Menu

Mode Gelap
Walikota Tomohon Caroll Senduk Didampingi Sekot Edwin Roring Hadiri Dialog Publik “Masyarakat Bertanya Walikota Menjawab” Pelestarian Laut Dukung Peningkatan Pariwisata, Suzuki Indonesia Adakan Bersih-Bersih Pantai Bunaken Dengan Ratusan Pelajar Wagub Steven Kandouw Lantik Wounde Sebagai Penjabat Bupati Sangihe Breaking News Tamuntuan Pergi, Wounde Datang Kecamatan Tatoareng Kepulauan Sangihe Terancam Jatuh Miskin

Bisnis · 19 Oct 2023 21:11 WIB ·

Sinergi Kemenkeu Gelar Seminar dan Bimbingan Teknis  “Peningkatan Kompetensi UMKM Naik Kelas”


 Sinergi Kemenkeu Gelar Seminar dan Bimbingan Teknis  “Peningkatan Kompetensi UMKM Naik Kelas” Perbesar

Manado,Sulutnews.com – Kementrian Keuangan RI kembali menggelar kegiatan Seminar dan Bimbingan Teknis (Bimtek) yang bertajuk “Peningkatan Kompetensi UMKM Naik Kelas”, bertempat di lantai 6 Gedung Keuangan Negara Jalan Bethesda Manado, 19 Oktober 2023.

Seminar dan Bimbingan teknis yang dilaksanakan Balai Diklat Keuangan Manado, bersinergi dan dihadiri langsung Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Sulut-Tenggo-Malut Nikodemus Sigid Raharjo, Kakanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPB) Provinsi Sulawesi Utara Ibu Ratih Kusumawardani, Kepala Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Manado, Kakanwil Direktorat Jenderal Bea Cukai Sulawesi Utara (DJBC Sulut) Bapak Erwin Situmorang, dan Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Suluttenggo-Malut Bapak Arif Mahmudin.

Kakanwil DJKN Nikodemus Sigid Raharjo dalam sambutan pembuka menyampaikan data dari Kementerian Koperasi dan UKM, pada tahun 2019 terdapat 65,4 juta UMKM dan mempekerjakan lebih dari 123 ribu tenaga kerja. Jumlah tersebut memberikan kontribusi sekitar 60% terhadap PDB Nasional. Dengan kontribusi yang positif tersebut, pemerintah mendorong pelaku UMKM agar dapat terus mengembangkan usaha mereka dengan cara pemberian Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Hadir sebagai pembicara utama, Henny Kartikawati, kepala pusdiklat Keuagan menyampaikan, perkembangan UMKM di Indonesia saat ini cukup masif serta mampu mendukung kemajuan perekonomian nasional karena UMKM mampu mengurangi angka pengangguran dengan menyerap tenaga kerja terutama SDM di sekitar UMKM berdiri.

Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, realisasi penyaluran KUR melesat dari Rp198 triliun pada tahun 2020 dan Rp281 triliun pada tahun 2021 menjadi Rp365 triliun pada tahun 2022. Dengan penyaluran KUR tersebut, diharapkan dana yang diberikan untuk mengembangkan UMKM dapat berefek domino terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Selain pemberian bantuan dana, pemerintah juga berkomitmen untuk meningkatkan kompetensi pelaku UMKM agar dapat bersaing di pasar nasional dan bahkan merambah pasar global. Pemerintah telah menyelenggarakan pelatihan, pendampingan, serta seminar terkait cara pengolahan, pengemasan, pemasaran sampai pembukuan merupakan bentuk nyata dukungan pemerintah kepada pelaku UMKM. Kementerian Keuangan dengan semangat Kemenkeu Satu, turut andil dalam membantu pelaku UMKM untuk mengembangkan kompetensinya.

“Sebagai bentuk dukungan untuk meningkatkan kualitas UMKM, Sinergi Kemenkeu Direktorat Jenderal Perbendaharaan, Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, Direktorat Jenderal Pajak, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, dan Balai Pendidikan dan Pelatihan Keuangan berkolaborasi menyelenggarakan Seminar dan Bimbingan Teknis UMKM dengan tema “Peningkatan Kompetensi UMKM Naik Kelas” ujarnya.

Ia berharap Kegiatan ini  mampu meningkatkan kompetensi para pelaku UMKM dalam mengembangkan usahanya. Seminar dan bimbingan teknis hari ini juga merupakan salah satu implementasi Learning Organization  sebagai bentuk komitmen Kementerian Keuangan dalam membangun budaya belajar untuk menghasilkan SDM yang adaptif sesuai dengan kemajuan teknologi agar dapat melaksanakan visi Kementerian Keuangan Tahun 2020-2024, yaitu “Menjadi Pengelola Keuangan Negara untuk Mewujudkan Perekonomian Indonesia yang Produktif, Kompetitif, Inklusif, dan Berkeadilan”. SDM yang adaptif dan senantiasa melakukan upaya perbaikan yang berkelanjutan diharapkan akan berhasil dengan adanya komitmen untuk selalu belajar.

Hal lain disampaikan Ratih Kusumawardani Kakanwil DJPB berharap para peserta seminar dan pelatihan untuk memanfaatkan kesempatan yang sangat berharga ini untuk dapat menyimak, berdiskusi, dan menggali informasi dari para narasumber yang mumpuni di bidangnya.

Seminar yang dimoderatori Bapak Subarja SE.,MM Widyaiswara Ahli Madia menghadirkan para narasumber antara lain, Rio J Ringkuangan SH, Manager Permodalan Nasional Madani (PNM) Cabang Manado, Vonny Mewengkang Pengawas Dinas Koperasi Provinsi Sulawesi Utara dan Julien Warow, Amd Teknik Sipil. Setelah seminar dilanjutkan dengan bimbingan teknis kepada para peserta.(*/Merson)

Artikel ini telah dibaca 4,032 kali

Baca Lainnya

Bahas Tahapan Pencalonan Kepala Daerah, KPU Sulut Gelar Rakor

15 July 2024 - 11:39 WIB

Bawaslu Sulut Evaluasi Pelaksanaan Coklit Pilkada Serentak 2024

15 July 2024 - 11:18 WIB

Zulkifly Densi Hadiri Rakernis Pelayanan Informasih dan Data Bawaslu RI

15 July 2024 - 11:07 WIB

Jadi Pembicara di Rakor Persiapan Pelaksanaan Pemilukada 2024, Ini Yang Disampaikan Erwin Sumampow

15 July 2024 - 11:00 WIB

Sejumlah SD Dan SMP Di Kota Manado Siap Laksanakan MPLS 15 Juli 2024

14 July 2024 - 21:14 WIB

Tampilkan Group Terbaik se Sulut, Lomba Masamper Piala Bergilir Ketua DPRD Sulut Hentak Jagat Sulut

13 July 2024 - 14:50 WIB

Trending di Sulut