Menu

Mode Gelap
Sidang Terbuka Senat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Samratulangi Acara Purnabakti Guru Besar Prof Bernhard Tewal Walikota Tomohon Caroll Senduk Didampingi Sekot Edwin Roring Hadiri Dialog Publik “Masyarakat Bertanya Walikota Menjawab” Pelestarian Laut Dukung Peningkatan Pariwisata, Suzuki Indonesia Adakan Bersih-Bersih Pantai Bunaken Dengan Ratusan Pelajar Wagub Steven Kandouw Lantik Wounde Sebagai Penjabat Bupati Sangihe Breaking News Tamuntuan Pergi, Wounde Datang

Hukrim · 10 Oct 2023 20:36 WIB ·

Tolak Narasi Adanya Pemerasan Ketua KPK Terhadap Mentan, Sebab Pertemuan di Lapangan Bulutangkis Tidak Membahas Kasus Korupsi Mentan


 Foto Antara Perbesar

Foto Antara

Jakarta,Sulutnews.com – Sebagaimana dijelaskan sebelumnya bahwa, perkara di Kementerian Pertanian ini mulai masuk ke tahap Penyelidikan oleh KPK pada sekitar Januari 2023.

Sedangkan pertemuan di Lapangan Bulutangkis antara Firly Bahuri dengan Menteri Pertanian saat itu, Sdr. Syahrul Yasin Limpo, terjadi sebelum periode tersebut, tepatnya yaitu sekitar pada tanggal 2 Maret 2022.
Dan itupun beramai – ramai ditempat terbuka. Maka dalam waktu tersebut, status Sdr. Syahrul Yasin Limpo bukan tersangka, terdakwa, terpidana ataupun pihak yang berperkara di KPK.

Kejadian tersebut pun, bukan atas inisiasi atau undangan dari pihak ketua KPK. Hal ini sebagaimana telah di jelaskan sebelumnya pada 5 Oktober 2023 lalu, bahwa tuduhan-tuduhan tersebut tidaklah benar.

Kordinator LAKSI Azmi Hidzaqi dalam siaran persnya mengatakan bahwa ada satu hal lagi yang menjadi bukti bahwa pertemuan tersebut bukan dalam rangka membahas suatu kasus korupsi di Kementan, yaitu adanya pengakuan dari mantan atlet bulutangkis nasional yaitu Eddy Hartono yang juga turut menjadi saksi dalam pertemuan tersebut.

Eddy pertama menjelaskan bahwa pertemuan terjadi bukan tertutup – tidak seperti di foto yang beredar hanya berdua saja, melainkan ada pemain-pemain badminton lainnya yang berada di sana, termasuk dirinya. Pebulutangkis yang tenar di era 1990an itu mengatakan bahwa pertemuan Firli Bahuri dengan SYL terjadi tidak terlalu lama. Ia pun sempat mendengar topik yang dibicarakan yakni soal kelangkaan minyak goreng. Jadi adanya pertemuan tersebut bukan untuk membahas suatu kasus korupsi di kementan seperti yang di tuduhkan oleh pihak yang SYL, oleh karena itulah maka kami menilai bahwa pertemuan tersebut sebuah kebetulan dan tidak mungkin di rencanakan apalagi atas inisiasi dari pihak Firly Bahuri.

Begitu banyak perkara korupsi yg sedang diselesaikan KPK. Sangat mungkin saat ini para koruptor bersatu melakukan serangan, apa yg kita kenal dengan istilah when the corruptor strike back, namun kami yakin nantinya KPK pasti akan ungkap semua.

Kami seluruh masyarakat Indonesia sangat mendukung KPK, dan kami yakin KPK tidak akan menyerah dan KPK sudah siap dengan resiko apapun termasuk  berkorban jiwa, raga , nyawa untuk Indonesia bersih dan bebas dari korupsi. Semangat KPK adalah semangat segenap anak bangsa yg memiliki cita-cita indonesia bersih dari praktik praktik korupsi

Untuk itu kami berharap masyarakat tidak tergiring opini-opini yang tidak sesuai fakta dan dapat mengaburkan pokok perkara yang sedang KPK tangani, yaitu dugaan tindak pidana korupsi di Kementerian Pertanian berupa pemerasan dalam jabatan, gratifikasi dan TPPU.

Kami menyadari, pemberantasan korupsi adalah upaya yang penuh tantangan. Namun KPK tetap berkomitmen untuk terus fokus dalam proses penegakan hukum ini, sebagai salah satu upaya untuk mendukung perwujudan tujuan bernegara, bangsa Indonesia yang maju, adl, makmur, dan sejahtera. (*/Parmin)

Artikel ini telah dibaca 4,976 kali

Baca Lainnya

Divisi Humas Gelar Bhayangkara Presisi Bowling Cup

18 July 2024 - 22:57 WIB

Polri Bersama PBSI Gelar Kejuaraan Badminton Kapolri Cup 2024, Upaya Asah Bibit Muda

18 July 2024 - 22:47 WIB

Ditresnarkoba Polda Sulut Tangkap Tersangka Pengedar Sabu di Winangun Satu Manado

17 July 2024 - 22:08 WIB

Presiden Joko Widodo Lantik 906 Perwira TNI-Polri Dalam Upacara Praspa 2024

17 July 2024 - 00:02 WIB

Bank Muamalat dan Muhammadiyah Serang Jalin Kerja Sama, Fasilitasi Pembukaan Rekening Secara Serentak

16 July 2024 - 22:57 WIB

Polrestro Jakpus Lakukan Operasi Skala Besar, Tangkap 26 Tersangka Narkoba dan Sita 2 Kg Sabu di Kalipasir

15 July 2024 - 23:38 WIB

Trending di Jakarta