Menu

Mode Gelap
Wagub Steven Kandouw Lantik Wounde Sebagai Penjabat Bupati Sangihe Breaking News Tamuntuan Pergi, Wounde Datang Kecamatan Tatoareng Kepulauan Sangihe Terancam Jatuh Miskin Penjabat Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu Bagikan Telur Susu Bicuit Di Desa Kolobolon Presiden Jokowi Didampingi Gubernur Sulut Olly Dondokambey Resmikan Bendungan Lolak di Kabupaten Bolmong

Manado · 19 Jan 2023 11:12 WIB ·

Walikota Manado Andrei Angouw Hadiri Peresmian Bendungan Kuwil Kawangkoan Di Minahasa Utara


 Walikota Manado Andrei Angouw Hadiri Peresmian Bendungan Kuwil Kawangkoan Di Minahasa Utara Perbesar

Manado,Sulutnews.com – Walikota Manado Andrei Angouw, menghadiri Peresmian Bendungan Kuwil Kawangkoan Di Kabupaten Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara, Kamis (19/1).

Bendungan Kuwil Kawangkoan Di Kabupaten Minahasa Utara diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo dengan ditandai tekan tombol pembuka tirai pintu air bendungan dan penandatangan prasasti.

Kehadiran Bendungan Kuwil Kawangkoan memiliki manfaat bagi banyak orang, disebutkan Presiden Jokowi diantarnya dapat menahan kemungkinan banjir bandang terjadi lagi di Manado.

Bendungan Kuwil Kawangkoan memiliki kapasitas tampung 26 juta meter kubik air dan luas genangan 157 hektar, difungsikan untuk mengurangi banjir di Kota Manado, dan untuk pengadaan pembangkit listrik tenaga mikro hidro, ujar Jokowi.

Selain itu dapat pula menyediakan air baku untuk Kota Manado, Minahasa Utara, Kota Bitung, dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung sebesar 4.500 liter/detik, serta pengembangan pariwisata.

Bendungan ini juga bisa menjadi kawasan pariwisata baru. Selain Likupang dan Pulau Bunaken di Manado karena di bendungan ini ada Kawasan Wisata Waruga sebagai wisata budaya untuk mengenal para leluhur di Sulawesi Utara.

Walikota Manado Andrei Angouw memberi apresiasi terhadap kunjungan Presiden Jokowi ke Sulawesi Utara dengan ucapan terima kasih. Meski hanya menghadiri kegiatan peresmian Bendungan Kuwil Kawangkoan namun ia mengatakan sebuah kebanggaan Sulut telah dikunjungi Presiden pada awal tahun 2023.

Walikota Manado sempat pula menyapa pengunjung masyarakat dan anak sekolah yang setia berdiri di pinggir jalan menuju Bendungan Kuwil Kawangkoan saat akan meninggalkan lokasi acara tersebut.

Pada kesempatan kunjungan ke Sulawesi Utara Jokowi telah membagikan souvenir seperti sepeda kepada anak sekolah, t-shirt warna hitam dengan gambar Jokowi dan bantuan sembako kepada pedagang di Pasar Airmadidi Minahasa Utara.

Jokowi pun akan mengunjungi Pasar Bersehati Manado dan Pasar Karombasan di Manado pada hari ketiga kunjungannya sebelum bertolak kembali ke Jakarta, Jumat (20/1). (yuk)

Artikel ini telah dibaca 28 kali

Baca Lainnya

Peletakan Batu Pertama Di Kantor Polres Kotamobagu Oleh Kapolda Sulut Yang Di Dampingi Kapolres Kotamobagu.

12 June 2024 - 23:29 WIB

Kapolda Letakkan Batu Pertama Pembangunan Mako Polres Kotamobagu

12 June 2024 - 21:44 WIB

Launching Tegline ” Marijo Torang Awasi Sama-Sama dan Resmikan Kantor Baru, Bawaslu Sulut Hadirkan Budi Do Re Mi

12 June 2024 - 13:46 WIB

38 Nama Calon Komisioner KPID Sulut, Diumumkan Berikut Nama – nama Yang Dinyatakan Lolos Berkas

12 June 2024 - 10:11 WIB

David Herson (TKN Prabowo Gibran) menjadi salah satu speaker di Asean youth Leader 2024

12 June 2024 - 04:59 WIB

Komisi II DPRD Sulut Sebut Kinerja Pertamina Manado Buruk

11 June 2024 - 23:41 WIB

Trending di Sulut