbing,  pemberi bantuan, dan tak lupa  ia menyebutkan adanya bantuan dari Pemkot Manado.

Orang  tuaTata, yaitu Patrick Wowor dan Penatua DR. Grace Waleleng berdomisili Kelurahan  Taas  Kecamatan Tikala Manado ketika dihubungi pers  mengatakan putri semata wayang Tata sejak SMP dan SMA sudah terlihat prestasinya disekolah meraih ranking atas  dan sudah terbiasa diatas panggung saat ikuti berbagai  lomba. Ukurannya ketika Tata ditunjuk sebagai Ketua OSIS SMA Eben Haezer dan saat kuliah sudah dipercaya bergabung dalam Tim Fakultas Hukum Unsrat ketika mengikuti Lomba Debat Hukum Mahkamah Konstitusi RI dan meraih Juara satu tingkat Nasional.

Menurut Patrick Wowor, Lomba ini selain harus fasih berbahasa Inggris juga tentu didukung pengetahuan ilmiah dibidang hukum.    Ia juga mengakui peranan pimpinan Fakultas Hukum Unsrat yang begitu giat, tekun menggembleng Tata dan Yefta sehingga berhasil masuk Semi Final dan berakhir gemilang Juara Pertama saat final. Dan dalam ajang ini nama Universitas Sam Ratulangi bergaung  peroleh  dua predikat penghargaan.

Orang tua Tata, tetap merendah  atas prestasi putrinya, karena semua ini adalah anugerah dari Tuhan Yang Maha  Kuasa. Sebagaimana diketahui Patrick Wowor aktif di Kaum Bapak Kolom 6 , dan sang istri DR.Grace Waleleng sebagai Penatua di gereja GMIM Taas. Setelah ditelusuri lebih lanjut, ternyata Tata adalah cucu dari  Ben Wowor (alm),  Pejuang, Veteran Angkatan 45, tokoh  yang melegenda sebagai satu satunya saksi sejarah dan penulis Buku Peristiwa Merah Putih 14 Pebruari 1946 , Perebutan Kekuasaan  di Sulawesi Utara.(ramon dw)

Artikel ini telah dibaca 940 kali

Baca Lainnya

Sejumlah SD Dan SMP Di Kota Manado Siap Laksanakan MPLS 15 Juli 2024

14 July 2024 - 21:14 WIB

400 Lebih Siswa SMK Negeri 7 Manado Ikut MPLS Dapat Materi Wawasan Kebangsaan

10 July 2024 - 22:20 WIB

SMK Negeri 1 Tombariri dan SMK Negeri 1 Ratahan Mulai Membangun Sarana Fisik Lewat Dana Pengembangan Industri 4-0

9 July 2024 - 22:08 WIB

Sejumlah SMA dan SMK Negeri di Kabupaten Minsel dan Mitra Siap Laksanakan MPLS Senin 15 Juli

8 July 2024 - 23:12 WIB

SMA Negeri 1 Kotamobagu Akan Melaksanakan MPLS Pada 8 -10 Juli

5 July 2024 - 22:23 WIB

Piter Mauruh Himbau PAUD Wajib Miliki Kepala Sekolah Terkait Datangnya Masa PPDB Di Manado

3 July 2024 - 12:34 WIB

Trending di Manado