Menu

Mode Gelap
Penjabat Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu Bagikan Telur Susu Bicuit Di Desa Kolobolon Presiden Jokowi Didampingi Gubernur Sulut Olly Dondokambey Resmikan Bendungan Lolak di Kabupaten Bolmong Puncak Peringatan HPN 2024 Gubernur Sulut Olly Dondokambey Terima Penghargaan Pena Emas, Disaksikan Presiden Jokowi Tamuntuan Sukses Wujudkan Ekspor Ikan Perdana ke Filipina Walikota Caroll Senduk Inspektur Upacara Peringatan HUT Ke-21 Kota Tomohon

Bola & Sports · 29 Mar 2023 01:11 WIB ·

Tegas! Senator Asal Sulut ini Dukung Timnas Sepakbola Israel Berlaga di Piala Dunia U-20


 Senator Ir Stefanus BAN Liow, MAP. Perbesar

Senator Ir Stefanus BAN Liow, MAP.

JAKARTA|SULUTNEWS.COM- SUARA penolakan dari sejumlah kelompok dan politikus terhadap tim nasional (timnas) sepakbola Israel yang bakal berlaga dalam ajang Piala Dunia U-20 pada tanggal 20 Mei-11 Juni 2023 mendatang di Indonesia, ditanggapi oleh Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia dari Daerah Pemilihan (Dapil) Sulawesi Utara (Utara), Senator Ir Stefanus BAN Liow, MAP.

Menurut Ir Stefanus B.A.N Liow MAP., alias Senator Stefa, sapaan akrap Anggota DPD RI Dapil Sulut ini menuturkan,’’ kepercayaan sebagai tuan rumah sepak bola Piala Dunia U-20 adalah suatu kebanggaan dan kehormatan bagi Indonesia, ungkap Senator Stefa Rabu (29/3/2023) baru – baru ini, kepada Sulutnews.com.

“Memang Prosesnya terbilang panjang  dan memenuhi persyaratan yang sangat ketat, termasuk jaminan penyediaan infrastruktur lapangan sepak bola disertai perangkat pendukung lainnya.

Menurut Senator Stefa, Sepak bola dan olahraga secara keseluruhan bukan hanya sekedar pembinaan dan prestasi saja, melainkan momentum perdamaian dan persahabatan.

“Jika pada akhirnya Indonesia dibatalkan oleh FIFA menjadi tuan rumah sepak bola Piala Dunia U-20 gegara penolakan terkait keikutsertaan Israel sebagai peserta, tentunya ini sangat disayangkan,’’ ungkap Mantan Ketua Pria Kaumbapa (P/KB) Gereja Injili di Minahasa (GMIM) ini.

Mengapa demikian.’’ karena Konsekwensinya adalah tentunya merugikan Indonesia dari berbagai aspek.’’ seperti dijatuhi sanksi FIFA, tegasnya.

Lanjut Senator Stefa, masalah Palestina bukan persoalan agama, Tidak adanya hubungan diplomatik antara Indonesia dengan Palestina, tidak berarti hubungan dagang, sosial budaya, wisata religi atau berziarah dan olahraga tidak bisa dilakukan.’’ Apa lagi selama ini tidak menjadi persoalan, karena realitanya bukan hanya umat kristen yang ke Israel tetapi agama lainnya juga, dan Bukan tidak mungkin diantara yang melakukan penolakan pernah ke Israel dengan mendapatkan/ memanfaatkan visa kunjungan melalui Kedubes Israel di Mesir atau Yordania,’’ bebernya.

“Bahkan mengutip pernyataan Guru Besar Hukum Internasional UI Prof. Dr. Hukmahanto Juwana, bahwa sesungguhnya dalam memperjuangkan nasib rakyat Palestina, pihak yang dihadapi oleh pemerintah Indonesia adalah pemerintah zionis Israel berikut kebijakannya untuk menduduki tanah Palestina,’’ ucap Senator Asal Sulut ini yang dikenal rendah hati dan juga peduli dengan nasib masyarakat Sulut.

Ditambahkan senator Stefa yang juga diketahui adalah sebagai Pendiri Panji Yosua (P/KB) GMIM, Pemerintah Indonesia sama sekali tidak sedang berhadapan dengan warga atau rakyat Israel yang didalamnya tidak hanya beragama Yahudi, tetapi juga muslim dan kristiani.

Pada akhirnya dengan sikap yang tegas, Senator Stefa mendukung dan menyerahkan upaya-upaya yang dilakukan pemerintah dan PSSI untuk mendapatkan solusi terbaik dari FIFA, kuncinya.
(**/arp)

Artikel ini telah dibaca 1,041 kali

Baca Lainnya

Merasa Ditinggalkan Parpol Koalisi, HBL : Saya dan Papa Memiliki Keterpanggikan Berjuang For Rakyat Sulut

16 April 2024 - 22:24 WIB

Kapolri Patroli Udara Jalur Tol Pastikan Keamanan Arus Balik Lebaran

15 April 2024 - 22:22 WIB

Ketum Hendry Bangun Membuka Pra-UKW PWI Riau dan Papua Tengah, UKW dan SJI Prioritas Program PWI Pusat

15 April 2024 - 22:05 WIB

Walikota Caroll Senduk Buka Secara Resmi Pekan Olah Raga Remaja GMIM Wilayah Tomohon 3

14 April 2024 - 20:35 WIB

Peduli Bencana Alam Kota Bitung, PKB GMIM Rayon Manado Salurkan Bantuan

12 April 2024 - 21:19 WIB

Hari Kedua Lebaran 2024, Malonds, Mewoh dan Linu Hadiri Open House Kediaman Zulkifli Densi

12 April 2024 - 05:51 WIB

Trending di Sulut