Menu

Mode Gelap
Walikota Tomohon Caroll Senduk Didampingi Sekot Edwin Roring Hadiri Dialog Publik “Masyarakat Bertanya Walikota Menjawab” Pelestarian Laut Dukung Peningkatan Pariwisata, Suzuki Indonesia Adakan Bersih-Bersih Pantai Bunaken Dengan Ratusan Pelajar Wagub Steven Kandouw Lantik Wounde Sebagai Penjabat Bupati Sangihe Breaking News Tamuntuan Pergi, Wounde Datang Kecamatan Tatoareng Kepulauan Sangihe Terancam Jatuh Miskin

Ekonomi · 28 Feb 2024 22:35 WIB ·

Bersinergi Mengatasi Inflasi, Bagian Ekonomi Pemkot Manado Bersama Bank Indonesia Gelar Rakor TPID Dan TP2D


 Bersinergi Mengatasi Inflasi, Bagian Ekonomi Pemkot Manado Bersama Bank Indonesia Gelar Rakor TPID Dan TP2D Perbesar

Manado,Sulutnews.com –  Walikota Manado Andrei Angouw membuka kegiatan Rapat Koordinasi High Level Meeting Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Dan Tim Percepatan Dan Perluasan Digitalisasi (TP2D) se Kota Manado pada 28 Pebruari 2024.

Isue yang diambil pada kegiatan ini adalah untuk mengetahui stabilitas harga bahan pokok beras dan cabe yang cenderung meningkat tajam sejak periode Desember 2023.

Kegiatan digelar di Aula Gedung Serba Guna Kantor Walikota Manado di Jln Balai Kota no 1 Manado, Provinsi Sulawesi Utara.

Walikota Manado Andrei Angouw dalam sambutannya mengatakan perlunya dilakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk mengantisipasi kenaikan harga apalagi terhadap bahan pokok sembako.

Ia memberi contoh terkait ada  kenaikan harga cabe pada Bulan Desember 2023 lalu, hal ini disebabkan tidak adanya perhatian, sehingga akhirnya harganya melambung tinggi.

‘Inflasi penting untuk dikelola dan dikendalikan. Salah satunya dengan menggunakan digitalisasi karena pada tahun 2024 ini infrastruktur digital sudah dikembangkan lebih baik lagi,” kata Andrei Angouw.

Sebaliknya, tambah Walikota, terkait dengan perubahan harga bahan pokok yang cenderung menurun atau deflasi, secara umum juga tidak baik bagi perekonomian karena menyebabkan tingkat kemiskinan rakyat naik.

Walikota juga menyinggung soal PDRB Kota Manado, saat ini, memudahkan perputaran ekononi karena masyarakat juga mampu memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka.

“Saya berharap rakor dapat memberi kontribusi positif bagi pembangunan ekonomi di Kota Manado,” ujarnya lebih serius.

Dihubungi media usai menghadiri Rakor TPID dan TP2D tersebut, Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Andry Prasmuko mengatakan sangat mengsuport sinergitas Pemerintah Kota Manado dengan BI dalam rangka kerjasama yang baik untuk memahami bahaya inflasi.

“Program kerja Pemkot Manado sudah baik, yang penting adalah koordinasi harus bisa dilakukan dengan baik pula sehingga akhirnya BI akan selalu ada untuk membantu,’ kata Andry Prasmuko.

Ditambahkannya, peran BI yang selalu ada untuk pemerintah dan masyarakat sudah dapat dilihat diantaranya, membina petani. Petani diseleksi untuk dilatih menjadi pilot projek bidang perkebunan dan penghasil padi sawah.

Hadir dalam kegiatan Rakor ini Kepala BPS Kota Manado Ir. Novry Mokoangouw, Kepala Biro Perekonomian Sulut Reza Dotulong, Asisten II Kota Manado Atto Bulo S.H.,MM dan Panitia Penyelenggara Kabag Ekonomi Pemkot Manado David Kambey.

Hadir pula para Pejabat Eselon II di lingkungan Pemkot Manado, Kepala Disperindag Manado Hendrik Warokka, Kepala Dinas Pangan Manado Miske Wolla, Kepala Disdukcapil Manado Erwin Kontu, Dirut PD Pasar Manado, Camat se Kota Manado serta pejabat teknis lainnya yang tergabung di TPID dan TP2D. (*/Liputan Khusus/Yayuk)

Artikel ini telah dibaca 1,077 kali

Baca Lainnya

Sejumlah SD Dan SMP Di Kota Manado Siap Laksanakan MPLS 15 Juli 2024

14 July 2024 - 21:14 WIB

Bina Fisik, Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Candra Wijaya Gowes Bersama PJU Kodam

12 July 2024 - 22:53 WIB

Walikota Tomohon Caroll Senduk Bersama Pemegang Saham dan Direksi BSG Gelar RUPS Tahun 2024

12 July 2024 - 20:28 WIB

Kunjungan Rohidin di Festival Tabut Disambut Meriah Para Pengunjung dan Pelaku UMKM

12 July 2024 - 06:58 WIB

Olly Dondokambey : Perlu Kerja Sama Semua Stakeholder Dalam Optimalisasi Jalur Perdagangan Asia Pasifik Dari Indonesia Timur

11 July 2024 - 22:00 WIB

Kapolda Sulut Irjen Pol Yudhiawan Minta 191 Bintara Polisi Yang Baru Dilantik Laksanakan Tugas Dengan Baik

11 July 2024 - 20:18 WIB

Trending di Kepolisian